Tampil Gemilang Kontra PSPS, Kiper PSDS Layak Jadi Man of the Match

Halim menurunkan kiper yang paling siap

Medan, IDN Times- Kemenangan PSDS atas PSPS dengan skor 3-0 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubukpakam tak lepas dari performa apik lini belakang. Termasuk performa ciamik sang kiper Rafli Mahreza.

Rafli tampil apik dan setidaknya melakukan lebih dari 4 penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawang PSDS. Para penyerang PSPS termasuk legiun asing Lee Min Woo. Terbukti PSDS menang dan gawangnya cleansheet.

Pelatih PSDS Susanto tak menampik Rafli layak jadi man of the match sore itu."Iya benar," kata Susanto.

Kegemilangan Rafli juga bikin PSPS frustrasi. Pelatih PSPS Jan Bonardin Saragih mengakui jika peluang mereka kerap mentah, termasuk oleh penjaga gawang lawan.

"Kita ada eberapa peluang yang bersih bisa dikonversikan menjadi gol. Beberapa peluang putus di jalan maupun penjaga gawang. Kita ciptakan peluang bertubi-tubi, kalau tidak jadi bisa bikin gol ya jelas kalah," kata Pelatih PSPS Jan Saragih.

1. Rafli sudah turun di dua laga bersama PSDS

Tampil Gemilang Kontra PSPS, Kiper PSDS Layak Jadi Man of the MatchAksi kiper PSDS Rafli Mahreza di Stadion Baharoeddin Siregar, Deli Serdang, Minggu (17/9/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Rafli Mahreza sejauh ini sudah dipercaya tampil di dua laga bersama PSDS. Saat laga perdana kontra Semen Padang, Rafli juga dipasang. Sayangnya PSDS kalah 0-2.

"Memang dari pandangan banyak teman-teman, selain pertahanan fokus, dia lebih bagus dari penampilan sebelumnya," kata Pelatih kiper PSDS Muhammad Halim saat dihubungi IDN Times, Senin (18/9/2023).

Halim sendiri awalnya mengaku sempat ragu menurunkan Rafli. Namun kerja keras saat latihan membuat Halim memilih mantan kiper PSC Cilacap itu.

"Awal-awal sempat ragu juga dengan menurunkan dia. Tinggal kesiapan saja di kiper-kiper PSDS ini. Melihat belakangan terakhir latihan dia menunjukkan latihan maksimal bagus makanya kita pasang dia. Dia fokus dan konsentrasi," kata mantan kiper PSMS, Persib dan Persebaya itu.

Baca Juga: PSDS Raih Kemenangan Perdana di Liga 2, Gilas PSPS Riau 3-0

2. PSDS daftarkan 5 kiper di Liga 2

Tampil Gemilang Kontra PSPS, Kiper PSDS Layak Jadi Man of the MatchAksi kiper PSDS Rafli Mahreza di Stadion Baharoeddin Siregar, Deli Serdang, Minggu (17/9/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

PSDS sendiri punya banyak stok kiper. Ada Pualam Bahri, Fuad Hasan, Jufriyanto dan Fahri. Dua nama terakhir berstatus kiper muda. Namun semuanya didaftarkan ke PT LIB.

"Sebelumnya saat Edy Rahmayadi Cup saya coba semua, Pualam, Fuad, Jufriyanto. Tapi kemudian Rafli ini datang setelah turnamen dan ditawarkan manajemen. Akhirnya kita rekrut dan daftarkan semuanya," tambahnya.

Menurut Halim adanya 5 kiper memang cukup banyak untuk PSDS. Namun menurutnya tak masalah. "Untuk Jufriyanto dan Fahri masih muda. Gak masalah, untuk regenerasi karena PSDS suka membina pemain muda," bebernya.

3. Posisi starter tergantung kerja keras dalam latihan

Tampil Gemilang Kontra PSPS, Kiper PSDS Layak Jadi Man of the MatchEkspresi striker PSPS Rocky usai gagal membobol gawang kiper PSDS Rafli Mahreza di Stadion Baharoeddin Siregar, Deli Serdang, Minggu (17/9/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Halim meminta semua kipernya bekerja keras dalam pertandingan dan latihan. Hal itu yang jadi alasan dirinya menurunkan saat pertandingan.

"Sekarang yang siap saja. Dalam latihan bagus. Bagi saya tidak ada istilah rotasi. Siapa yang siap saja. Dalam pertandingan dan latihan bagus. Walaupun inti.Bisa dicadangkan," pungkasnya.

Baca Juga: Duel PSDS Vs PSPS: Hati-hati Tamu Ingin Hapus Memori Buruk

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya