Comscore Tracker

Pembukaan Sail Nias 2019, Menko Luhut: Ombak Nias Nomor 1 di Dunia

Sail Nias 2019 berlangsung hingga 16 September 2019

Nias Selatan, IDN Times - Rangkaian kegiatan Sail Nias 2019 resmi dibuka oleh Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (14/9).

Luhut bercerita bahwa Sail Nias ini merupakan rangkaian Sail yang ke-11 di Indonesia. Kali pertama digelar tahun 2009 di Bunaken.

"Dulu Sail ini digelar untuk mempercepat pembangunan daerah-daerah tertinggal. Sekarang penyelenggraan Sail saat ini untuk mendorong pariwisata di daerah penyelenggara," katanya.

Ia pun berharap dengan penyelenggaraan Sail Nias 2019 ini, Nias bisa berkembang pesat dalam hal pembangunan infrastruktur dan perekonomian.  

"Sebagai event bertaraf Internasional, salah satu yang paling membanggakan adalah ombak di Saroke merupakan yang terbaik di dunia untuk olahraga surfing. Untuk itu untuk warga Nias harus budayakan bersikap ramah dan jaga kebersihan. Jangan buang sampah plastik ke laut," jelas Luhut.

Ia pun menambahkan bahwa Sail Nias 2019 bukan menjadi awal namun menjadi proses setelah ini agar Nias terpopularkan. 

"Untuk itu kita mendukung Bowamataluo menjadi warisan dunia Unesco. Teluk dalam juga akan dijadikan sebagai kawasan strategis pariwisata Nasional," ungkap Luhut.

Sail Nias ini sudah dilaksanakan sejak 2 September 2019 hingga 16 September 2019. Berbagai kegiatan dilakukan. Di antarnya Festival Kuliner, Festival Kopi, Seminar Internasional, Surfing Pro Internasional yang diikuti 15 negara, serta banyak kegiatan lainnya.

Baca Juga: [BREAKING] Presiden Jokowi Batal Datang di Puncak Acara Sail Nias 2019

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You