Comscore Tracker

Tangguh Bermain Lumpur, 6 Mobil Lawas Ini Asyik untuk Offroad

Berani main lumpur dengan mobil tua!

Medan, IDN Times – Beberapa pabrik mobil tak sekedar menciptakan transportasi tersebut hanya untuk kebutuhan kendaraan biasa. Namun, melahirkan mobil dengan ketangguhan yang dapat menempuh rintangan jalan tidak bersahabat. Ini biasanya digunakan buat para pecinta Offroad.

Nah, jika ada mobil lawas jangan jadikan pajangan, karena masih bisa dibawa untuk bermain lumpur. Maka buat kamu yang hobi jalanan ekstrim berkendara di dalam hutan. SUV atau Pick-Up dengan sistem yang dibekali penggerak roda 4x4. Ternyata ada beberapa mobil lawas yang bisa dibuat offroad loh.

“Mobil tua atau lawas ini masih mampu membawa untuk bermain lumpur. Pada dasarnya mobil tersebut harus memiliki penggerak empat roda atau 4x4,” ucap Adi, penghobi offroad.

Tak hanya itu, keunikan dari mobil lawas atau legend ini susah didapat dan tidak semua orang sanggup untuk merawatnya secara sabar. Dirinya mengakui untuk mobil legend tersebut lebih kuat dibanding mobil sekarang.

“Tetapi namanya mobil lawas, biasanyakan mobil-mobil ini sudah ujur ada yang tahun 1971, 1979, 1981, 1983, dan macam-macam. Jadi, biasanya sebelum dibawa dibawa Offroad harus diadakan peremajaan dan pemeriksaan ulang secara intensif, karena mobil dengan usianya yang ujur, biasanya sudah keropos dan harus direkondisi ulang, dan kalau untuk bagian mesin lebih baik di overhoul. Jadi, disaat kita ajak offroad mobil atau kendaraan sudah fit dan siap untuk diajak melumpur,” tambahnya.

Berikut beberapa mobil lawas sangat idaman pada masanya, karena tampilan yang menawan dan performa yang tangguh.  Tentunya tidak kalah dengan mobil offroad modern keluaran baru.

1. Toyota Hardtop

Tangguh Bermain Lumpur, 6 Mobil Lawas Ini Asyik untuk OffroadToyota Hardtop (instagram/mobilterbengkalai)

Menurut Adi mobil tua Toyota Hardtop ini masih dapat digunakan, untuk dibawa dalam perjalanan ekstrem dikarenakan body yang masih kokoh. Namun, sebelum dipergunakan kembali alangkah baiknya, mobil tersebut melakukan peremajaan kembali.

"Iya, mobil tua ini masih bisa dipergunakan ke hutan, karna body juga masih kokoh," ucapnya.

2. Jeep Willys

Tangguh Bermain Lumpur, 6 Mobil Lawas Ini Asyik untuk OffroadJeep Willys (instagram/constilevet)

Selain Toyota Hardtop, adapula Jeep Willys yang direkom Adi menjadi salah satu pilihan untuk dapat melakukan Offroad. Mobil ini dapat dikatakan "bandal" karena pada masanya mobil tersebut menjadi simbol perang dunia ke-2 yang diciptakan pada tahun 1941.

"Mobil tua ini memiliki sejarah, masih keren sekali dibawa untuk offroad," ungkapnya.

Baca Juga: Mobil-mobil yang Harganya di Bawah Rp50 Juta Ini Bisa Dibawa Offroad

3. Jeep CJ 7

Tangguh Bermain Lumpur, 6 Mobil Lawas Ini Asyik untuk OffroadJeep CJ 7 (instagram/jk_rccrawlwer)

Tak jauh berbeda, seperti mobil yang disebutkan sebelumnya. Mobil Jeep CJ 7 ini merupakan mobil lawas yang masih dapat untuk tangguh didalam hutan dengan perjalanan ekstrem.

"Mobil ini juga mesinnya bandal, jadi masih bisa kembali dilakukan Offroad, tapi kita harus periksa dahulu sebelum dibawa," jelasnya.

4. Jimny Land Rover Sr 1 atau 2

Tangguh Bermain Lumpur, 6 Mobil Lawas Ini Asyik untuk OffroadSuzuki Jimny. Instagram.com/jimnykoneng

Mobil idaman pada masanya ini dinilai memiliki kelebihan dalam tampilan yang memberikan kepercayaan diri. Mobil lawas ini masih sedap untuk dipandang serta harga yang masih terjangkau, cocok jika berburu jalanan ekstrem serta dibawa dalam jalanan sehari-hari.

"Jadi jeep ini dinilai sebagai salah satu mobil berpenggerak 4 roda terbaik yang ada sejak dulu hingga saat ini," tambahnya.

5. Toyota Land Cruiser Trooper

Tangguh Bermain Lumpur, 6 Mobil Lawas Ini Asyik untuk OffroadChevrolet Trooper (mobil.mitula.co.id)

Mobil lawas ini ternyata jarang mengalami keluhan, hingga mampu untuk dibawa masuk dalam perjalanan ekstrem.

"Mobil unik ini masih bisa kita gunakan, mesinnya juga bandal, jadi gak ragu untuk dibawa jalanan yang ekstrem," tuturnya.

6. VX/ Land Cruiser tahun 1997

Tangguh Bermain Lumpur, 6 Mobil Lawas Ini Asyik untuk OffroadVX Land Cruiser (instagram/asim_mengal)

Mobil Offroad satu ini, juga menjadi idaman pada masanya hingga saat ini. Menurut Adi, mobil tersebut dikenal dengan ketangguhan di medan berat.

“Kendaraan ini selain dibuat offroad tidak menutup kemungkinan untuk dipakai sehari-hari, karena mobil ini multi fungsi, bisa dibuat pffroad dan juga dibuat onroad, karena mobil-mobil yang bergerak 4x4 biasanya lebih kokoh dibanding mobil-mobil keluarga pada umumnya,” ucapnya.

Adi juga menjelaskan bahwa masih ada beberapa kendaraan lawas yang mempunyai penggerak 4 roda (4x4) lainnya yang belum tersebutkan.

Baca Juga: Gemar Bertualang? Simak Tip Offroad Berikut Ini

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya