Comscore Tracker

4 Menu Olahan Telur yang Praktis dan Sehat untuk Sarapan

Usahakan selalu sarapan meski buru-buru

Sarapan adalah salah satu hal terpenting di pagi hari. Dengan sarapan, kamu akan mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas. Dan tentunya mencegah dari berbagai penyakit.

Untuk itu jangan sampai kami melewatkan sarapan hanya karena terburu-buru. Apalagi banyak makanan yang bisa disiapkan dengan praktis dan gak perlu waktu lama. 

Salah satunya dengan telur. Dilansir halodoc, Telur mengandung protein tinggi, kolin, dan vitamin D yang diperlukan tubuh. Dalam sebutir telur berisi kandungan vitamin E, folat, selenium, lutein, protein, dan mineral.

Telur menjaga kesehatan otak, mata, melawan inflamasi, dan mengenyangkan lebih lama. Nah, berikut menu olahan telur yang bisa kamu santap saat sarapan.

1. Omelet

4 Menu Olahan Telur yang Praktis dan Sehat untuk SarapanYummy App

Nah, cek telur dalam kulkasmu. Omelet salah satu menu yang bisa dibuat dengan praktis untuk sarapan. Dibuat dengan mencampur telur, garam, dan merica. Untuk menghasilkan tekstur yang creamy di dalamnya, kamu bisa tambahkan parutan keju yang dicampur ke dalam bahan. Setelah kecoklatan angkat dan siap disantap!

2. Telur rebus

4 Menu Olahan Telur yang Praktis dan Sehat untuk Sarapanmendinginkan telur rebus (pixabay.com/ivabalk)

Telur rebus juga sangat praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan air yang mendidih. Tentu saja telur tinggal dimasukkan ke dalamnya. Untuk durasi, 9 menit sudah cukup. Saat sudah matang, masukkan telur ke dalam air dingin agar dapat langsung dikupas. Nah, telur sudah dapat disajikan.

Baca Juga: 10 Ide Menu Sarapan Enak tanpa Nasi yang Tidak Membosankan 

3. Telur orak arik

4 Menu Olahan Telur yang Praktis dan Sehat untuk Sarapancookillustrated.com

Telur orak arik juga gampang. Sesuai namanya kamu hanya tinggal mengorak-ariknya saat memasaknya. Awalnya kamu kocok dulu telur yang telah dicampur dengan garam dan merica. Setelah itu, masak dan aduk hingga telur sudah bertekstur padat. Jangan dimasak terlalu matang, karena akan membuat tekstur terlalu keras dan kering.

4. Poached Egg

4 Menu Olahan Telur yang Praktis dan Sehat untuk Sarapanilustrasi membuat poached egg (youtube.com/ReynoldPoer)

Nah, ini sedikit unik. Siapkan panci berukuran besar yang berisi air hampir penuh. Panaskan air hingga keluar gelembung-gelembung kecil. Kemudian, masukan garam secukupnya ke dalam air untuk memberi tambahan rasa dan aduk air di dalam panci hingga membentuk putaran air.

Langkah selanjutnya, pecahkan telur ke dalam mangkuk dan masukkan telur secara perlahan ke dalam air rebus yang berbentuk putaran air. Tunggu hingga telur mulai terbentuk. Jika sudah, angkat telur secara perlahan agar bentuknya tetap terjaga. Jika dipraktekkan secara benar, kuning telur akan meleleh jika telur ini dibelah.

Baca Juga: Telur Bebek vs Telur Ayam, Mana yang Lebih Sehat?

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya