KPK Kampanye dan Edukasi Antikorupsi melalui Film

Gelar Webinar Filmmaking ACFFest dan kompetisi film pendek

Medan, IDN Times- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar seri webinar filmmaking dalam rangkaian program Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2022.

Webinar kali ini mengusung tema “Visual Story Telling Through Creativity & Inculusivity” yang digelar secara virtual melalui platform zoom, Jumat (12/8/2022).

1. Meningkatkan antusias generasi muda agar berani melawan korupsi

KPK Kampanye dan Edukasi Antikorupsi melalui FilmIstimewa/IDN Times

Kepala Satuan Tugas Kampanye Antikorupsi KPK, Wuryono Prakoso mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal, menambah wawasan dalam pembuatan film, terutama untuk mempersiapkan diri dalam Kompetisi Film Pendek ACFFEST 2022.

Selain Webinar Filmmaking, rangkaian ACFFEST 2022 juga hadir dengan berbagai program menarik lainnya untuk meningkatkan antusias generasi muda agar berani melawan korupsi. Program-program tersebut di antaranya Kompetisi Ide Cerita, Kompetisi Film Pendek, International Film Screening, Moviecamp, Movieday, dan Awarding Night.

Hadir dengan tema “Berawal Dari Kita, Bangkit dan Bergerak Bersama Lawan Korupsi” Amir menyebutkan, ACFFEST 2022 mengusung dua kompetisi utama, yaitu Kompetisi Proposal Ide Cerita dan Kompetisi Film Pendek. "Kompetisi ide cerita sudah ditutup sejak 10 Juli lalu dengan jumlah pendaftar sebanyak 581 proposal," ucapnya.

Baca Juga: Cerita Alween Ong, Dilarang Ikut Kompetisi Bulu Tangkis Karena Kidal

2. Kompetisi Film Pendek dibuka hingga 10 Oktober

KPK Kampanye dan Edukasi Antikorupsi melalui Filmpixabay.com/congerdesign

Kategori kompetisi kedua, yaitu Kompetisi Film Pendek. Kompetisi ini akan dibuka hingga 10 Oktober mendatang. Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu Kompetisi Film Pendek Fiksi dan Film Pendek Dokumenter. “Peserta bisa mendaftarkan karyanya dengan durasi maksimal film adalah 15 menit,” kata Spesialis Kampanye Antikorupsi KPK Soraya Sri Anggrawati.

ACFFEST sendiri merupakan ajang kreasi, eksibisi, dan forum diskusi yang digagas dan dikelola oleh Direktorat Sosialisasi & Kampanye Antikorupsi KPK. “ACFFEST menjadi ajang apresiasi terhadap bakat-bakat muda kreatif guna meningkatkan kesadaran, dukungan, serta partisipasi masyarakat terhadap upaya pemberantasan korupsi,” ujar Sutradara Film, Danial Rifki.

3. KPK akan kembali menggelar program Webinar Filmmaking pada 26 Agustus 2022

KPK Kampanye dan Edukasi Antikorupsi melalui Filmpexels.com/bruce mars

Penulis Skenario Titien Wattimena menyebut ACFFest merupakan wadah untuk menanamkan perilaku antikorupsi sebagai bagian dari gerakan, kampanye, dan pendidikan antikorupsi melalui media film.

Tahun ini merupakan tahun ke-8 penyelenggaraan ACFFEST oleh KPK. Hal itu menunjukkan masih relevannya media film bagi KPK untuk menyebarluaskan gagasan-gagasan antikorupsi kepada masyarakat.

Berikutnya, untuk terus meningkatkan awareness publik terhadap kampanye antikorupsi khususnya melalui ACFFEST, KPK akan kembali menggelar program Webinar Filmmaking pada 26 Agustus 2022.

Baca Juga: Bikin Elus Dada, 10 Plesetan Kocak Film Pengabdi Setan Ini Absurd Abis

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya