Comscore Tracker

Mau Cepat Dapat Kerja? Pastikan Punya 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliah

Karena IPK aja, gak cukup!

Pastinya kamu tidak mau menganggur setelah lulus kuliah nanti. Ketika kamu lulus, harapan kamu ingin langsung keterima kerja di perusahaan ternama, bukan? BUMN, multinasional, atau startup?

Kira-kira apa aja ya, yang harus dipersiapkan supaya kamu bisa keterima dan bersaing dengan ribuan sarjana lain? Tentu, persiapannya gak bisa main-main, nih. Mumpung kamu belum lulus kuliah, manfaatkan waktumu sebaik mungkin, yuk. Berikut adalah lima hal yang wajib kamu punya sebelum lulus kuliah kalau ingin cepat dapat kerja.

 

1. Pengalaman organisasi atau kepanitiaan 

Mau Cepat Dapat Kerja? Pastikan Punya 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliahpexels.com/Fox

Di luar sana banyak perusahaan yang hanya mau menerima kandidat yang berpengalaman. Namun, dari mana seorang fresh graduate mendapatkan pengalaman itu? Ikut organisasi jawabannya. Dengan berorganisasi, kita dapat menjabat posisi tertentu yang pengalamannya bisa kita tulis di CV.  

Jika kamu kurang berminat dengan organisasi yang ada di kampus, kamu bisa kok ikut kepanitian di luar kampus. Intinya, kegiatan yang bisa menambah soft skill dan kapasitas dirimu.

2. Sertifikat pelatihan

Mau Cepat Dapat Kerja? Pastikan Punya 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliahpexels.com/Leeloo Thefirst

Di organisasi kamu sudah banyak mengasah soft skill-mu, seperti kepemimpinan, manajemen waktu, kerja sama tim, dan lain-lain. Kamu juga perlu menyeimbangkan soft skill-mu dengan hard skill.

Melalui pelatihan bersertifikat salah satunya. Ini akan memudahkan perusahaan menilai bahwa kamu adalah orang yang kompeten dan punya kemampuan yang bisa diterapkan untuk kontribusi nyata di perusahaan.

Baca Juga: 5 Jenis Skill yang Perlu Kamu Upgrade Sebelum Menikah

3. Portofolio 

Mau Cepat Dapat Kerja? Pastikan Punya 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliahpexels.com/RODNAE Productions

Portofolio berperan untuk menjual diri kamu di mata HRD, karena dengannya kamu bisa menunjukan sejauh mana pencapaian yang sudah kamu raih dan seberapa berkualitas hasil pekerjaanmu. Kalau bisa, mulai dari sekarang kamu tentukan bidang apa yang akan kamu geluti nanti. Fotografi kah? Desain grafis? Atau kepenulisan? Dengan memiliki portofolio, lamaran kamu akan lebih stand out di mata HRD.

Jika bingung mulai dari mana, coba ingat-ingat lagi project apa aja yang sudah kamu kerjakan selama pelatihan dan berorganisasi. Itu bisa kamu cantumkan dalam portofoliomu, lho. Walaupun tidak semua posisi membutuhkan portofolio, kamu tetap boleh kok menyusunnya, sekadar untuk personal branding dan juga sebagai ajang eksplorasi diri.

4. Pengalaman magang 

Mau Cepat Dapat Kerja? Pastikan Punya 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliahpexels.com/Elevate Digital

Ketika pengalamanmu sudah dirasa cukup setelah berorganisasi, ikut pelatihan, dan menyusun portofolio, kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu magang. Ini juga adalah kesempatan yang besar untukmu menambah wawasan di suatu indusri.

Merasakan kerja di bawah suatu sistem yang sudah matang tentunya sangat penting. Pengalaman magang akan membuatmu semakin akrab dengan dunia kerja nyata.

5. Relasi 

Mau Cepat Dapat Kerja? Pastikan Punya 5 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliahpexels.com/fauxels

Gak menutup kemungkinan kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari kenalan yang kamu miliki. Entah dari kakak tingkat, alumni, kenalanmu sewaktu ikut seminar, komunitas, dan lain-lain. Perbanyaklah berinteraksi dengan orang-orang, ini bisa kamu lakukan sewaktu kamu menjadi panitia acara, rapat organisasi, atau saat magang.

Pastikan kamu punya kenalan yang sudah bekerja di perusahaan ternama, mereka bisa menjadi sumber informasi dan pelajaran berharga untukmu. Bahkan, jika kamu memiliki reputasi yang bagus, relasi kamu inilah yang akan memberikan rekomendasi untuk meng-hire kamu. Jangan menutup diri dari lingkungan baru karena itu membuat kamu minim informasi dan akan menyulitkanmu di masa depan nanti.

Nah, itu dia kelima hal yang harus kamu pastikan, sudah kamu punya sebelum lulus kuliah, agar proses lamaran pekerjaanmu nanti menjadi lebih mudah dan cepat keterima. Semangaat!

Baca Juga: 5 Novel Tentang Hubungan Ayah dan Anak, Penuh Haru dan Tangis

Muhammad Ikhlasul Alim Photo Community Writer Muhammad Ikhlasul Alim

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya