Gelombang Pertama Jemaah Haji Aceh Sudah Tiba di Madinah

Total 4.303 jemaah telah tiba di Arab Saudi

Banda Aceh, IDN Times - Gelombang pertama jemaah calon haji Embarkasi Aceh telah tiba di Arab Saudi, pada Sabtu (3/6/2023). Kelompok Terbang (Kloter) 11 menjadi yang terakhir dalam gelombang ini.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan, Kloter 11 yang membawa 393 jemaah tiba di Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz (MED) Madinah, Arab Saudi, pada Sabtu, sekitar 07.58 waktu setempat.

“Alhamdulillah, jemaah kloter 11 sudah mendarat di Madinah. Setelah proses imigrasi Arab Saudi di bandara selesai mereka langsung diberangkatkan dengan bus ke penginapan,” kata Azhari.

1. Total jemaah haji di Arab Saudi 4.303 orang

Gelombang Pertama Jemaah Haji Aceh Sudah Tiba di MadinahIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Total jemaah haji Embarkasi Aceh yang telah tiba di Arab Saudi hingga Sabtu, dikatakan Azhari, yakni 4.303 tergabung dalam 11 kloter. Masing-masing, di antaranya 393 jemaah Kloter 1, 393 jemaah Kloter 2, 390 jemaah Kloter 3, dan 387 jemaah Kloter 4.

Kemudian 392 jemaah Kloter 5, 390 jemaah Kloter 6,391 jemaah Kloter 7, 391 jemaah Kloter 8, 391 jemaah Kloter 9, 392 jemaah Kloter 10 dan 393 jemaah Kloter 11.

“Dengan tibanya jemaah kloter 11 di Madinah, sudah 4.303 jemaah haji Aceh yang tiba di Arab Saudi,” ujarnya.

Baca Juga: 3.127 Jemaah Calon Haji Asal Aceh Sudah Tiba di Tanah Suci

2. Kloter 12 berangkat langsung ke Makkah dalam gelombang kedua

Gelombang Pertama Jemaah Haji Aceh Sudah Tiba di MadinahJemaah haji Kloter 6 Embarkasi Aceh tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (Dokumentasi Humas Kanwil Kemenag Aceh untuk IDN Times)

Azhari menyampaikan, Kloter 11 merupakan kelompok terakhir jemaah haji Aceh yang diberangkatkan ke Madinah. Sisa jemaah yang belum berangkat maupun ditunda karena sakit, nanti akan diberangkatkan ke Makkah di gelombang kedua dengan Kloter 12.

Kloter 12 dijelaskannya, bakal diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, pada Kamis (15/6/2023). Mereka akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (JED), Jeddah, Arab Saudi.

“Kloter 12 akan bergabung dengan jemaah dari provinsi lain, karena jemaah kita tidak fullseat. Mereka nanti tidak lagi diberangkatkan ke Madinah, tapi ke Makkah,” imbuh Azhari.

3. Dua kloter sudah berada di Makkah

Gelombang Pertama Jemaah Haji Aceh Sudah Tiba di MadinahMasjid Quba, Madinah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sehubungan dengan itu, ketua PPIH Embarkasi Aceh mengatakan, dua kloter asal Tanah Rencong telah berada di Makkah untuk melaksanakan umrah wajib sebagai rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Dua kloter tersebut yakni Kloter 1 dengan jumlah jemaah calon haji 393 orang dan Kloter 2 392 orang.

Satu jemaah Kloter 2 ditunda berangkat ke Makkah karena masih dirawat di Rumah Sakit  King Fahd (RSKF), Madinah karena harus menggunakan nebulizer. Jemaah itu sebelumnya dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Baca Juga: Doa Jemaah Haji Termuda Aceh di Baitullah untuk Almarhum Ayah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya