Comscore Tracker

Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi, Alternatif Wisata Edukasi di Sumut

Melihat dari dekat proses pengolahan susu sapi

Medan, IDN Times- Berastagi adalah alternatif bagi warga Medan untuk refreshing sejenak. Salah satu wisata hits di Berastagi yang bisa kamu kunjungi adalah Gundaling Farmstead atau lebih dikenal dengan Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi. 

Pasteurisasi susu sapi Berastagi ini merupakan milik PT. Putra Indo Mandiri Sejahtera (PT. PIMS) yang dirintis sejak 2006. Lokasinya berada di Desa Jaranguda, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo.

Ada ratusan sapi dan terdapat proses pemerahan susu sapi yang bisa jadi alternatif wisata keluarga sekaligus edukasi. Sebelum berkunjung ke sana, simak dulu informasi wisatanya di sini!

1. Tempat wisata yang satu ini tidak sulit ditemukan lantaran mudahnya akses menuju lokasi

Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi, Alternatif Wisata Edukasi di SumutWisata Farmstead di Berastagi diminati pengunjung (IDN Times/Masdalena Napitupulu)IDN Times/Masdalena Napitupulu

Keberadaan Gundaling Farmstead ini terletak di jalur alternatif, tak heran wisata ini jadi salah satu tujuan objek wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Berastagi. 

Tempat wisata yang satu ini tidak sulit ditemukan lantaran mudahnya akses menuju lokasi. Waktu tempuh ke lokasi ini sekitar 2,5 jam jika berasal dari Medan.

2. Berkunjung ke Gundaling Farmstead, kamu dapat melihat peternakan sapi yang dikelola sendiri

Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi, Alternatif Wisata Edukasi di SumutGundaling Farmstead Berastagi (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Berkunjung ke Gundaling Farmstead, kamu dapat melihat peternakan sapi yang dikelola sendiri. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung pemerahan susu sapi yang sedang diproses. Tentu saja, spot ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang penasaran bagaimana proses pengelolaan susu sapi.

Baca Juga: Menakjubkan! 5 Destinasi Wisata di Sumut Ini Bikin Malas Pulang

3. Gundaling Farmstead buka pada pukul 09:00-18:00 WIB

Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi, Alternatif Wisata Edukasi di SumutProses pengolahan susu di Gundaling Farmstead (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Gundaling Farmstead buka pada pukul 09:00-18:00 WIB. Di sini terdapat susu sapi yang dipasarkan langsung ke pengunjung. Selain itu, ada juga gelato, yogurt dan olahan keju Tomme de Sinabung, Tomme Andaliman, Caciocavallo, Mozzarella. 

4. Berkunjung ke sini, kamu dikenakan biaya uang masuk

Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi, Alternatif Wisata Edukasi di SumutWisata Gundaling Farmstead di Berastagi diminati pengunjung (IDN Times/Masdalena Napitupulu)IDN Times/Masdalena NapitupuluIDN Times/Masdalena Napitupulu

Bekunjung ke sini, kamu dikenakan biaya uang masuk Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10 ribu untuk mobil. Setelah membayar uang masuk, kamu akan diarahkan menuju ke spot peternakan sapi. 

Tak hanya itu, jika ingin membeli susu segar, kamu bisa membeli langsung dengan harga terjangkau. Untuk harga susu sapi murni Rp30 ribu dan Rp35 ribu untuk varian rasa lainnya. Yogurt dengan harga Rp23 ribu. Sedangkan untuk olahan keju mulai Rp20 ribu-Rp35 ribu per ons. 

Baca Juga: [FOTO] Wisata Religi Salib Kasih, Monumen Misionaris Nomensen di Sumut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya