TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arabika Sipirok Jadi Finalis Kopi Terbaik di Yogya Coffee Week 

Wabup Tapsel: Kopi Sipirok akan ikut lelang September 2022

Tiga pemuda menjemur biji Kopi Arabika Sipirok di Kabupaten Tapanuli Selatan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Tapanuli Selatan, IDN Times - Kabar gembira datang dari Tapanuli Selatan. Kopi Arabika Sipirok masuk finalis kopi terbaik dalam ajang YOGJA COFFEE WEEK(JCW#2). Acara ini sudah dimulai pada 15 Juli 2022 dan puncak acara pada 2-6 September 2022.

Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Rasyid Assaf Dongoran, MSi mengatakan Berdasarkan Surat Keputusan dari Panitia " YOGJA COFFEE WEEK(JCW#2), kompetisi ini diikuti oleh 67 sampel Kopi Arabika dari Sumatera sampai Papua.

Baca Juga: PDM Kopi, Hasil Olahan Pesantren Tapsel Tembus Pasar Ekspor ke Rusia

1. Diikuti 67 peserta se-Nusantara

Kopi Arabika Sipirok (Dok. IDN Times)

Sebanyak 9 orang juri berlisensi Q Grader telah menilai 15 sampel kopi wash peserta dari 67 peserta se-Nusantara adalah masuk sebagai Finalist Kopi Terbaik.

Dari 67 sampel Kopi Arabika Wash seluruh Indonesia yang di nilai maka Kabupaten Tapanuli Selatan ditetapkan sebagai Finalis Kopi Terbaik urutan ke-8 dengan skor 80,41 pada kategori Arabika Wash dengan standard Specualty Coffee Association (SCA) yang berlaku.

"Sebagai pengirim Sampel, saya terkejut dan sekaligus bersyukur dinyatakan Kopi Arabika Wash (Kopi Arabika Sipirok) dari Tapanuli Selatan telah masuk kategori Terbaik se-Nusantara," ungkapnya.

2. Semoga Seluruh Nusantara sudah mengenal "Kopi Arabika Sipirok"

Wakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran, M.Si (Dok. Pribadi)

Rasyid bercerita ia meminta sampel tersebut dalam keadaaan terburu-buru.

"Saya minta Ajudan segera ambil kopi dari Gudang pengepul kopi, saya katakan tidak usah pilih-pilih , pokoknya terlihat bagus, kirim terus, agar kita tahu kualitas kopi kita secara alamiah di gudang pengepul," jelasnya

Berdasarkan Keputusan Panitia Kompetisi Kopi Terbaik Nusantara JWC#2 Tahun 2022, dikatakan bahwa Kopi 15 kopi terbaik Finalis akan mengikuti Lelang Kopi di Jogjakarta pada puncak acara 2-6 September 2022

Rasyid mengatakan semoga Seluruh Nusantara sudah mengenal "Kopi Arabika Sipirok" itu dari Kabupaten Tapanuli Selatan di Sumatera Utara

"Saya mengharapkan Petani Kopi Di Kabupaten Tapanuli Selatan terus meningkat produksi, karena masalah kita adalah hulu (produksi), sembari kita terus mempromosikan Kopi Arabika Sipirok dan Kopi Robusta Tapanuli Selatan," katanya.

Baca Juga: Wabup Tapsel: Angka Perceraian Meningkat, Kades Lurah Harus Bergerak

Berita Terkini Lainnya