Comscore Tracker

Kisah Arif Muhammad 'Mak Beti', Pernah Jadi Housekeeping di Abu Dhabi

Pulang ke Medan karena banyaknya tawaran endorsement produk

Medan, IDN Times- Arif Muhammad (29) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mak Beti merupakan seorang konten kreator asal Medan, Sumatra Utara. Namun, sebelum menjadi konten kreator, Arif pernah menjadi housekeeping di Abu Dhabi. 

Kepada IDN Times, ia bercerita perjalanannya karirnya hingga beralih profesi jadi konten kreator. Bahkan ia kini tengah menggeluti dunia usaha. Yuk simak ceritanya!

1. Jadi housekeeping di salah satu hotel di Abu Dhabi pada 2013

Kisah Arif Muhammad 'Mak Beti', Pernah Jadi Housekeeping di Abu Dhabiinstagram.com/arifmuhammaddd_

Arif berujar, dirinya mendapat tawaran kerja saat ia masih menyusun skripsi. Ia diberi rekomendasi oleh dosennya untuk kerja di Abu Dhabi. Pada November 2013, ia berangkat ke Abu Dhabi, setelah melewati berbagai tes dan dinyatakan diterima menjadi housekeeping. Tujuannya, ingin membanggakan kedua orang tua.

"Tahun 2013 aku masih nyusun skripsi. Singkat cerita, aku direkomendasi dosen aku bahwa di Abu Dhabi ada kerja jadi housekeeping. Awalnya gak percaya diri karena kemampuan Bahasa Inggris aku memang kurang. Namun ternyata karena kehendak Allah aku masuk di sana," ceritanya. 

"Dulu houseskeeping, pembersih kamar. Niatnya membanggakan orang tua. Di bulan November aku ke sana (Abu Dhabi)," kata pria kelahiran 1992 itu.

Namun pada enam bulan pertama tinggal di sana, Arif mengaku bosan. Apalagi, ia merasa belum bisa beradaptasi. 

"Sebenarnya, aku di enam bulan pertama bosan di sana dan belum bisa beradaptasi. Gak bisa bounding sama room mate aku, homesick dengan Medan," ucapnya.

2. Bosan dengan rutinitas, Arif mencoba untuk membuat konten video singkat dan diposting di media Instagramnya

Kisah Arif Muhammad 'Mak Beti', Pernah Jadi Housekeeping di Abu DhabiInstagram.com/arifmuhammaddd_

Dikarenakan bosan dengan rutinitas, Arif mencoba untuk membuat konten video singkat dan diposting di media Instagramnya kala itu. Ia memulai dengan merekam dari kamera ponsel seadanya.

"Nah, karena bosan, aku buat video tentang mamak-mamak yang logatnya ada di sekitar Kota Medan. Awalnya pakai handphone BlackBerry di-upload di Instagram," ujarnya seraya tertawa.

Baca Juga: Biasa Jadi Mak Beti, 9 Potret Gagah Arif Muhammad yang Family Man Abis

3. Inspirasi datang dari kebiasaan ibunya dan lingkungan di rumahnya

Kisah Arif Muhammad 'Mak Beti', Pernah Jadi Housekeeping di Abu Dhabiinstagram.com/arifmuhammaddd_

Arif bilang, inspirasi itu datang dari kebiasaan ibunya dan lingkungan di rumahnya. "Video yang aku buat itu gak jauh-jauh dari kampung aku sendiri," tuturnya.

Berjalan pada tahun kelima kerja di Abu Dhabi, Arif menyadari konten yang dibuatnya relate dengan keseharian kawula muda.

Arif ingat betul, masyarakat sudah kenal Mak Beti pada tahun 2015. "Pada 2015, orang udah kenal Mak Beti. Mereka kepikiran orang Medan yang tinggal di Jakarta. Padahal aku buat konten itu di Abu Dhabi," ceritanya.

4. Karena bayak klien kesulitan kirim barang, Arif memutuskan pulang ke Medan

Kisah Arif Muhammad 'Mak Beti', Pernah Jadi Housekeeping di Abu DhabiInstagram/@arifmuhammaddd_

Kata Arif, ketika dirinya sudah mulai dikenal orang, maka tawaran endorsement pun berdatangan. Ia bahkan mendapat tawaran endorse yang fantastis. Namun, saat itu karena banyak klien yang kesulitan kirim barang untuk di-review, akhirnya ia memutuskan pulang ke Medan.

"Saat itu pula sudah mulai banyak tawaran endorsement produk. Banyak klien yang mau endorse tapi kesulitan kirim barang. Jadi kondisi itu udah mulai mikir ulang untuk balik ke Medan dan akhirnya memutuskan pulang," sambungnya.

"Ini delapan kali lipat dari gajiku. Gajiku saat itu Rp15 juta. Aku masih ingat juga beli mobil pertama dari hasil endorse di sosial media Instagram," ucap Arif.

5. Tak cepat puas, Mak Beti rintis usaha makanan hingga properti

Kisah Arif Muhammad 'Mak Beti', Pernah Jadi Housekeeping di Abu DhabiInstagram/@arifmuhammaddd_

Semenjak dikenal sebagai konten kreator yang memerankan Mak Beti di sosial media Instagram, Arif mencoba peluang baru ke YouTube. Hingga pada akhirnya, ia berhasil melakoni 30 peran. 

Dengan melakoni peran itu, Arif mengaku tak lepas dari tantangan. "Tantangannya harus banyak-banyak istighfar lah. Karena semua peran itu gak ada di diri aku," ucapnya.

Saat ini sudah banyak konten kreator asal Medan yang berkreasi. Melihat hal itu, ia mengaku senang dan berharap bisa kolaborasi. "Aku senang banyak yang kreatif muncul- muncul di daerah kita sendiri dan yang penting harus positif, jangan ada unsur SARA," harapnya. 

Arif juga mengatakan, jika nantinya ia berhenti menjadi konten kreator. Profesi yang akan dijalaninya adalah pengusaha. Saat ini, ia sudah mulai merintis sejumlah usaha, mulai dari makanan hingga properti.

"Usaha yang aku jalani sekarang ada properti. Minuman sehat, mie ayam dan liquid," ujarnya.

Tahun depan, ia menargetkan buka usaha burger dan taman selfie Mak Beti.

Baca Juga: Syukuran Anak Pertama, Mak Beti Wakaf Tanah dan Bangun Masjid

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya