Comscore Tracker

Musiknya Khas, Deretan Lagu Daerah Simalungun Terpopuler

Lagu Simalungun memiliki gaya musikal yang khas

Medan, IDN Times- Simalungun bukan hanya dikenal dengan unsur adat yang kental, namun juga kebudayaan dan seninya yang sangat beragam dan terus popular hingga sekarang. Seperti lagu-lagu daerah Simalungun yang nyanyiannya terus mengaung hingga pelosok negeri dan semakin diminati oleh kawula muda.

Penyanyi asal Simalungun yang bernama Jhon Elyaman Saragih terus mengalami kenaikan pamor. Beberapa lagu yang paling populer adalah Gusmini Juting, Cewek Matre, dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri lagu daerah Simalungun terpopuler adalah memiliki gaya musikal yang khas dan menggunakan Bahasa Simalungun. Uniknya di lagu daerah Simalungun musik memengaruhi makna kata dari lirik lagu tersebut, ini mengartikan bahwa Bahasa Simalungun istimewa.

Berikut di bawah ini adalah pembahasan secara detail mengenai lagu daerah Simalungun terpopuler. Simak yuk!

1. Friska

Musiknya Khas, Deretan Lagu Daerah Simalungun TerpopulerInstagram/samosir_indah

Salah satu lagu daerah Simalungun yang populer adalah lagu berjudul Friska. Lagu ini dinyanyikan oleh Jhon Eliaman Saragih yang diciptakan oleh St. Herman Sitopu. Memiliki arti tentang seorang pria yang ditinggal kekasihnya bernama Friska.

Pencipta lagu daerah Simalungun ini mengisahkan betapa gundah gulanya seorang pria ketika wanita bernama friska pergi meninggalkannya tanpa alasan apapun, melupakan setiap janji yang telah mereka buat bersama, dan mengacuhkan setiap momen waktu yang dihabiskan berpuluh-puluh purnama.

Masih dengan tema ”galau” lagi Friska inipun mencuri perhatian khalayak ramai di luar tanah Batak. Suara merdu dari JHon Eliaman dengan penghayatan yang luar biasa, membuat para penikmatnya ikut merasakan gundah dan sakit hati yang dirasakan oleh tokoh pria di lagu ini.

2. Iluh I Bandara

Musiknya Khas, Deretan Lagu Daerah Simalungun Terpopulerilustrasi headphone (pixabay.com/Pexels)

Lagu daerah Simalungun terpopuler selanjutnya diciptakan oleh Jhon Eliaman Saragih dan dinyanyikan pula Jhon Eliaman Saragih. Lagu daerah Simalungun terpopuler ini menceritakan tentang tentang kepergian dari seorang kekasih yang meninggalkan prianya untuk mengejar cita-citanya.

Lagu Iluh I Bandara juga menceritakan kekuatan antara sepasang tersebut untuk saling setia diwaktu yang tidak bersama itu. Lagu yang sirat makna ini sangat wajar bila menyita banyak perhatian para kaula muda di tanah Batak, yang nyatanya harus berpisah dengan kekasihnya demi pendidikan maupun pekerjaan yang di luar tanah Batak.

Baca Juga: Mengenal Ragam Tari Tor-tor Simalungun yang Masuk Kekayaan Nasional

3. Nunga Adong Nampuna Au

Musiknya Khas, Deretan Lagu Daerah Simalungun Terpopulerpexels.com/Pixabay

Lagu daerah Simalungun terpopuler berikutnya adalah nunga adong nampuna au yang lirik lagunya belakangan ini sering dicari di pencarian internet. 

Lagu Nunga Adong Nampuna Au Dipopulerkan oleh grup trio Batak yang tenar di awal tahun 2018 yaitu nasabah trio dengan personel bernama Mangasi Naibaho, Ramlan Hutasoit, dan Jojo Bancin

4. Tips menghapal lagu daerah Simalungun terpopuler

Musiknya Khas, Deretan Lagu Daerah Simalungun Terpopulerpixabay/Fun4All

Setelah mengetahui sejumlah lagu-lagu daerah Simalungun terpopuler tersebut, saatnya kamu belajar menguasai lagu Simalungun dengan cepat. Namun kendala bahasa yang berbeda dengan Bahasa yang digunakan sehari-hari seakan menghafal lagu daerah Simalungun sangatlah sulit.

Padahal, ada beberapa tips untuk mempermudah menghafal lagu daerah Simalungun dengan cepat dan benar. Berikut ini adalah tipsnya:

Yang pertama, kamu bisa memutar lagu daerah Simalungun berkali-kali dan nikmati setiap bait liriknya. Kemudian, bernyanyi sambil melihat lirik lagu daerah Simalungun. Kamu juga bisa belajar langsung dari orang asli Simalungun lho.

Baca Juga: Menggali Sejarah Simalungun Lewat Museum di Pematang Siantar

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya