Resmi! Ridwan Saragih Gantikan Reswandi Jadi Pelatih PON Sumut

Eks Pelatih PSDS Susanto jadi asisten pelatih

Medan, IDN Times- Selain melakukan perombakan skuat menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Asprov PSSI Sumut melakukan pergantian pelatih. Reswandi yang sejak awal ditunjuk menjadi pelatih sepak bola PON Sumut resmi digantikan mantan Pelatih PSMS dan PSPS Ridwan Saragih.

Sebelumnya Asprov lebih dulu menunjuk Mulyadi Simatupang sebagai High Performance Direction (HPD) untuk sepakbola putra/putri dan futsal putra/putri PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 melalui Surat Keputusan Nomor: 05/SKEP-PLTKET/III-2024 tanggal 20 Maret 2024. 

1. Ridwan dibantu Eks Pelatih PSDS Susanto sebagai asisten pelatih

Resmi! Ridwan Saragih Gantikan Reswandi Jadi Pelatih PON SumutPelatih PSDS Susanto menyatakan mundur usai kalah dari Persiraja (IDN Times/Doni Hermawan)

Ridwan Saragih awalnya ditunjuk menjadi direktur teknik. Dia juga terlibat dalam seleksi pencarian pemain. Kemudian Ridwan ditugaskan memimpin pemusatan latihan dibantu asisten Susanto, pelatih fisik Rifki, dan pelatih kiper Dede Pranata. Ini berarti pergantian di seluruh staf kepelatihan.

Mulyadi selaku HPD yang ditunjuk Asprov Sumut mengatakan, saat ini 30 pemain yang merupakan hasil rekomendasi tim talent scouting menjalani TC dan berlatih di Sei Karang.

"Direncanakan selain TC di Sei Karang juga akan dilakukan TC di Pulau Jawa,” kata Mulyadi.

2. Tersisa 12 pemain baru dan ditambah 18 pemain baru

Resmi! Ridwan Saragih Gantikan Reswandi Jadi Pelatih PON SumutDuel tim PON Sumut hadapi Labura Hebat di Stadion TD Pardede, Sabtu (6/4/2024) (Legob for IDN Times)

Diketahui Asprov PSSI Sumut sejak menunjuk Plt Arya Sinulingga melakukan seleksi dengan melibatkan talent scouting yang dipimpin Pelatih Timnas U-20 Indra Sjafri. Kemudian para pemain seleksi itu sempat digabungkan dengan skuat yang sudah lebih dulu dipimpin Reswandi.

Kemudian dilakukan pencoretan karena nama-nama sudah harus didaftarkan 7 Mei 2024. Hasilnya tersisa 12 pemain dari pemain sebelumnya dan 18 pemain baru hasil seleksi.

 

3. Nama-nama skuat putra dan putri PON Sumut sudah didaftarkan

Resmi! Ridwan Saragih Gantikan Reswandi Jadi Pelatih PON SumutMulyadi Simatupang (Dok.Istimewa)

Mantan Manajer PSMS Medan ini mengatakan sudah berkoordinasi dengan KONI Sumatera Utara untuk kemudian mengirimkan daftar nama-nama seluruh cabang olahraga ke pusat sebelum 7 Mei 2024.

“Hasil seleksi yang direkomendasikan oleh talent scouting sebanyak 30 orang yang terdiri dari 12 orang merupakan pemain PON sebelumnya (pemain PON sebelumnya 32 orang) artinya ada 20 orang degradasi. Sedangkan 18 orang lagi merupakan pemain baru yang direkomendasi talent scouting yang berasal dari klub Liga 3 asal Sumut maupun klub lainnya,” jelasnya.

Sementara untuk tim sepakbola putri, persiapan terus berlanjut di bawah manajer Armen Margolang di Kabupaten Asahan (Kisaran). Persiapan untuk sepakbola putri tidak mengalami perubahan signifikan karena potensi sepakbola putri di Sumatera Utara masih tergolong minim.

Baca Juga: Dipimpin Indra Sjafri, 322 Pemain Ikuti Seleksi Tim PON Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya