Comscore Tracker

5 Manfaat Herbamuno+, Dorong Para Nakes untuk Tetap Fit

Herbamuno+ terdiri dari 5 herbal alami yang mudah ditemukan

Medan, IDN Times - Lebih baik mencegah, sebelum mengobati dan jaga kesehatan jangan sampai sakit. Begitulah kalimat yang tak asing lagi untuk kesehatan.

Di tengah pandemik COVID-19, kenaikan kasus terus terjadi  diiringi juga dengan tingginya angka kematian tenaga kesehatan (nakes). Angka kematian nakes pada bulan ini lebih tinggi, jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya sejak awal pandemik COVID-19 Maret 2020.

Berdasarkan data yang dikumpulkan LaporCovid-19 sampai (10/08/2021) ada sekitar 1.808 nakes yang meninggal dunia. Mereka terdiri dari 640 dokter, 331 bidan, 48 Apoteker, 594 perawat, 5 sanitarian, 3 tenaga farmasi, 46 dokter gigi, 3 petugas ambulan, 10 rekam radiologi, 4 terapis gigi, 2 epidemiolog, 1 fisikawan medik, 1 entomolog, 47 ahli teknologi laboratorium medis, 3 elektromedik, dan 70 Lain-lain.

Salah satu suplemen herbal dipercaya dalam meningkatkan imun tubuh, yakni Herbamuno+ dan sangat mudah didapatkan di berbagai e-commerce hingga aplikasi kesehatan seperti halodoc dan grabhealth. Begitu juga di mini market.

Herbamuno+ ini mengandung 5 herbal alami Indonesia yang dapat membantu menjaga imun tubuh tetap prima. Diformulasikan dengan resep turun temurun dari Empu Jamu DR. BRA. Mooryati Soedibyo yang sudah terbukti khasiat dan kegunaanya, tersertifikasi halal oleh MUI dan telah mendapatkan izin edar dari BPOM.

Kombinasi 5 herbal tersebut menghasilkan racikan yang optimal sehingga memberikan mafaat yaitu membantu menjaga daya tahan tubuh, meredakan gejala masuk angin seperti meriang, pusing, perut kembung, dan meredakan batuk.

Herbamuno+ merupakan salah satu dari 14 obat herbal yang sedang mendapat pendampingan oleh BPOM untuk adjuvan pengobatan COVID-19 dan sedang persiapan uji klinis di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlit kemayoran.

Apa-apa saja herbal alami dalam Herbamuno+?

1. Sambiloto, herbal yang dikenal dengan rasa pahit

5 Manfaat Herbamuno+, Dorong Para Nakes untuk Tetap FitDaun sambiloto (dok. diadona.com)

Herbal ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diantaranya berfungsi sebagai antivirus, antiradang atau anti nyeri dan penurun demam.

Sambiloto yang dalam bahasa latin Andrographis paniculata) mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. Sambiloto bahkan digunakan untuk pengobatan COVID-19 oleh pemerintah Thailand.

2. Akar manis yang berfungsi antivirus

5 Manfaat Herbamuno+, Dorong Para Nakes untuk Tetap FitAkar manis (dok. 99.co)

Dan untuk bahan kedua ini biasanya berfungsi untuk antiradang atau anti nyeri, meredakan batuk (ekspektoran) dan sesak napas.

Baca Juga: 5 Keuntungan Vitamin D untuk Perempuan, Penuhi Kebutuhannya!

3. Meniran, tanaman herbal yang banyak ditemukan tumbuh liar

5 Manfaat Herbamuno+, Dorong Para Nakes untuk Tetap FitMeniran atau Phyllanthus niruri (dok.o rami.co.id)

Selanjutnya, ada bahan Meniran atau Phyllanthus niruri adalah tanaman herbal yang banyak ditemukan tumbuh liar di Indonesia.

Meniran ternyata sudah banyak dimanfaatkan masyarakat karena berkhasiat sebagai immunomodulator dan hepatoprotektor.

4. Biasanya menjadi bahan pelengkap masak

5 Manfaat Herbamuno+, Dorong Para Nakes untuk Tetap FitJahe emprit (dok. klikdokter.com)

Herbal yang ke-4 ini tak sulit untuk ditemukan bahkan biasanya menjadi bahan pelengkap untuk para ibu-ibu memasak.

Jahe emprit berkhasiat untuk mengatasi mual, muntah, sebagai immunomodulator dan gastroprotektor.

5. Jambu mete dipercaya melegakan pernapasan

5 Manfaat Herbamuno+, Dorong Para Nakes untuk Tetap FitDaun jambu mete (dok. Harapanrakyat.com)

Dan terakhir adalah, jambu mete sebagai anti nyeri, meredakan diare, dan melegakan pernapasan (bronkodilator).

Jambu mete gandung sejumlah antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Jambu ini juga dianggap mampu memberikan perlindungan terhadap sinar sinar UV sehingga membantu mencegah degenerasi makula akibat usia pada lansia.

Atas segala manfaatnya itu, PT. Mustika Ratu Tbk memberikan bantuan Herbamuno+ kepada rekan-rekan tenaga medis dan relawan di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Haji. Herbamuno+ diharapkan dapat menjaga imun tubuh nakes agar tetap prima selama merawat pasien.

Bantuan Herbamuno+ diserahkan langsung oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT), Kusuma Ida Anjani dan diterima oleh Dr. Mukti E. Rahadian, MARS, selaku Koordinator Bidang Analisis Kebijakan Lingkungan Strategis Pusat Analisis Determinan Kesehatan- Kemenkes sekaligus penanggung jawab logistik filantropi di RSDC Wisma Haji. Bantuan ini sabagai bentuk Kerjasama Mustika Ratu yang merupakan salah satu anggota Gabungan Pengusaha (GP) Jamu dengan RSDC Wisma Haji.

Baca Juga: Mau Minum Obat Herbal? 7 Hal Ini Wajib Diperhatikan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya