Comscore Tracker

Pesona Air Terjun Situmurun, Mengalir Langsung ke Danau Toba

Simak rute dan biaya menuju ke sana

Air Terjun Situmurun adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Air Terjun Situmurun memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter dan memiliki tujuh tingkat.

Air terjun ini berbeda dari air terjun pada umumnya. Jika biasanya air mengalir dari anak sungai dan jatuh dari tempat yang tinggi, sehingga membentuk persis di bawahnya seperti kolam, maka Air Terjun Situmurun langsung mengalir atau jatuh langsung ke Danau Toba.

Pesona ini juga bisa dinikmati oleh setiap pengunjung langsung dari atas kapal atau berenang langsung di sekitar aliran sungai.

 

 

1. Rute menuju Air Terjun Situmurun

Pesona Air Terjun Situmurun, Mengalir Langsung ke Danau TobaInstagram.com/travelmatesiantar

Bagi pengunjung yang datang dari Kota Medan atau dari Bandara Internasional Silangit, pengunjung bisa menuju Kota Parapat, Simalungun. Dari Kota Medan berjarak sekitar 4-5 jam. Sementara dari Bandara Silangit menempuh perjalanan sekitar 2 jam. 

Kemudian kamu bisa turun di Atsari Beach Hotel, di Pelabuhan Tigaraja dan pelabuhan Ajibata dengan menyewa kapal. Namun, ada baiknya jika kamu sudah memesan kapal terlebih dahulu agar lebih efektif dan tidak kehabisan. Waktu tempuh untuk sampai ke Air Terjun Situmurun adalah sekitar 45 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Janji: Info, Sejarah, dan Rutenya

2. Bisa berenang atau memancing

Pesona Air Terjun Situmurun, Mengalir Langsung ke Danau Tobainstagram.com/discovertobaofficial

Selain tempatnya yang indah, kamu bisa berenang di tempat ini. Namun sangat disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan area air terjun karena biasanya di sana perputaran airnya sangat kencang. Setiap kapal juga akan menyediakan jaket pelampung bagi penumpangnya.

Kamu juga bisa memancing di tempat ini dengan membawa peralatan memancing karena di lokasi ini. Tidak ada persewaan atau jual beli peralatan memancing. Biasanya untuk tiket masuk ke tempat ini tidak perlu membayar retribusi lagi karena sudah menjadi tanggung jawab kru.

Selain itu dekat dengan tempat ini kamu bisa menjajaki Silimalombu Ecovillage. Ini adalah desa wisata yang masih berada di kawasan Samosir, lebih tepatnya berlokasi di Desa Silimalombu, Silima Lombu, Onan Runggu, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Desa wisata ini sangat menjunjung tinggi keseimbangan alam sehingga jangan heran apabilakamu tidak menemukan tissue di dalam toilet.

3. Biaya yang harus dikeluarkan di Situmurun

Pesona Air Terjun Situmurun, Mengalir Langsung ke Danau TobaAir Terjun Situmurun (instagram.com/budi._27)

Akses menuju tempat ini hanya melalui transportasi air dari pelabuhan Ajibata ataupun Tiga Raja. Untuk menuju ke tempat ini biasanya dengan menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta tergantung kapasitas kapal. Satu kapal dapat menampung hampir 100 orang. 

Anda dapat berkunjung ke tempat ini secara rombongan sehingga biaya kapal tidak terlalu mahal.

Selain itu pengunjung dapat mengikuti tur dengan perahu, mengunjungi ecovillage Silimalombu, dan dapat merasakan kelezatan kuliner khas silimalombu, kemudian melihat hasil hutan silimalombu yang terkenal di dunia. Kemudian merasakan kesegaran air terjun situmurun yang mengarah langsung ke Danau Toba.

Kamu bisa mengambil paket tur dengan harga mulai dari Rp715.000 yang sudah dapat membawa Anda ke beberapa tempat di sekitar Desa Wisata Silimalobu.

Baca Juga: Info, Harga Tiket, Rute, dan Daya Tarik Air Terjun Pelaruga Binjai

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya