Comscore Tracker

Cerita Mantan Gelandangan di Langkat yang Kini Punya Rumah Sendiri

Jadi warga binaan dinas sosial dan dilatih bercocok tanam

Binjai, IDN Times - Seorang perempuan senyum sumringah saat menyambut Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Gepeng Andry Simatupang dan Kepala Tata Usaha (KTU) Hamdani Nasution, di kediamannya Gang Parmin, Dusun IV, Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa (2/11/2021). Dia adalah Rubiati. Dulunya dia sempat menggelandang dan mengemis.

Perempuan paruh baya ini merupakan mantan warga binaan di UPT Gelandang dan Pengemis Binjai Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumatra Utara. Berkat bimbingan dan binaan yang diberikan selama ini, Rubiati bersama suami kini bisa hidup mandiri dengan membeli lahan serta membangun rumah.

"Kini saya beserta suami sudah membeli lahan untuk dijadikan tempat tinggal dan bercocok tanam. Saya keluar dari UPT itu tahun 2018," kata wanita beranak dua ini.

1. Menabung saat hidup menjadi warga binaan bekal hidup mandiri di luar

Cerita Mantan Gelandangan di Langkat yang Kini Punya Rumah SendiriRubiati, yang terlihat senyum sumringah saat menyambut Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Gepeng Andry Simatupang dan Kepala Tata Usaha (KTU) Hamdani Nasution, dikediamannya (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Rubiati menceritakan bagaimana kisahnya saat menjadi gelandangan dan pengemis hingga ditampung Dinas Sosial Provinsi Sumut. Banyak suka duka dan pembelajaran yang dilaluinya. Di Dinsos, mereka mendapatkan bimbingan dan pembinaan cara bercocok tanam.

"Dari hasil panen disana (UPT) itulah kami menabung sedikit demi sedikit. Hingga akhirnya keluarga saya dan tetangga menjalani hidup seperti ini," kata Rubiati yang tak berhenti melemparkan senyum.

"Berkat tinggal dan hasil di UPT itu juga, saya membesarkan anak saya. Kini anak saya yang pertama sudah menikah dan yang kedua sudah bekerja," timpalnya.

Baca Juga: Keinginan Detim Manik, Gak Ada Lagi Primata yang Mengemis di Jalan  

2. Bersama keluarga, sempat hidup luntang lantung tanpa memiliki pekerjaan tetap

Cerita Mantan Gelandangan di Langkat yang Kini Punya Rumah SendiriPexels.com/photo/THE COLLAB.

Himpitan ekonomi dan tidak memiliki pekerjaan tetap, membuat Rubiati dan keluarga bersedia tinggal menjadi warga binaan di UPT Gepeng Binjai-Langkat, Provinsi Sumut. Saat itu ia tidak memiliki uang untuk menyewa rumah. Bahkan sebelum tinggal di UPT, dia dan keluarga harus hidup luntang lantung, hingga terpaksa tinggal di emperan rumah orang.

"Selama hidup luntang lantung itu pula, ada seorang yang memberitahu kami agar tinggal di UPT saja dengan mengajukan diri. Di sanalah mulai roda perekonomian kami perlahan pulih. Sebab, tiga bulan tinggal d isana kami diberi lahan dan diajari serta dibina untuk dapat hidup mandiri," jelasnya.

Dari kisahnya ini pula, dirinya berharap, kepada warga binaan yang masuk ke UPT untuk pintar-pintar mengatur roda perekonomian. Dari hasil bercocok tanam disana (UPT), harus ditabung agar bisa menyongsong hidup lebih baik lagi ketika keluar.

3. Jadikan contoh dan motivasi bagi warga binaan lain untuk hidup mandiri

Cerita Mantan Gelandangan di Langkat yang Kini Punya Rumah SendiriRubiati, yang terlihat senyum sumringah saat menyambut Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Gepeng Andry Simatupang dan Kepala Tata Usaha (KTU) Hamdani Nasution, dikediamannya (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kepala UPT Gepeng Andry Simatupang mengaku, jika kunjungan ini merupakan program lanjutan guna memantau perkembangan warga binaan yang sudah terminasi, sehingga pihak dinas bisa melakukan pembinaan lanjutan untuk meningkatkan tarap hidup bagi mantan warga binaan. "Ini merupakan program bimbingan lanjutan," ucap Andry.

Selain cara bercocok tanam (bertani), jelas dia, warga binaan juga mendapatkan berbagai pelatihan lain agar ke depan keahlian yang diterima dapat dimanfaatkan saat keluar nanti. "Dari hasil pembinaan, ada hasil yang bisa dibawa keluar oleh seluruh warga," tambah dia.

"Dari bimbingan yang diberikan, kita saksikan sendiri banyak warga binaan yang hidup secara mandiri di luar, bahkan ada yang bisa membeli tanah dan rumah. Dengan harapan ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi warga binaan lain," pungkasnya.

Baca Juga: Korban Penusukan Tersangka, Kanit Reskrim Polsek Medan Baru Dicopot

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya