Comscore Tracker

Sudah Ada Sejak 1936, Es Krim Ria Jadi Saksi Perubahan Kota Medan 

Sudah eksis sebelum Indonesia merdeka

Medan, IDN Times - Hari ini tepat 1 Juli 2021, Medan berulang tahun ke-431. Berusia ratusan tahun, tentu banyak jejak sejarah yang ditinggalkan. Termasuk kuliner-kuliner legendaris yang masih bertahan hingga kini. 

Salah satu es krim legendaris di Kota Medan adalah Es Krim Ria. Es krim yang berlokasi di Jalan Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1936. Wow, sebelum Indonesia merdeka lho!

Eksis sampai saat ini, es krim Ria kini dikelola generasi ketiga. Pemilik pertama bernama Sim Tjeng Eng dan diteruskan kepada Sim Po Lim dan dilanjutkan anaknya yaitu Alai sebagai generasi ketiga. Berikut berjalan Es Krim Ria.

1. Es Krim Ria sudah memasuki usia 85 tahun

Sudah Ada Sejak 1936, Es Krim Ria Jadi Saksi Perubahan Kota Medan Instagram/@rianarian

Bangunannya sederhana. Hanya sebuah rumah toko (ruko) yang diimpit ruko-ruko lainnya. Bangunannya tidak terlalu luas. Nyaris seperti tidak tersentuh renovasi. Tepat di depannya ada dua gerobak yang menjual sate dan martabak. Dua makanan yang biasa dipesan untuk menemani makan es krim. 

Alai mengatakan Es Krim Ria sudah berusia 84 tahun. "Bisa dikatakan es krim legendaris ini adalah satu-satunya di Kota Medan," ujar Alai beberapa waktu lalu.

Alai menuturkan dahulu kakeknya berjualan di pinggir pasar Jalan Kanton. Kemudian, ayahnya melanjutkan usaha yang dirintis kakeknya saat Es Krim Ria berusia 17 tahun. Selanjutnya, usaha diteruskan Alai setelah ia menyelesaikan Sekolah Menengah Atas kala itu.

"Saat saya meneruskan usaha di lokasi ini sudah bernama Jalan Surabaya sampai sekarang, kalau kakek saya dahulu masih Jalan Kanton namanya. Kalau dahulu kakek dan ayah saya berjualan tidak di ruko atau rumah melainkan di pinggir jalan dengan menggunakan tempat yang terbuat dari papan," kenangnya.

Baca Juga: Ada Mata Kuliahnya, 8 Fakta Unik Es Krim yang Tersembunyi

2. Ria sebagai pengungkapan senang ketika menikmati Es Krim Ria

Sudah Ada Sejak 1936, Es Krim Ria Jadi Saksi Perubahan Kota Medan pexels.com/just name

Saat ditanya terkait penamaan yang digunakan, Alai menjawab dahulu kakeknya menggunakan ria karena wujud menyampaikan rasa senang. Katanya, hal tersebut merupakan pengungkapan senang bagi penikmat Es Krim Ria.

"Kalau menu yang sangat khas dari Es Krim Ria ini ada Es Krim Soda dan Es Krim Buah. Nah, kalau sekarang sudah bermacam-macam varian saya tambah," tuturnya.

3. Es Krim Ria ini setiap hari buka pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB

Sudah Ada Sejak 1936, Es Krim Ria Jadi Saksi Perubahan Kota Medan Instagram.com/shelmisetiawan

Es Krim Ria ini setiap hari buka pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Harga mulai Rp 22 ribu - Rp 34 ribu. Untuk mempertahankan rasa yang sama dengan tempo dulu, Alai masih memakai cara yang diwariskan ayahnya. 

Baca Juga: 5 Kedai Es Krim Lezat di Medan, Ada yang Eksis Sebelum Kemerdekaan

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya