Comscore Tracker

Mengunjungi Situs Megalitikum: Makam Tua Raja Sidabutar 

Makam ini terletak di tengah perkampungan warga

Medan, IDN Times- Sejumlah kuburan yang berada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dikenal dengan nilai sejarahnya. Bahkan sebagian dari pekuburan itu dijadikan sebagai wisata saat ini. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah makam Raja Tua Sidabutar yang dikenal sebagai situs megalitikum. 

Berikut IDN Times merangkum informasi makam Raja Tua Sidabutar yang dikenal sebagai orang pertama yang membawa marga Sidabutar di Pulau Samosir. Yuk, simak di sini!

1. Makam Raja Tua Sidabutar terletak di tengah perkampungan warga

Mengunjungi Situs Megalitikum: Makam Tua Raja Sidabutar Makam Raja Tua Sidabutar terletak di tengah perkampungan warga (Dokumen Dinas Pariwisata)

Makam Raja Tua Sidabutar terletak di tengah perkampungan warga. Sehingga, jika ingin menjangkau lokasi pekuburan raja ini, pengunjung harus melewati kios souvenir untuk sampai ke situs utama. Sebelum memasuki makam, setiap orang diharuskan mengenakan kain tradisional Batak yang disebut ulos yang tersedia di pintu gerbang dan dapat disewa.

Saat memasuki gerbang makam, terdapat batu nisan besar dengan beberapa ukiran di atasnya yang menyerupai wajah orang. Makam tersebut adalah makam Raja Sidabutar. Ukiran terbesar konon adalah wajah raja itu sendiri yaitu Raja Ompu Tolu Sidabutar.

Sedangkan wanita yang duduk di atas makam adalah yang telah dicintai raja selama bertahun-tahun yaitu permaisurinya. Dua patung gajah berwarna putih yang melambangkan mahar raja kepada permaisuri. Ukiran lain di bagian bawah makam dikatakan sebagai pelindung raja.

Baca Juga: Kisah Tunggal Panaluan, Tongkat Suku Batak 

2. Selain batu nisan utama, ada makam lain di daerah tersebut

Mengunjungi Situs Megalitikum: Makam Tua Raja Sidabutar (Instagram.com/@mrs.lakken)

Selain batu nisan utama, ada makam lain di daerah tersebut. Beberapa menghiasi ornamen tradisional Batak, sementara yang lain sudah memiliki salib di atasnya. Masih di area yang sama, terdapat bangku-bangku yang digunakan pengunjung untuk mendengarkan penjelasan dari pemandu lokal.

Mengambil sedikit jalan memutar ke belakang kuburan utama, terdapat beberapa patung dan tiang totem yang tinggi. Hal tersebut melambangkan rasa hormat keluarga kepada leluhur mereka. 

Di sisi kanan dan kiri makam ini terdapat ada tiga makam Raja Tomok. Keunikan makam batu Raja Sidabutar adalah keberadaan makamnya yang tidak dikubur di dalam tanah, melainkan diletakkan di atas permukaan tanah. Kemudian, makam ini juga memiliki ukiran yang indah, terutama makam Raja Sidabutar pertama dan Raja Sidabutar kedua.

3. Paket wisata ke Makam Tua Raja Sidabutar

Mengunjungi Situs Megalitikum: Makam Tua Raja Sidabutar (Instagram.com/@mrs.lakken)

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Makan Tua Raja Sidabutar, kamu bisa menggunakan paket tour yang dapat menemani berkeliling di Pulau Samosir. Harga tour yang tersedia mulai dari Rp1 juta.

Disarankan untuk melakukan perjalanan wisata secara rombongan agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan memiliki pengalaman yang asyik dan penuh petualangan.

Dengan mengunjungi situs megalitikum ini, kamu dapat berlibur sembari belajar tentang sejarah yang ada di Sumatra Utara. Yuk, segera jadwalkan perjalananmu!

Baca Juga: Mengenal Pabuat Boru Marhabuatan, Upacara Adat Kawin Batak Angkola

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya