Comscore Tracker

5 Cara Penyajian Bakso Ayam yang Bikin Ketagihan, Beda dari Biasanya!

Makanan ini bisa didampingi kuah kental nan yummy, lho

Secara sederhana bakso merupakan salah satu makanan yang dibuat menggunakan campuran daging giling. Sajian ini sangat populer di berbagai belahan dunia dengan cara penyajian yang berbeda-beda, termasuk di Indonesia.

Umumnya proses pembuatan bakso yang melibatkan daging sapi. Tetapi ayam pun tidak pernah sepi peminat dan bahkan dapat disajikan dengan aneka macam kreasi yang menarik hati.

Macam-macam cara penyajian dari bakso ayam pun telah tertera dalam lima varian berikut ini. Sehingga bisa menginspirasi kamu untuk menyajikan makanan yang enak dan mengenyangkan.

1. Bakso Ayam Mentega

5 Cara Penyajian Bakso Ayam yang Bikin Ketagihan, Beda dari Biasanya!ilustrasi bakso ayam mentega (freepik.com/timolina)

Bakso Ayam Mentega adalah salah satu varian makanan yang memiliki sensasi renyah di bagian luar bakso. Namun sekaligus dilengkapi menggunakan kuah krimi yg bercita rasa gurih dari mentega.

Penganan ini dibuat dengan mengolah daging giling dari ayam dan nantinya akan menjadi bola-bola bakso, lalu dimasak melalui proses penggorengan. Sementara kuahnya dibuat dari campuran mentega, krim, dan aneka bumbu rempah agar meresap lebih banyak.

2. Bakso Ayam Creamy

5 Cara Penyajian Bakso Ayam yang Bikin Ketagihan, Beda dari Biasanya!ilustrasi bakso ayam creamy (freepik.com/freepik)

Tidak kalah enak dari sajian sebelumnya, makanan yang satu ini juga memiliki sensasi kuah yang krimi di samping pengolahan bakso ayam. Sama seperti yang lain, bakso tersebut dibuat dari daging giling yang dicampur bersama tepung roti, aneka macam bumbu perasa, dan bisa juga diberi keju parmesan.

Sedangkan untuk memaksimalkan kuah dari makanan tersebut, kamu memerlukan campuran dari kaldu, bawang-bawangan, krim, dan aneka bumbu perasa. Selain itu masakan pun bisa juga ditambahi menggunakan pasta agar isiannya jadi lebih banyak.

Baca Juga: 10 Olahan Bakso dari Penjuru Dunia, Indonesia Ada Bakso Urat!

3. Kari Bakso Ayam

Bila Anda senang dengan aneka masakan yang memiliki kuah kental namun bumbu rempahnya begitu kuat, maka hidangan yang paling bisa dijadikan alternatif adalah kari. Bedanya hari ini makanan tersebut akan dilengkapi dengan penggunaan bakso dari daging ayam.

Rasa maksimal bukan hanya terdiri dari bubuk kari dan aneka macam rempah yang digunakan dalam kuah makanan tersebut. Tetapi perlu tambahan dari kaldu dan santan sehingga kuah karinya akan terasa lebih creamy saat disandingkan bersama bakso daging ayam.

4. Saus madu bakso ayam 

Spesial untuk olahan yang satu ini, kamu tidak hanya akan menemukan makanan dengan cita rasa gurih. Sebab di luarnya terdapat tambahan saus manis yang berasal dari madu, sehingga makanan tersebut memiliki perpaduan sensasi yang lebih legit.

Cara membuat saus pelapis untuk bakso ayam ini terdiri dari madu, bawang putih, saus sambal, dan kecap asin. Nantinya bakso yang sudah dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang bisa langsung ditumis bersama saus hingga seluruh bagian terlapisi. 

5. Sup sayur bakso ayam

Khusus untuk penganan berikutnya, makanan ini pun akan disajikan memakai kuah, tetapi akan tetapi yang ditawarkan cenderung lebih ringan. Itu karena masakan tidak menggunakan bahan pengental seperti susu atau santan.

Makanan yang dimaksud bukan lain adalah sup sayuran. Seperti diketahui hidangan ini memiliki rasa yang gurih, tapi pas untuk dinikmati bersama nasi.

Selain mengandalkan kaldu, isiannya pun didominasi oleh kentang, wortel, dan sebagainya. Kemudian masukkan juga bakso ayam untuk membuat rasanya semakin sedap.

Bakso ayam menjadi salah satu makanan yang cukup populer. Hidangan ini umumnya dibuat dengan proses penggorengan atau dipanggang, sehingga cenderung lebih cepat matang dan bisa disajikan menggunakan aneka macam cara, seperti lima olahan di atas. 

Baca Juga: Pencinta Bakso Merapat, 5 Kreasi Olahan Bakso Lezat Kekinian

Intan Pratiwi Buchr Photo Community Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya