Gagal Jantung, Seorang Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia

Total jemaah Aceh yang meninggal dunia jadi 4 orang

Banda Aceh, IDN Times - Seorang jemaah haji asal Kabupaten Aceh Barat, Aceh, dikabarkan meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, pada Kamis (21/7/2022) sekira pukul 18.45 Waktu Arab Saudi (WAS).

Koordinator Hubungan Masyarakat (Humas) dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Tajri mengatakan, jemaah yang meninggal bernama Intan Sani Abdullah, 61 tahun.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Berita duka dari kloter 01-BTJ, telah berpulang ke rahmatullah seorang jemaah haji Aceh atas nama Hj Intan Sani Abdullah, Pasport No C 7085263 berasal dari Aceh Barat Daya,” kata Tajri, dalam keterangan tertulis, pada Jumat (22/7/2022).

Baca Juga: Ini Jadwal Liga Futsal Pro 2022 Pekan 17 pada 23-24 Juli 2022 di Medan

1. Jemaah meninggal karena gagal jantung

Gagal Jantung, Seorang Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal Duniailustrasi gangguan jantung (pexels.com/freestocks.org)

Berdasarkan informasi yang diterima Tajri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 01-BTJ, Muhammad Qusay, jemaah asal Aceh tersebut meninggal ketika dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Intan Sani meninggal karena mengidap geriatric syndrome atau sindrom geriatri dan congestive heart failure (CHF) atau agal jantung. Ia merupakan jemaah Kelompok Terbang (Kloter) 05-BTJ yang tanazul atau mutasi perpindahan antar kloter ke Kloter 01-BTJ karena sakit.

“Selama ini, ia menjalani perawatan di KKHi Makkah dan dijadwalkan kembali ke Aceh pada Selasa, 26 Juli 2022 ini,” jelas Tajri.

2. Total jemaah haji asal Aceh yang meninggal menjadi empat orang

Gagal Jantung, Seorang Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal DuniaIlustrasi. Jemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah. (IDN Times/Mela Hapsari)

Sehubungan dengan itu, Intan Sani dikatakan Tajri menjadi jemaah haji keempat asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi. Sebelumnya, ada tiga jemaah yang telah terlebih dahulu meninggal selama musim haji 2022 ini.

“Dan yang terakhir ini, Intan Sani dari Aceh Barat Daya, meninggal dunia di KKHI Mekah,” ucapnya.

3. Data empat jemaah haji asal Aceh yang meninggal dunia

Gagal Jantung, Seorang Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal DuniaSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Berikut data empat jemaah haji asal Aceh yang meninggal dunia selama menjalankan ibadah 2022 berdasarkan data dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh.

Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) dari Kloter 01-BTJ asal Kabupaten Pidie Jaya, menjadi jemaah pertama yang meninggal. Menghembuskan nafas terakhir ketika masih di dalam pesawat atau 15 menit sebelum mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, pada 15 Juni 2022. Ia didiagnosa mengalami penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Selanjutnya, Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55), juga dari Kloter 01-BTJ asal Kabupaten Pidie Jaya. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor, Makkah, pada 10 Juli 2022, karena gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI).

Kemudian Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64), pada 16 Juli 2022. Jemaah Kloter 05-BTJ asal Kabupaten Aceh Barat ini meninggal dunia di Hotel Alsagreyah, Makkah, karena penyakit jantung iskemik akut atau Acute Ischaemic Heart Disease.

Terakhir, Intan Sani (61) dari Kabupaten Aceh Barat. Jemaah yang kini tergabung di Kloter 01-BTJ meninggal dunia dalam perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, pada Kamis, 21 Juli 2022, karena gagal jantung.

Baca Juga: Viral, Video Diduga Penutupan Jambore Daerah Sumut Pakai Musik Dugem

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya