Comscore Tracker

Asyiknya Wisata Air Panas Aek Rangat di Pangururan Samosir

Dipercaya bisa sembuhkan penyakit

Pulau Samosir memiliki banyak destinasi liburan yang menarik. Jika Anda mencari liburan yang santai, Anda harus mengunjungi pemandian air panas. Di kaki bukit Pusuk Buhit terdapat beberapa sumber air panas alami. Air panas belerang ini secara alami terjadi karena Toba sebenarnya adalah gunung berapi, di mana mata air panas terbentuk secara alami.

Terletak di Gunung Pusuk Buhit, tempat pemandian air panas ini disebut sebagai Aek Rangat Pangururan. Pemandian air panas alami biasanya menghasilkan air dengan suhu yang sangat tinggi, itulah sebabnya penduduk setempat di Aek Rangat mencampur air panas dengan air dingin untuk mencapai suhu yang diinginkan.

1. Rute menuju ke Aek Rangat

Asyiknya Wisata Air Panas Aek Rangat di Pangururan SamosirWisata Aek Rangat Samosir (tripelaketoba.com)

Dari Medan, Anda harus menuju ke Kota Panguruan dengan menyeberangi danau menggunakan kapal feri. Begitu sampai di Tomok atau Tuktuk, Anda bisa langsung menuju ke Gunung Pusuk Buhit. Dibutuhkan sekitar 2-3 jam dengan kendaraan lokal.

Selama perjalanan ke sumber air panas, Anda dapat menikmati indahnya hutan pinus dan perbukitan hijau. Di Pusuk Buhit, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi pemandian air panas tersebut.

Baca Juga: Mengenal Tari Sigale-gale, Pengiring Upacara Kematian di Samosir

2. Dipercaya bisa menyembuhkan penyakit

Asyiknya Wisata Air Panas Aek Rangat di Pangururan SamosirWisata Aek Rangat (instagram/iamnickysek)

Penduduk setempat percaya bahwa mandi di sini dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Saking populernya, wisatawan lokal maupun mancanegara kerap datang ke lokasi ini. Penduduk setempat percaya bahwa mereka dapat menyingkirkan penyakit dengan air.

Air di pemandian air panas ini berasal dari gunung, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Air gunung ini pada dasaranya merupakan air belerang. Warnanya putih ke-abu-abuan. Pemandian air panas ini telah menjadi tempat pemandian umum sekarang.

Pemanfaatan air panas alami ini selalu dijaga oleh penduduk setempat agar tempat wisata ini dapat terawat dengan baik. Aek Rangat menjadi lebih populer dari waktu ke waktu. Ada beberapa kolam yang tersedia.

3. Ada berbagai kolam untuk dipilih berdasar suhunya

Asyiknya Wisata Air Panas Aek Rangat di Pangururan SamosirWisata Aek rangat Samosir (tripelaketoba.com)

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa kolam untuk dipilih. Masing-masing menawarkan suhu yang berbeda. Itu berarti Anda dapat memilih air hangat atau panas. Belum lagi ada beberapa kolam khusus untuk anak-anak dan wanita.

Untuk anak-anak, kolamnya dangkal dan hangat. Dengan begitu, anak-anak bisa nyaman saat mandi di kolam. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan kepada pengelola mengenai kolam tersebut. Pastikan Anda memilih yang tepat demi kenyamanan Anda dan keluarga.

Untuk pemula, kamu harus mengetahui beberapa hal sebelum pergi ke Aek Rangat. Misalnya, kamu tidak boleh menggunakan sabun saat mandi di kolam. Sabun tidak akan bekerja di air belerang. Pemandian air panas ini mengandung mineral alami seperti belerang dan sulfida. Sabun mengandung surfaktan dan ini tidak akan berguna dalam air belerang.

Setelah asyik bermain dan berendam di dalam air panas, biasanya pengunjung akan mencari tempat makan untuk mengisi perut atau sekedar minum teh dan kopi. Terdapat beberapa restoran yang bisa Anda pilih.

Baca Juga: Kisah Annette, Traveler Jerman yang Dirikan Tabo Cottages di Samosir

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya