Comscore Tracker

5 Mindset Penting yang Harus Ditanamkan di Usia 20-an Tahun

Pola pikir yang benar sangat berpengaruh untuk mencapai impian kamu

Banyak hal yang harus dipersiapkan di usia 20-an tahun. Salah satunya tentang penanaman mindset! Jangan sampai melewatkan memperbaiki mindset kalian. Hal dasar ini harus kamu perbaiki dulu supaya langkah selanjutnya kamu bisa melewatinya

Pola pikir yang benar sangat berpengaruh untuk mencapai impian kamu. Karena dengan mindset yang benar kamu akan punya tindakan yang selaras dengan apa yang kamu pikirkan.

Nah, ini beberapa mindset yang perlu kamu tanamkan supaya usia 20-an mu bisa terlewati dengan baik!

1. Terbuka dengan banyak perubahan

5 Mindset Penting yang Harus Ditanamkan di Usia 20-an Tahunilustrasi pria menatap laptop (pexels.com/Buro Millenial)

Akan ada banyak perubahan yang kamu hadapi di usia 20-an yang kadang kamu siap dan tidak siap harus menghadapinya. Jika kamu tidak bisa terbuka dengan banyaknya perubahan yang terjadi kamu akan kesulitan menjalaninya. 

Makanya perlunya punya pola pikir terbuka supaya bisa mengatasi berbagai hal yang terjadi. 

2.Mau berproses meski belum ada hasil

5 Mindset Penting yang Harus Ditanamkan di Usia 20-an Tahunilustrasi perempuan sedang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Segalanya itu butuh proses, tidak ada sesuatu yang tercipta tiba-tiba dan perlu diingat proses itu pastinya juga tidak mudah serta tidak cepat. Kamu perlu sabar untuk mendapatkan sesuatu. 

Tanamkan mindset mau terus berproses agar ketika kamu belum mendapatkan apa yang kamu ingin kamu tidak resah.

Baca Juga: 5 Tips Mengubah Fixed Mindset ke Growth Mindset, Catat!

3. Kesalahan itu tidak selamanya buruk

5 Mindset Penting yang Harus Ditanamkan di Usia 20-an Tahunilustrasi pria meratapi kesalahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dengan banyaknya hal-hal yang kamu hadapi tentunya gak jarang kamu melakukan kesalahan. Gak papa kesalahan itu lumrah, kok. Apalagi ketika kamu sedang melangkah meraih impian pasti akan ada banyak yang tidak kamu tahu.

Setiap kesalahan bisa diperbaiki, jangan putus asa dan marah ke diri sendiri terus ketika menemui kesalahan. Karena semua orang pernah melakukan kesalahan. Tanamkan pola pikir ini ya supaya kamu tidak terus menyalahkan diri sendiri.

4. Menjadi diri sendiri

5 Mindset Penting yang Harus Ditanamkan di Usia 20-an Tahunilustrasi perempuan menjadi diri sendiri (pexels.com/Daniel Xavier)

Kadang beberapa orang takut menjadi dirinya sendiri, sehingga meniru orang lain akhirnya dilakukan. Dengan alasan berbagai macam salah satunya takut gak diterima, takut aneh dan banyak lagi.

Padahal jadi diri sendiri itu harus. Dunia ini sudah banyak yang sama, akan terlihat biasa saja ketika kamu sama dengan yang lainnya. Kamu harus bisa menjadi dirimu sendiri yang unik dan beda dari orang lain. Sehingga orang lain dengan mudah mengenalimu ketika kamu punya ciri khas yang tidak dimiliki orang lain.

5. Tidak ada yang tidak bisa

5 Mindset Penting yang Harus Ditanamkan di Usia 20-an Tahunilustrasi perempuan membaca (pexels.com/George Milton)

Tidak ada yang tidak bisa. Ingat baik-baik ya kalau perlu catat! Kamu masih punya kesempatan menjadi apa yang kamu mau, jangan berasalan kalau memang ingin segera usahakan!

Orang lain bisa itu karena mereka berusaha, maka berusahalah ketika kamu mau bisa. Tanamkan pola pikir ini agar kamu tidak mudah putus asa saat impianmu terasa jauh digapai.

Bagaimana kamu sudah punya mindset yang mana nih? Terus upgrade pola pikirmu supaya dirimu berkembang dengan baik. Tinggalkan mindset lama dan coba membuka pola pikir baru yang lebih baik.

Baca Juga: BEI Sumut: Investasi Saham Lebih Mudah Dipelajari Gen Z

Ainun Rahmawati Photo Community Writer Ainun Rahmawati

Hanya ingin berbagi hal positif lewat tulisan. Terima kasih sudah membaca☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya