Comscore Tracker

Ke Luar Negeri Tertunda karena Pandemik, Buat Easy Passport Dulu

Imigrasi Kelas I Medan jemput bola 

Medan, IDN Times - Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, kembali menjalankan program Direktorat Jenderal Imigrasi, dengan melakukan kegiatan jemput bola Easy Passport. Ini kelima kalinya digelar dan kali ini di Komplek Taman Polonia tepatnya di Club House Medan, Sabtu (11/9/2021).

Program ini merupakan kebijakan dari Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2020 lalu, untuk memudahkan masyarakat membuat paspor tanpa harus ke kantor imigrasi dengan mengajukan permohonan untuk melakukan Easy Passport.

Easy Paspport ini dilakukan dalam upaya pelayanan kepada masyarakat di era pandemik COVID-19 penurunan pembuatan paspor, juga dikarenakan penurunan terjadi akibat dari aktivitas penerbangan pesawat ke luar negeri. Untuk seluruh masyarakat di Medan, Langkat, Deli Serdang, Binjai dan Serdang Bedagai.

1. Ratusan orang telah percayai Easy Passport

Ke Luar Negeri Tertunda karena Pandemik, Buat Easy Passport DuluSuasana pembuatan Easy Passport di Club House Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanimsus Kelas I Medan Widiyanto, mengatakan bahwa sudah sekitaran ratusan orang yang mempercayai Easy Passport sejak bulan Januari 2021.

"Kalau kita perkirakan dari mulai pertama kali itu kuotanya maksimal 50 orang," ucapnya.

Baca Juga: Permintaan Paspor Menurun, Imigrasi Medan Galakkan Easy Passport

2. Alasan para pembuat Easy Passport untuk persiapkan keberangkatan dikarenakan penerbangan terbatas yang sudah habis masa berlaku

Ke Luar Negeri Tertunda karena Pandemik, Buat Easy Passport DuluSuasana pembuatan Easy Passport di Club House Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Adapun alasan membuat Easy Passport ini yaitu mempersiapkan keberangkatan, dikarenakan penerbangan masih jarang dalam masa pandemik yang terbatas atau pergantian yang sudah habis masa berlaku.

"Kita memberi kemudahan untuk melayani dari Easy Passport. Paling dominan untuk negara, biasa ke negara Malaysia dan Singapura," ujarnya.

3. Easy Passport dapat dilakukan secara kolektif

Ke Luar Negeri Tertunda karena Pandemik, Buat Easy Passport DuluDitengah, Kabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanimsus Kelas I Medan Widiyanto (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dengan program ini diharapkan bisa memperlancar dan meningkatan pelayanan guna memudahkan masyarakat membuat paspor.

"Nanti kita akan menunggu lagi untuk pembuatan Easy Passport dari mana nanti kita layani," ujarnya.

Easy Passport yang dilakukan secara kolektif ini termasuk dari perusahaan, pemukimanan, perkantoran, dan kampus.

Baca Juga: Pembuat Paspor Minim, Kantor Imigrasi Geber Program Eazy Passport

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya