[BREAKING] Gempa Bermagnitudo 5,5 Guncang Kota Banda Aceh

Titik pusat gempa hanya 64 km dari Banda Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Gempa bumi mengguncang wilayah Kota Banda Aceh, Aceh, pada Minggu (9/7/2023) sekitar pukul 21.09 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),kekuatan gempa Magnitudo (M) 5,5

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin mengatakan, titik koordinat pusat gempa berada di 5,38 derajat Lintang Utara (LU) dan 94,77 derajat Bujur Timur (BT).

“Tepatnya 64 kilometer (km) arah barat daya Banda Aceh dengan kedalaman 24 km,” kata Andi, saat dikonfirmasi pada Minggu (9/7/2023).

1. Gempa tidak berpotensi tsunami

[BREAKING] Gempa Bermagnitudo 5,5 Guncang Kota Banda AcehIlustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Meski memiliki kekuatan di atas Magnitudo 5,5 gempa tersebut dikatakan Andi, tidak berpotensi tsunami. BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar menyarankan warga tetap berhati-hati terhadap terjadinya gempa susulan.

“Hingga pukul 21.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock,” ujar Andi.

2. Warga yang duduk di warung kopi berhamburan

[BREAKING] Gempa Bermagnitudo 5,5 Guncang Kota Banda AcehIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, gempa bumi yang terjadi selama beberapa detik tersebut membuat warga Kota Banda Aceh berhamburan. Termasuk warga yang duduk di warung kopi (warkop).

Guncangan gempa membuat sebagian warga lari ke luar bangunan dan ada pula yang bersembunyi di bawah meja.

3. Warga diimbau tetap tenang

[BREAKING] Gempa Bermagnitudo 5,5 Guncang Kota Banda AcehIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepada masyarakat, kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar mengimbau, agar tetap tenang dan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ucap Andi.

Baca Juga: Potret Serunya Pacu Jawi, Alek Nagari untuk Cari Dana Perbaiki Irigasi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya