Comscore Tracker

Yuk Intip! Perjalanan Semifinalis Liga 3 Sumut, Siapa Terkuat?

Dua tim berstatus debutan

Medan, IDN Times - Semifinalis Liga 3 Sumatera Utara akan mulai bertarung dengan format kandang dan tandang. Para juara grup lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada leg 1, sebelumnya laga leg 2 di kandang lawannya. Hanya ada 3 tim nantinya yang akan melaju ke babak regional Sumatera.

Untuk jadwal, Karo United (juara grup F) akan menjamu PSDS (runner up grup G) di Stadion Samura, Kabanjahe, Selasa (24/9). Leg 2, giliran PSDS sebagai tuan rumah di Stadion Baharoeddin Siregar, Kamis (26/9).

Sementara, PS Bhinneka (juara grup G) akan menjamu Batak United (runner up grup F) di Stadion Pancing, Selasa (24/9). Leg 2, giliran Batak United sebagai tuan rumah yang rencananya digelar di Stadion Serbaguna Tarutung, Kamis (26/9). Sebelum semifinal, mari intip perjalanan keempat tim di babak 10 besar!

1. Karo United

Yuk Intip! Perjalanan Semifinalis Liga 3 Sumut, Siapa Terkuat?Instagram.com/karounitedfc

Karo United salah satu debutan terbaik di Piala Soeratin tahun ini. Karo United mampu tampil dengan 100 persen kemenangan. Sayangnya ternoda di laga terakhir setelah ditumbangkan USU. Namun tak memengaruhi kelolosan.

Status juara Grup C pada babak penyisihan, membuat langkah Karo United tak terbendung ke babak 10 besar. Karo United yang diasuh Ansyari Lubis ini kembali menjadi tuan rumah di Stadion Samura, Kabanjahe. Dari empat laga, Karo United menang 3 kali sehingga mengumpulkan 9 poin sebagai juara grup F.

Keberadaan Ansyari Lubis sebagai juru taktik bisa menjadi tuah tersendiri bagi Laskar Simbisa, julukan Karo United. Sudah tiga kali beruntun Uwak, sapaan akrabnya meloloskan timnya ke zona nasional. Bahkan Aceh United dibawanya promosi ke Liga 2. Tahun lalu PSDS dibawanya menjadi juara Liga 3 Sumut namun sayangnya terhenti di regional Sumatera. Bagaimana tahun ini?

- Perjalanan Karo United di babak 10 besar:

Karo United 3-0 Polres Deli Serdang

karo United 2-0 Tanjung Balai United

Karo United 3-0 Batak United

Karo United 0-1 PS Keluarga USU

2. PS Bhinneka

Yuk Intip! Perjalanan Semifinalis Liga 3 Sumut, Siapa Terkuat?IDN Times/Hasudungan

Status juara Grup A pada babak penyisihan, membuat PS Bhinneka semakin percaya diri menatanp babak 10 besar. Kembali menjadi tuan rumah yang kali ini dimainkan di Stadion Pancing, anak asuh Imam Faisal ini tampil sempurna dengan memborong 4 kemenangan di semua laga, sekaligus juara grup G.

Tahun lalu Bhinneka juga berhasil lolos dari zona Sumut saat juga berstaus debutan. Mereka lolos dengan status peringkat ketiga. Tahun ini Bhinneka berpeluang mengakhirinya lebih baik jika mampu melewati Batak United.

Dibesut Imam Faisal, Bhinneka diperkuat beberapa pemain berpengalaman seperti Dikky Yudistia dan Ricky Kurniadi. Mereka juga punya beberapa pemain Papua yang cepat.

Perjalanan PS Bhinneka di babak 10 besar:

PS Bhinneka 1-0 Persesi Siantara

PS Bhinneka 2-1 Bansar FC Gebang

PS Bhinneka 5-1 Poslab Labuhan Batu

PS Bhinneka 1-0 PSDS

Baca Juga: Bantai Poslab, Bhinneka Berebut Juara Grup G dengan PSDS

3. PSDS Deli Serdang

Yuk Intip! Perjalanan Semifinalis Liga 3 Sumut, Siapa Terkuat?IDN Times/Hasudungan

PSDS finish sebagai runner up Grup B pada babak penyisihan, sekaligus mendampingi Polres Deli Serdang di babak 10 besar. Bermain di gup G, PSDS kembali menempati urutan kedua. Tim asuhan Dosman Sagala ini mengumpulkan 7 poin dari 4 laga.

PSDS berstaus juara bertahan dua tahun beruntun di Liga 3. Tahun lalu mereka gagal di babak regional. Dua tahun lalu mereka gagal di babak nasional. Tentu tahun ini PSDS bertekad mempertahankan gelar dan melewati babak nasional demi promosi ke Liga 2.

Dibesut Dosman Sagala, tim berjuluk Traktor Kuning ini punya kedalaman skuat yang merata. Terbukti dari komposisi tim setiap tampil, Dosman selalu merotasi skuatnya. Setelah itu di babak 10 besar, PSDS hanya kebobolan satu gol dan paling produktif dengan koleksi 9 gol.

Perjalanan PSDS di babak 10 besar:

PSDS 0-0 Bansar FC Gebang

PSDS 5-0 Poslab Labuhan Batu

PSDS 4-0 Persesi

PSDS 0-1 PS Bhinneka

4. Batak United

Yuk Intip! Perjalanan Semifinalis Liga 3 Sumut, Siapa Terkuat?instagram/batakunited

Batak United tampil sebagai runner up Grup D pada babak penyisihan, sekaligus mendampingi Persesi di babak 10 besar. Pada babak ini tepatnya Grup F, Batak United kembali runner up dengan 7 poin, unggul head to head atas PS Keluarga USU.

Sama seperti Karo United, mereka berstatus debutan. Batak United akan menggunakan stadion di Tapanuli Utara untuk kandangnya nanti.

Batak United dibesut Dasrul Bahri. Selain itu ada beberapa pemain Medan yang bergabung dalam tim seperti Ridho Kalfi. Meski tidak diunggulkan Batak United terbukti mampu beberapa kali keluar dari lubang jarum. Semua ditentukan di laga terakhir.

Perjalanan Batak United di babak 10 besar:

Batak United 1-0 Polres Deli Serdang

Batak United 2-1 PS Keluarga USU

Batak United 0-3 Karo United

Batak United 2-2 Tanjung Balai United

Baca Juga: Liga 3 Sumut, Batak United Rebut Tiket Terakhir Semi Final

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya