Comscore Tracker

Sidihoni, Danau Kecil yang Masih Asri di Pulau Samosir

Ada danau di atas Danau Toba

Danau Toba adalah ciri khas Sumatera Utara. Ini telah menjadi tujuan wisata terbaik bagi penduduk lokal dan asing. Padahal, ada banyak jenis tempat wisata di dekatnya. Salah satunya adalah Danau Sidihoni. Memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. 

Danau ini terletak di Pulau Samosir. Pulau ini terletak di tengah Danau Toba. Artinya ada danau di atas danau. Nah, penasaran soal danau ini? 

1. Danau di atas Danau Toba

Sidihoni, Danau Kecil yang Masih Asri di Pulau Samosirtravelingyuk.com

Danau Sidihoni memiliki ukuran yang lebih besar dari Danau Aek Natonang. Keduanya berada di Samosir dengan luas sekitar 20 hektare. Meskipun menawarkan keindahan yang unik, danau ini tidak memiliki aksesibilitas yang memuaskan. 

Danau Sidihoni terletak di bagian barat Samosir. Jaraknya sekitar 8 km dari Pangururan. Airnya cukup jernih dan menambah keindahan pemandangan di sekitarnya.

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pohon pinus. Begitu sampai di danau, Anda bisa merasakan suasana sejuk. Selain itu, ada hal unik di sini yaitu Danau Sidihoni mampu mengubah warnanya. Hal ini tergantung pada cuaca dan banyak kondisi.

Fakta unik lainnya tentang tempat ini ialah adanya mitos Batu Bernafas yang dipercayai oleh penduduk setempat. Danau ini juga dikenal sebagai danau di atas danau, mengingat lokasinya yang terletak di atas Danau Toba.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel di Samosir, Sajikan View Danau Toba

2. Rute menuju Danau Sidihoni

Sidihoni, Danau Kecil yang Masih Asri di Pulau SamosirDanau Sidihoni (instagram.com/danausidihoni)

Dari Medan, kamu harus menuju ke Parapat dengan perjalanan lebih kurang empat jam. Tujuan selanjutnya adalah Tomok. Kamu bisa menggunakan perahu dari Pelabuhan Ajibata dan melewati Tiga Raja. Setelah sampai di Tomok, kamu harus menuju Pangururan. Dari sini, bisa naik bus umum. 

Perjalanan sekitar 6 jam, tidak perlu khawatir karena perjalanan tidak akan membosankan. Sepanjang jalan kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang indah Begitu sampai di Pangururan, harus naik ojek. 

Keindahan alamnya yang masih asri belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar daerah, hal ini juga mungkin dipengaruhi oleh minimnya fasilitas yang tersedia seperti penunjuk arah untuk mencapai ke lokasi ini.

3. Tak ada tiket masuk alias gratis

Sidihoni, Danau Kecil yang Masih Asri di Pulau SamosirDanau Sidihoni (visitsamosir.com)

Berapa biaya masuknya? Ini gratis! kamu tidak perlu membeli tiket. Itu artinya bisa memasuki lokasi ini sesuka hati. Jika takut tersesat, ada beberapa orang lokal di sekitar area ini yang akan memberikan kamu petunjuk arah.

Danau ini juga tidak memiliki banyak fasilitas. Belum ada speedboat maupun wahana untuk dinaiki.

Terlepas dari kelemahan ini, kamu dapat menikmati pengalaman yang luar biasa baik di Pulau Samosir maupun di danau.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya