Comscore Tracker

Sering Menyalahkan Diri? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari

Jangan berlarut dalam kesedihan ya

Medan, IDN Times - Keadaan seseorang yang terjebak membenci diri sendiri dinamakan self loathing Mungkin, kamu pernah merasakan ini pada saat-saat tertentu. Sering juga hal ini dialami jika sedang putus asa dan mengalami kegagalan.

Membenci diri dengan waktu yang lama maupun tidak tentu saja tak baik untuk dirimu. Hal itu yang juga akan menyebabkan kamu semakin terjebak pada kesedihan.

Namun, perlahan kamu juga bisa untuk menghindari dengan hal-hal yang menyebabkanmu self loathing. Apa saja penyebabnya? Berikut 5 Hal yang dirangkum IDN Times, yuk simak!

1. Tidak mendapatkan dukungan sosial

Sering Menyalahkan Diri? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindaripixabay/free-photos

Hal penting yang sering diabaikan adalah dukungan. Jika seseorang tidak mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan sekitarnya maka, perlahan-lahan dapat menimbulkan rasa benci kepada diri sendiri.

Mereka merasa tidak dicintai dan diterima oleh lingkungan sekitarnya. Hal itu akan membuat seseorang akan terpuruk dan merasa ada yang salah dengan diri mereka. Hal itu juga tanpa sadar akan membuat perasaan benci terhadap diri sendiri.

Baca Juga: Wajib Coba Untuk Menu Berbuka, Ini Resep Pajri Nanas Khas Melayu 

2. Tidak bisa menerima diri apa adanya

Sering Menyalahkan Diri? Ini 5 Hal yang Harus Kamu HindariUnsplash/Nick Karvounis

Seseorang yang terjebak dalam kondisi di mana ia membenci dirinya sendiri dapat disebabkan karena dirinya tidak dapat menerima kondisi dirinya.

Selalu membanding-bandingkan hidup dengan orang lain adalah penyebab utama. Belum lagi, tidak pernah puas dengan apa yang ada dalam dirinya.

Rasa tidak puas terhadap diri sendiri jika tidak segera ditangani dengan baik maka akan menimbulkan kebencian kepada diri sendiri.

3. Terlalu menyalahkan diri sendiri di masa lalu

Sering Menyalahkan Diri? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindariunsplash.com/@calebfrith

Hal ketiga adalah membenci diri dengan peristiwa yang sudah pernah terjadi di masa lalu. Dengan selalu mengingat peristiwa kelam di masa lalu dan menyalahkan diri sendiri terus menerus atas hal tersebut.

Mereka seakan-akan menjadikan diri sendiri sebagai musuh dan penyebab utama terjadinya peristiwa kelam itu. Jika hal ini terus berlanjut maka, seseorang bisa terjebak pada perasaan membenci diri sendiri.

4. Merasa tidak berdaya menghadapi kehidupan

Sering Menyalahkan Diri? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindariunsplash/JordanSanchez

Terjebak pada perasaan membenci diri sendiri disebabkan karena adanya pemikiran negatif terhadap diri sendiri. Mereka selalu menganggap diri mereka tidak bisa melakukan apa-apa dan tidak berdaya menghadapi kehidupan. Pemikiran negatif yang terus menerus menghantui pikiran membuat seseorang perlahan-lahan membenci dirinya sendiri. 

5. Tidak dapat mengambil keputusan untuk masa depan

Sering Menyalahkan Diri? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindariunsplash.com/Riccardo Mion

Memiliki self-esteem yang rendah akan membuat kita membenci diri. Dengan merasa tidak punya kendali atas kehidupan mereka sendiri dan tidak mampu mengambil keputusan penting untuk masa depan.

Dan merasa bodoh sehingga tidak mampu mengambil keputusan penting dalam kehidupan. Tiga hal tersebut juga membuat perasaan membenci diri sendiri semakin dalam.

Baca Juga: Mudik Jarak Jauh Jangan Takut, Simak Nih 9 Tipsnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You