Comscore Tracker

Film Qodrat, Perkenalkan Sosok Jagoan Indonesia Baru

Qodrat dianggap mampu bertahan untuk jenis film horor

Medan, IDN Times - Film Qodrat yang dibintangi pasangan suami istri, Vino G. Bastian dan Marsha Timothy, tengah jadi perbincangan para pencinta sinema horor. Hal ini lantaran Qodrat merupakan film horor pertama bagi Vino G. Bastian, yang dikenal sebagai aktor di lakon komedi romantis.

Selain Vino, bintang lainnya ada Marsha Timothy, Maudy Effrosina, Randy Pangalila dan Cecep Arif Rahman. Film ini diputar di bioskop Indonesia sejak 27 Oktober 2022, Qodrat dianggap mampu bertahan untuk jenis film horor.

"Alhamdulillah sampai hari ini, di minggu kelima sudah diterima dengan baik oleh penonton Indonesia dengan angka 1.75 juta lebih penonton," ungkap Creative Producer Qodrat dr. Daniel Irawan, SpKK usai nonton bareng media di Bioskop XXI Thamrin Plaza Medan, Minggu (4/12/2022).

1. Perkenalkan sosok jagoan Indonesia baru dalam balutan islami

Film Qodrat, Perkenalkan Sosok Jagoan Indonesia BaruVino G. Bastian sebagai Ustaz Qodrat. (ig/qodrat.movie)

Daniel menyebutkan, film yang diproduksi Magma Entertainment dan Rapi Films berdurasi 1 jam 42 menit ini, dibuat bukan sekadar dalam tujuan mengikuti trend film bergenre horor yang sedang digemari penonton.

"Kami sebenarnya ingin memperkenalkan sosok jagoan Indonesia baru dalam balutan Islami dan nafas kelokalan yang kuat," ungkapnya. 

2. Qodrat tayang di Malaysia, Brunei, Singapura, Vietnam dan Kamboja

Film Qodrat, Perkenalkan Sosok Jagoan Indonesia BaruSuasana menonton di bioskop saat pandemi Covid-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Daniel menyampaikan dirinya bergabung di Magma Entertainment di tahun 2012, dalam produksi film Finding Srimulat sebagai konsultan kreatif atau produksi. Setelah itu Magma sudah memproduksi Nada Untuk Asa (2015), Juara (2016), Sobat Ambyar (2021) dan Qodrat (2022). "Di dua film terakhir saya menjabat posisi Creative Producer," ucapnya.

Kembali ke Qodrat, selama lima hari penayangan di Malaysia sejak 24 November kemarin sudah meraih box office sebesar 1.1 juta RM. Qodrat juga mulai ditayangkan di Brunei tanggal 1 Desember menyusul Singapura 8 Desember dan setelah itu Vietnam dan Kamboja.

3. Film ini mengambil lokasi shooting di Desa Kober

Film Qodrat, Perkenalkan Sosok Jagoan Indonesia BaruIlustrasi bioskop (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Film besutan sutradara Charles Gozali ini mengambil lokasi shooting di Desa Kober. Desa tersebut berada di daerah Bukit Pengilon dan Desa Balong Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Shooting untuk Desa Kober sendiri memakan waktu selama empat hari dari keseluruhan 28 hari di Jakarta, Yogyakarta dan Bogor.

Diakui Daniel, untuk mengamankan lokasi shooting dari gangguan makhluk gaib, pihaknya bahkan meminta bantuan ustaz yang paham terkait hal-hal seperti itu. Film Qodrat sendiri mengisahkan Ustaz Qodrat (Vino G. Bastian) yang bertahun-tahun lamanya berusaha merukiah anaknya sendiri, Alif Al-Fatanah (Jason Bangun). Alif dirasuki setan bernama Assuala.

Nahas, ia gagal menuntaskan tugas tersebut. Pascatragedi tersebut, ia mengambil keputusan untuk pulang ke pesantren tempat ia mengenyam ilmu rukiah dahulu kala dengan harapan menemukan jawaban atas kegagalannya. Namun, situasi desa di sekitar pesantren tersebut sudah berubah drastis.

Tempat tersebut kini dipenuhi gangguan yang tidak dapat dijelaskan. Warga desa itu menyebut kejadian demi kejadian aneh kian bermunculan usai Qodrat meninggalkan desa tersebut. Bahkan, banyak penghuni desa mengalami kerasukan. Selain itu, kawasan tersebut juga menjadi tandus dan mengalami gagal panen.

4. Vino dituntut untuk melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an

Film Qodrat, Perkenalkan Sosok Jagoan Indonesia BaruInstagram.com/vinogbastian__

Dirinya kemudian bertemu dengan Yasmin (Marsha Timothy) yang membutuhkan pertolongan lantaran anaknya, Alif Amri (Keanu Azka) tengah dirasuki dan butuh dirukiah. Qodrat yang teringat dengan almarhum anaknya yang memiliki nama serupa kemudian memutuskan untuk turut membantu Alif.

Tak disangka, Qodrat lagi-lagi harus berhadapan dengan Assuala yang mengganggu anaknya. Film ini, menurut Daniel, memberi banyak tantangan bagi Vino. Pasalnya, Vino dituntut untuk melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an di beberapa adegan. Vino bahkan meminta untuk ditemani dan dibimbing ustaz yang benar-benar bisa dalam melakukan rukiah.

Baca Juga: Mengenal Sosok Kasi Pidum Binjai Fatah Chotib, Promosi ke Kejati Sumut

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya