Comscore Tracker

Replika Yard, Kafe Bernuansa Jepang dengan Kuliner Nusantara di Binjai

Ada kimono hingga castle Jepang

Medan, IDN Times - Ada yang menarik dari Kota Binjai, Sumatra Utara. Soalnya saat ini sedang banyak pilihan tempat makan yang digandrungi millennial. Salah satu tempat yang kekinian adalah Replika Yard.

Ini adalah kafe dengan nuansa Jepang di Binjai. Jarak yang ditempuh dari kota Medan menuju Replika Yard berdurasi kurang lebih 49 menit lamanya. Lokasinya di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Tempat ini dibangun sejak akhir 2020 oleh pemiliknya yang akrab disapa Wibu. Wibu merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yakni weaboo, dikenal sebagai julukan untuk seseorang (meski bukan warga) yang begitu menggilai dan mencintai budaya Jepang. 

1. Awal masuk sudah diperlihatkan boneka terviral saat ini yaitu Squid Game

Replika Yard, Kafe Bernuansa Jepang dengan Kuliner Nusantara di BinjaiIlustrasi Boneka Squid Game (IDN Times / Eva Nurazizah)

Tapi jangan kaget, saat memasuki tempat ini. Karena telah disuguhkan langsung dengan trend yang viral saat ini yaitu boneka Squid Game. Bonek ini sering dijuluki pencabut nyawa yang tampil dengan suara imut.

Boneka yang 'menjaga' permainan Red Light Green Light ini didasarkan pada cerita kuno di Korea Selatan. Alasan memakai poster boneka ini di depan, sebagai salah satu bentuk promosi yang ditampilkan untuk menarik perhatian pelanggan.

Baca Juga: Unik dan Instagramable, 5 Kafe Ini Ternyata Ada di Medan 

2. Konsep tempat Jepang dan tetap menjaga cita rasa makanan nusantara

Replika Yard, Kafe Bernuansa Jepang dengan Kuliner Nusantara di BinjaiIlustrasi Mie Ramen telur cita rasa khas Indonesia (IDN Times / Eva Nurazizah)

Meskipun bernuasa negeri Sakura, pemilik ini tidak melupakan konsep budaya yang ada di Indonesia. Menu yang disajikan justru makanan khas nusantara yang lekat dengan lidah orang Indonesia.

"Konsep tempat kita memang lebih ke Jepang, namun untuk makanan kita lebih ke nusantara. Karena konsep Jepang tapi kita gak lupa juga dengan negara kita sendiri," ujar Supervisor Replika Yard, Melly Riana kepada IDN Times.

Untuk harga juga masih terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp10 ribu sampai Rp30 ribuan. Selain itu juga ada menu seafood dengan paket beberapa orang.

3. Bisa berfoto dengan kimono dan castle Jepang

Replika Yard, Kafe Bernuansa Jepang dengan Kuliner Nusantara di BinjaiReplika Yard di Binjai (IDN Times/Doni Hermawan)

Untuk tiket masuk tidak dikenakan biaya. Hanya minimum order Rp20ribu per orang dengan bebas menu makanan atau minuman, pelanggan sudah dapat menikmati indahnya kafe berlatar warna merah ini, yang merupakan ciri khas Jepang.

Agar lebih memperkuat suasana seolah olah berada di Jepang, mereka juga menyediakan kostum Kimono yang masing masing kostum diberi harga Rp10 ribu per orang.

Untuk konsep yang juga didesain untuk spot foto instagramable dengan tempat yang cukup luas. Kamu bisa berfoto dengan boneka Doraemon. Di toilet juga terdapat foto Naruto dan Sakura. Selain itu ada juga castle Jepang.

"Karena tempat yang luas kita juga bebas sesuka hati untuk memilih tempat baik duduk dikursi maupun lesehan, semua meja masing masing berkapasitas 4 orang dan kebersihan tempat juga terjaga," tuturnya.

Untuk jam operasional, Replika Yard mulai dari 09.00 - 23.00 WIB dan dibuka setiap harinya bagi para pengunjung.

Baca Juga: Kedai Apek, Lapak Minum Kopi Paling Legendaris di Kota Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya