Resmi! Aji Santoso Pelatih PSPS Riau di Liga 2 Musim 2024-2025

Tolak tawaran beberapa klub di Liga 1 Indonesia

Pekanbaru, IDN Times - Aji Santoso resmi melatih PSPS Riau di Liga 2 Indonesia musim 2024-2025. Mantan pemain Timnas itu, lebih memilih PSPS Riau, meski banyak tawaran untuk melatih klub di Liga 1 Indonesia.

"Ada beberapa klub di Liga 1 (yang mengajak bergabung), tapi saya memilih PSPS Riau," ucap Aji Santoso dalam konferensi pers di sebuah hotel di Jalan Riau, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (10/6/2024).

"Pendekatan manajemen PSPS Riau ke saya itu sudah lama. Saat ditawarkan apa target mereka, saya terima untuk melatih PSPS Riau," sambungnya.

1. Target lolos Liga 1 Indonesia

Resmi! Aji Santoso Pelatih PSPS Riau di Liga 2 Musim 2024-2025Aji Santoso saat membicarakan targetnya untuk membawa PSPS Riau ke Liga 1 Indonesia (IDN Times/ Fanny Rizano)

Lebih lanjut dikatakan Aji Santoso, dirinya  mengaku telah mengenal lama dan memiliki kedekatan dengan CEO PSPS Riau Effendi Syahputra dan Manager Edward Riansyah. Dengan adanya hubungan yang baik tersebut, dirinya bersama manajemen PSPS Riau, menargetkan untuk lolos Liga 1 Indonesia pada musim depan.

"Berbagai pertimbangan dan keseriusan manajemen untuk lolos ke Liga 1 Indonesia membuat saya memutuskan melatih PSPS Riau ," katanya.

Pelatih kelahiran Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini juga menerangkan, kalau dirinya mencoba mengangkat kualitas dan prestasi PSPS Riau dengan meloloskan mereka ke Liga 1 Indonesia musim depan.

"Saya mencoba membantu mengangkat tim ini ke Liga 1. Meski tidak mudah dan berat, tapi keseriusan manajemen membuktikan dan meyakinkan saya untuk melatih klub ini," terangnya.

"Semoga dengan kehadiran saya disini dapat mengangkat prestasi dan kualitas pemain ke Liga 1 nantinya," sambungnya.

2. 4 sampai 6 orang pemain Liga 1 Indonesia bergabung ke PSPS Riau

Resmi! Aji Santoso Pelatih PSPS Riau di Liga 2 Musim 2024-2025Manager PSPS Riau Edward Riansyah (IDN Times/ Fanny Rizano)

Sementara itu, Manager PSPS Riau Edward Riansyah mengatakan, untuk musim 2024-2025 ini, pihaknya mengaku sudah mengantongi beberapa pemain dari Liga 1 Indonesia, yang nantinya akan bergabung ke PSPS Riau.

"Ada beberapa pemain 4 sampe 6 orang liga 1 bergabung ke PSPS. Mereka sudah berkomitmen kepada coach Aji. Sebenarnya, bukan pemain liga 1-nya, tapi kualitasnya yang memang cocok dengan coach," kata pria yang akrab disapa Edu itu.

"Cluenya pemain muda dan senior," sambungnya.

Dilanjutkannya, mulai hari ini hingga beberapa hari kedepan, coach Aji Santoso akan memimpin seleksi latihan terhadap pemain lokal di Provinsi Riau.

"Mulai hari ini coach Aji memimpin latihan seleksi pemain lokal. Nanti pemain-pemain PSPS tahun lalu juga ikut (latihan seleksi)," lanjutnya.

Coach Aji Santoso menambahkan, untuk pemilihan pemain, sepenuhnya ada ditangannya.

"Pemilihan pemain adalah hak prerogratif saya sebagai coach. Saya pastikan tidak ada pemain titipan," tambahnya.

3. Ini profil Aji Santoso

Resmi! Aji Santoso Pelatih PSPS Riau di Liga 2 Musim 2024-2025Pelatih PSPS Riau Aji Santoso (IDN Times/ Fanny Rizano)

Aji Santoso merupakan pelatih sepakbola sekaligus mantan pemain Timnas yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. sebelumnya, Aji Santoso pernah menangani Persebaya Surabaya, Persema Malang dan Persisam Putra Samarinda.  

Aji Santoso juga merupakan mantan pemain Arema Malang, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Persema Malang, dan Timnas Indonesia. 

Sebagai pemain sepakbola, Aji Santoso berposisi sebagai pemain belakang, khususnya pada sektor pertahanan. Aji Santoso yang berposisi sebagai bek kiri dalam bermain, juga aktif dalam membantu serangan. 

Dia pernah ditunjuk menjadi pelatih mantan klub semasa dia bermain, Persebaya Surabaya untuk babak play off Liga Super Indonesia 2009. Sebelum menangani Persebaya, ia juga mengarsiteki Persik Kediri.

Aji Santoso juga pernah menjadi pelatih Timnas U-22 pada tahun 2012 dan menjadi asisten pelatih U-23 pada tahun 2011 sampai tahun 2013, mendampingi Rahmad Darmawan. Kemudian Aji Santoso menangani Timnas U-23 di tahun 2014 hingga 2015.

Selanjutnya, Aji juga ditunjuk untuk membina pemain Persebaya FC sejak awal musim 2017. Di sisa musim kompetisi Liga 1 2019, Aji Santoso ditunjuk kembali menjadi pelatih kepala untuk Persebaya.

Aji juga bermain untuk Indonesia untuk berbagai ajang kejuaraan internasional. Bahkan prestasinya terbilang sensasional. Namanya semakin dikenal setelah ikut mempersembahkan medali emas SEA Games tahun 1991.

Masa keemasan sebagai pemain nasional, dibukukan Aji dalam kurun waktu 1990-1999. la tercatat sebagai pemain yang tiga kali mempersembahkan gelar juara kompetisi PSSI, yakni untuk Arema (1992/ 1993), Persebaya Surabaya (1997/ 1998), dan PSM Makassar (1999/ 2000).

Baca Juga: Tim Sepak Bola Putra Sumut Bertolak TC ke Jawa, Ini 25 Nama Pemainnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya