Comscore Tracker

BPODT Tingkatkan Sports Tourism untuk Dongkrak Wisatawan ke Danau Toba

Tahun depan akan gelar event Triathlon

Samosir, IDN Times - Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) akan terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba. Salah satu upaya yaitu meningkatkan Sport Tourism dengan menggelar event olahraga tingkat nasional hingga internasional.

Direktur Utama (Dirut) BPODT, Arie Prasetyo mengatakan sangat mendukung kegiatan ekspedisi yang dilakukan oleh Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia dari Udara Rimba dan Laut (URaL) SMA Negeri 28 Jakarta dengan memilih Danau Toba sebagai lokasi ekspedisinya.

"Danau Toba memiliki lokasi yang baik, jadi kita perlu meningkatkan Sport Tourism atau Pariwisata Olahraga. Seperti tahun lalu kita sudah membuat acara bersepeda dan lari. Nah hari ini olahraga Kayak, dan ini cukup baik," kata Arie kepada IDN Times di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (7/7) sore.

1. Suksesnya ekspedisi kayak URaL 28 membuktikan perairan Danau Toba aman

BPODT Tingkatkan Sports Tourism untuk Dongkrak Wisatawan ke Danau TobaIDN Times/Fadli Syahputra

Menurut Arie, kegiatan ekspedisi Kayak, ini bisa menjadi pendorong untuk peningkatan Sport Tourism. Alasannya, olahraga air ini sudah banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara serta masyarakat umum.

"Hari ini kita menyaksikan atlet Kayak Pelajar URaL 28 sudah mengelilingi Danau Toba sejauh 135 kilometer dengan tagline Negeri Indah Kepingan Surga," ujar Arie.

Arie menerangkan, suksesnya ekspedisi kayak ini berarti membuktikan bahwa perairan Danau Toba aman untuk menggelar kegiatan Sport Tourism di perairan danau. Namun harus tetap mengikuti prosedur keamanan dan melihat kondisi cuaca.

"Kegiatan hari ini baik. Apalagi tahun lalu sempat ada kejadian kurang menyenangkan, yaitu tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun. Jadi kita perlu mengkampanyekan bahwa Danau Toba ini aman," jelas Arie.

Baca Juga: Atlet Kayak URaL 28 Jakarta Akan Promosikan Danau Toba Usai Ekspedisi

2. Ke depannya BPODT akan gelar event Triathlon

BPODT Tingkatkan Sports Tourism untuk Dongkrak Wisatawan ke Danau Tobalifestyle.abs-cbn.com

Arie mengungkapkan, Sport Tourism tidak hanya dilakukan di daratan saja. Namun bisa juga dilakukan di perairan danau tekto-vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara itu. Karena itu, BPODT akan menyiapkan event olahraga tingkat internasional pada tahun depan.

Arie mengaku bahwa pihaknya sekarang ini sudah menyusun konsep untuk menggelar Triathlon. Triathlon adalah olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga yakni, renang, lari sprint dan bersepeda. Event ini akan dijadikan dalam satu kompetisi dengan melibatkan atlet nasional dan internasional.

"Mudah-mudahan tahun depan Triathlon sudah bisa terselenggara. Untuk tempatnya tidak berubah yaitu di Samosir. Harapannya dengan suksesnya event ini Danau Toba dan ekonomi masyarakatnya bisa bangkit," harap Arie.

3. BPODT akan undang atlet dari Amarika Serikat dan Singapura saat Event Triathlon

BPODT Tingkatkan Sports Tourism untuk Dongkrak Wisatawan ke Danau TobaIDN Times/Fadli Syahputra

Arie menegaskan, bentuk keseriusannya untuk menggelar event olahraga internasional, ini pihaknya akan mengundang atlet Triathlon dari Amerika Serikat dan Singapura guna melihat lokasi untuk dijadikan venue berenang, bersepada dan berlari di Kabupaten Samosir.

"Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Nantinya, mereka akan berenang sekitar 2 kilometer. Jadinya, tidak jauh dari pesisir. Untuk lari tidak ada masalah. Kalau bersepada masih ada PR atau pekerjaan rumah yaitu soal jalan. Namun masalah itu sedang dikerjakan oleh Kementerian PU," tutup Arie.‎

Baca Juga: Targetkan Tembus Rekor MURI, Tim Kayak URaL 28 Jajal Danau Toba

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya