Comscore Tracker

SoundX, Tampilkan Ciri Khas Kota Medan Lewat Suara

Project Sound X menggarap suara 8 kota Asia Tenggara

Medan, IDN Times - Sound of X adalah sebuah projek yang digagas oleh Goethe-Institut Singapore untuk menciptakan karya audio visual tentang suara-suara kota. Video soundcsapes kota diolah menjadi sebuah karya audio visual.

Ada sebanyak 9 karya dari 8 kota di kawasan Asia Tenggara yang terlibat dalam projek Sound of X ini, yaitu Sound of Singapore, Sound of Ho-Chi-Minh-City, Sound of Kuala Lumpur, Sound of Manila, Sound of Medan, Sound of Sydney, Sound of Yangon, dan sound of Tamaki Makaurau.

Salah satunya, Sound of Medan yang diwakili oleh Rani Jambak sebagai komposer, Evi Ovtiana (Sutradara), Benny S. Panjaitan (Videografer) dan Matthias Jochmann (Produser) dengan mengangkat tema “Nostalgic Contrast” yang menceritakan tentang kontras yang terjadi di kota Medan, seperti keberagaman etnis, tradisi, bahasa, dan modernitas yang dapat dilihat dan didengar menjadi sebuah keunikan tersendiri.

Terlebih keberagaman agama, wilayah berkembang dan tertinggal, lingkungan yang bersih dan kotor yang sering ditemui dengan berdampingan satu sama lain.

1. Sound of X sebagai bentuk perkenalan kota sebagai ciri khas

SoundX, Tampilkan Ciri Khas Kota Medan Lewat SuaraRani Jambak dkk mengerjakan program SoundX (Dok.IDN Times/istimewa)

Menurut Rani, tujuan Goethe-Institut membuat project Sound of X ini, yaitu untuk menghubungkan kembali masyarakat dengan kota dan lingkungan-lingkungan yang belum bisa akses kembali selama corona.

“Audio dan visual dalam project Sound of X akan membawa kita bertamasya mengelilingi kota Medan. Tidak hanya itu, projek kolaborasi 8 kota ini menjadi ajang memperkenalkan kota dengan ciri khasnya masing-masing,” jelas Rani.

Baca Juga: Bentuk Peduli pada Satwa, Seniman Ekspresikan Diri dengan Mural

2. Sound of Medan punya sisi keunikan tersendiri

SoundX, Tampilkan Ciri Khas Kota Medan Lewat SuaraRani Jambak dkk mengerjakan program SoundX (Dok.IDN Times/istimewa)

Evi Ovtiana, selaku sutradara video Sound of Medan mengungkapkan bahwa selama ini hanya mengangkat sisi positif saja ketika memperkenalkan kota Medan. Namun, di dalam Sound of Medan, dapat menemukan sisi lain yang menjadi keunikan dari Medan.

“Seperti keberagaman etnis, agama, mall dan pasar tradisional, permainan anak pinggiran dan anak kota, dan lainnya,” ungkapnya.

3. Suara kota Medan dikemas dengan ringan dan ceria

SoundX, Tampilkan Ciri Khas Kota Medan Lewat SuaraRani Jambak dkk mengerjakan program SoundX (Dok.IDN Times/istimewa)

Selain itu, Rani Jambak dalam komposisinya juga berusaha untuk menampilkan suara-suara yang sangat dekat dengan kota Medan yang dikemas secara ringan dan ceria.

“Seperti suara anak-anak bermain di sungai Deli, suara ikonik dari pedagang roti, suara kereta api, pasar, mesin angin, dan masih banyak lagi,” tutur perempuan musisi tersebut.

Matthias selaku produser dalam Sound of Medan juga mengungkapkan bahwa, proses produksi dilakukan pada April-Juli. Seluruh anggota tim bekerja sama dalam pembangunan ide dan konsep yang menggabungkan impresi dari masing-masing perspektif. Terlebih Matthias sebagai warga negara Jerman yang telah tinggal di Medan selama kurang lebih 1 tahun.

Baca Juga: Kreatif! Millennial Kolaborasi Video Musik Anak Medan Lawan Corona

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya