Comscore Tracker

Resep Kue Karas Khas Melayu yang Unik dan Simpel

Kue dengan cita rasa renyah dan gurih ini enak jadi camilan

Medan, IDN Times - Ada berbagai macam makanan khas Melayu salah satunya makanan yang berasal dari Batubara, Sumatra Utara. Kue ini biasa disebut Kue Karas atau kue kekaeh (dalam bahasa Melayu).

Dari namanya saja sudah mengartikan bahwa kue ini renyah dan gurih saat dimakan. Kue dengan cita rasa yang manis ini menjadi salah satu menu yang tak pernah absen saat makanan lebaran atau acara besar lainnya.

Kue yang khas dan unik ini dibuat dari bahan-bahan sederhana dan mudah kita temui, serta tidak memerlukan banyak biaya. Berikut resep Kue Karas.

1. Bahan - bahan yang digunakan

Resep Kue Karas Khas Melayu yang Unik dan SimpelIlustrasi Tepung Beras (IDN Times / alodokter.com)

Bahan - bahan yang digunakan:
- 1/2 Kg tepung beras
- 1/4 gula pasir
- air secukupnya (tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental)

Baca Juga: Resep Membuat Lemang Pulut yang Nikmat, Gak Sulit Kok!

2. Campur semua bahan yang telah disediakan

Resep Kue Karas Khas Melayu yang Unik dan SimpelAdonan tepung beras dan gula yang sudah di campur dengan air (IDN Times / food.detik.com)

Pertama tama sediakan talam atau mangkok besar lalu masukkan tepung beras, gula pasir, dan air secukupnya aduk sampai merata. Sediakan kompor dengan api yang sedang serta wajan dan minyak makan secukupnya hingga panas.

3. Pakai cetakan tradisional dari tempurung kelapa

Resep Kue Karas Khas Melayu yang Unik dan SimpelProses Memasak Menggunakan Cetakan Tempurung Kelapa (IDN Times / Eva Nurazizah)

Setelah minyak panas masukkan kedalam tempurung kelapa dan dipegang dengan gagang kayu agak panjang. Lalu bentuk seperti mi yang dibentuk menggunakan pengait kayu berbentuk segitiga.

Baca Juga: Resep Membuat Tauco Medan, Rasakan Sensasi Pedasnya!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya