Comscore Tracker

Mengetahui Resep Sasagun, Camilan Unik di Sumut 

Bahan yang diperlukan cukup mudah ditemukan

Medan, IDN Times- Makanan ringan salah satu menu favorit bagi keluarga.Teksturnya yang ringan serta mudah dikunyah bisa menunda lapar untuk sementara waktu. Salah satu camilan unik yang bisa kamu coba adalah sasagun.

Camilan yang dibuat dari tepung beras ini sangat cocok untuk dinikmati sambil membaca buku, menonton televisi maupun ketika sedang mengerjakan tugas. Rasanya yang sedikit manis membuat makanan ini enak untuk dinikmati disela waktu luang.

Bagaimana cara membuatnya? Berikut IDN Times merangkum bahan apa saja yang diperlukan hingga cara membuatnya.

1. Bahan yang diperlukan

Mengetahui Resep Sasagun, Camilan Unik di Sumut ilustrasi mencampur tepung beras dan tepung ketan (pexels.com/Monserrat Soldú)

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan resep sasagun ini adalah tepung beras, kelapa dan gula pasir. Untuk perpaduan bahannya, kamu bisa mengkreasikan sendiri dari resep asli sasagun. Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Ada yang suka manis biasa dan ada juga yang tidak menyukai makanan yang begitu manis. 

2. Mudah dan praktis

Mengetahui Resep Sasagun, Camilan Unik di Sumut Koleksi pribadi/ Nurul Astuti

Resep sasagun sangat mudah dibuat dan ditiru. Kamu dapat mengikuti petunjuk pembuatannya dan tidak memerlukan perlengkapan khusus. Camilan ini bisa dinikmati dengan secangkir teh atau kopi, jadi sangat cocok dimakan sebagai makanan pelengkap untuk mengisi waktu luang. 

Baca Juga: Resep Membuat Itak Gurgur, Kue Khas Batak yang Nikmat

3. Proses pembuatan

Mengetahui Resep Sasagun, Camilan Unik di Sumut ilustrasi tepung (gettyimages.com/Annabelle Breakey)

Proses pembuatan resep sasagun sangatlah mudah untuk dilakukan. Cara membuatnya, yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang ada, kemudian dilanjutkan dengan memanaskan teflon dengan menggunakan api yang sangat kecil. Lalu, masukkan kelapa parut serta tepung beras sambil diaduk-aduk hingga berwarna kecoklatan.

Selanjutnya, matikan api kompor dan siapkan mangkuk serta ambil empat sendok makan gula pasir sambil diaduk rata. Langkah terakhir adalah menyajikan dengan hiasan cantik di atasnya. Setelah didinginkan beberapa saat, camilan tersebut sudah bisa dinikmati. 

Itulah resep sasagun yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Jadikan ini sebagai salah satu camilan yang bisa disantap di rumah ya!

Baca Juga: Mengenal Dalihan Na Tolu, Filosofi Kebudayaan Masyarakat Batak

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya