Comscore Tracker

Wujud Keberagaman, Ini 5 Lokasi Wisata Religi di Dairi

Apakah kamu sudah mampir ke daerah ini?

Medan, IDN Times - Kabupaten Dairi merupakan salah satu daerah yang menyimpan sejumlah tempat wisata indah di Sumatra Utara. Di samping keadaan alamnya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata, juga terdapat beberapa objek unik yang dapat dinikmati. 

Salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan adalah melipir ke Taman Wisata Iman. Selain itu, dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 tempat wisata lintas agama yang bisa kamu singgahi jika berkunjung ke daerah ini.

1. Tugu Makam Raja Silahisabungan

Wujud Keberagaman, Ini 5 Lokasi Wisata Religi di DairiMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengenakan pakaian adat Pakpak saat berkunjung ke Kabupaten Dairi, Jumat (21/2/2021). (Dok Kemenparekraf)

Buat kamu yang ingin berwisata sambil belajar sejarah, mampir deh ke Tugu Makam Raja Silahi Sabungan berada di Paropo, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi. Di sini, kamu dapat mempelajari sejarah-sejarah serta silsilah Raja Silahi Sabungan.

Pemakaman ini sesungguhnya bukan tujuan wisata sebagaimana layaknya Museum. Namun sebagaimana pemakaman di darah Sumatera Utara pada umumnya, menyimpan sejarah yang unik dan bisa kita dapat jikat mendengar langsung dari warga sekitar.

Baca Juga: Dulunya Pengusaha! 10 Potret Aktivitas Bupati Dairi Eddy Berutu

2. Taman Wisata Iman

Wujud Keberagaman, Ini 5 Lokasi Wisata Religi di DairiLansekap Taman Wisata Iman Sidikalang, Kabupaten Dairi. (dok Kemenparekraf)

Salah satu bukti Kabupaten Dairi merupakan tempat refleksi bagi seluruh umat beragama adalah tersedianya wisata religi. Ya, wisata yang tak kalah hits ada Taman Wisata Iman Sitinjo.

Wisata religi ini berada di Jalan Sitinjo I, Kabupaten Dairi, menyediakan rumah ibadah bagi seluruh umat beragama. Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan, berfoto di rumah-rumah ibadah yang tersedia. 

3. Desa Perajin Ulos Silahisabungan

Wujud Keberagaman, Ini 5 Lokasi Wisata Religi di DairiPara perajin ulos di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. (Dok: Kemenparekraf)

Wah, destinasi selanjutnya bisa ke rumah warga yang merupakan para pengrajin Ulos di Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan. Ulos atau sering juga disebut kain ulos adalah salah satu kain khas di Sumatera Utara.

Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, dan dipercaya memiliki makna di balik setiap keindahannya. 

4. Tao Silalahi

Wujud Keberagaman, Ini 5 Lokasi Wisata Religi di Dairiinstagram.com/sidikalang_dairi

Dairi juga memili sejumlah wisata yang tak kalah indahnya dibanding daerah lain. Selain terkenal dengan kuliner khas, kopi yang juga jadi primadona di Nusantara, daerah ini pun famous karena lokasi perkemahan yang menakjubkan. 

Bagi pecinta alam, Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan yang masih berada di Kabupaten Dairi ini pasti sudah tak asing lagi.

Sekilas Tao atau Pulau Silalahi adalah tempat kamping biasa. Namun bagi masyarakat pulau ini dianggap sakral dan tempat keturunan Raja Silalahi menghilang.

Berbagai versi kisah mistis beredar di masyarakat tentang pulau kecil ini. 

5. Batu Sigadap

Wujud Keberagaman, Ini 5 Lokasi Wisata Religi di DairiDok. Pribadi/Hendrydoloksaribu

Berbagai macam kegiatan dilakukan sejumlah orang untuk mengisi libur di akhir pekan. Salah satunya dengan berwisata religi. Misalnya dengan mendatangi makam.

Wisata religi yang juga bisa kamu jadikan sebagai wisata sejarah ada Batu Sigadap. Wisata ini berlokasi di Silalahi I, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi. 

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata religi yang jadi bukti keberagaman di Dairi. Jangan sampai dilewatkan ya jika mampir ke Dairi.

Baca Juga: Punya Cita Rasa Unik, 5 Kuliner Khas Dairi yang Wajib Kamu Coba

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya