Catat, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Terlihat Kusam

Wajah kusam bisa mengganggu penampilanmu

Setiap orang memang biasanya memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, sebab ada yang mungkin kondisi kulit sehat dan ada pula yang sebaliknya. Salah satu masalah kulit yang mungkin sering dihadapi oleh banyak orang adalah kulit wajah yang terlihat lebih kusam.

Sebetulnya kondisi kulit wajah yang kusam jelas dapat menurunkan kepercayaan diri, sebab terlihat lebih tua daripada usia semestinya. Oleh sebab itu, kamu mungkin dapat mencoba beberapa tips penting berikut ini adalah mengatasi kulit wajah yang kusam.

1. Rajin mencuci wajah dengan facial wash

Catat, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Terlihat Kusamilustrasi mencuci muka (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Tips utama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tetap selalu rajin mencuci muka menggunakan facial wash. Tentunya penggunaan facial wash dapat menjadi cara penting agar dapat menghindari risiko kulit kusam pada bagian wajah.

Gunakanlah facial wash yang memang sesuai dengan kebutuhan dan mengandung bahan-bahan alami agar nantinya mampu mencerahkan wajah. Biasanya facial wash yang mengandung vitamin C dan tidak memiliki scrub justru cocok untuk tipe kulit yang kusam.

2. Gunakan masker wajah secara rutin

Catat, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Terlihat Kusamilustrasi masker wajah (unsplash.com/@stapal1)

Kamu mungkin perlu membiasakan diri untuk menggunakan masker wajah secara rutin apabila ingin mengatasi tipe wajah yang kusam. Hal ini karena ternyata beberapa jenis masker wajah dipercaya mampu mencerahkan kulit secara maksimal khususnya masker wajah yang mengandung vitamin C.

Penggunaan masker wajah memang tidak bisa dilakukan setiap hari, sehingga kamu biasanya dapat menggunakan masker tersebut sekitar dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal. Gunakanlah masker tersebut sesuai kebutuhan agar nantinya wajahmu pun tampak lebih cerah dan tak kusam lagi.

3. Gunakan pelembap pada wajah

Catat, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Terlihat Kusamilustrasi pelembap wajah (unsplash.com/@hellokaeme)

Banyak orang yang berpikir bahwa tipe kulit yang kusam tidak memerlukan lagi penggunaan pelembab, sebab dirasa sudah cukup berminyak. Padahal sebetulnya anggapan bahwa pelembab dapat memperburuk kondisi wajah berminyak merupakan hal yang salah total.

Justru apabila kondisi wajahmu memang kusam atau pun berminyak maka penggunaan pelembab menjadi hal yang sangat penting nantinya. Pelembab dapat membantu wajah untuk menghentikan produksi minyak yang berlebihan, sehingga wajah pun akan tampak lebih sehat dan tidak mudah kusam lagi.

4. Lakukan eksfoliasi

Catat, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Terlihat Kusamilustrasi mencuci wajah (pexels.com/@ron-lach)

Sebetulnya salah satu penyebab mengapa kulit wajah bisa terlihat kusam bisa saja karena banyaknya kotoran yang menempel pada area tersebut. Penting sekali untuk memastikan bahwa wajah bebas dari kotoran ataupun bakteri yang menempel dengan cara melakukan eksfoliasis secara rutin.

Proses eksfoliasi tersebut dimaksudkan agar nantinya wajah terbebas dari sisa-sisa kotoran yang mungkin dapat menyebabkan jerawat atau timbulnya komedo. Selain itu, melakukan eksfoliasi secara rutin juga dapat membantu mencerahkan wajah dan terhindar dari risiko wajah kusam.

5. Gunakan skincare yang tepat

Catat, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Terlihat Kusamilustrasi skincare (unsplash.com/@kalosskin)

Cara terbaik untuk membantu mengatasi kulit wajah yang kusam adalah dengan menggunakan skincare secara rutin. Tentunya skincare yang kamu gunakan untuk wajah tidak bisa sembarangan, sebab setiap skincare memiliki fungsi dan kandungan yang juga berbeda-beda.

Kamu perlu menemukan produk-produk skincare yang memang cocok untuk kulit wajah yang kusam. Hal ini bertujuan agar nantinya masalah kulit wajah kusam yang kamu miliki dapat teratasi secara maksimal.

Kulit wajah yang kusam ternyata bisa teratasi apabila kamu melakukan proses perawatan yang tepat. Hal ini penting agar nantinya wajahmu tidak sampai terlihat kusam atau pun mengganggu penampilan. Pilihlah produk skincare yang memang sesuai dengan kebutuhan kulitmu!

Deska Chalis Photo Community Writer Deska Chalis

Berusaha memperbanyak membaca dan menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya