Putra Sumut Ini akan Perkuat Timnas Indonesia di ASEAN Deaf Football

Kejuaraan antar timnas tuna rungu di Kuala Lumpur 2022

Tim nasional Indonesia akan kembali berlaga di ajang ASEAN Deaf Football Championship 2022. Ini merupakan turnamen antara penyandang tuna rungu di wilayah Asia Tenggara yang rencananya digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 20-27 November 2022 mendatang.

Sumatra Utara turut menyumbangkan pemainnya di ajang ini. Adalah Suriadi yang dipercaya untuk memperkuat timnas tuna rungu di ajang ini.

1. Saat 2016, Suriadi bawa Indonesia ke semi final

Putra Sumut Ini akan Perkuat Timnas Indonesia di ASEAN Deaf FootballTimnas Indonesia di ASEAN Deaf Football Championship 2016 (Dok.IDN Times/istimewa)

Pemain berusia 33 tahun ini mengatakan bertekad membawa timnas Indonesia menjadi finalis tahun depan. "Saya ingin bawa Indonesia ke final," ucap Suriadi saat ditemui di Medan, Sabtu (11/12/2021). 

Pemain kelahiran 8 Agustus 1988 ini juga turut memperkuat timnas Indonesia pada kejuaraan ASEAN Deaf 2016 lalu. Saat itu Indonesia berhasil menembus empat besar. Saat itu timnas tunarungu Indonesia menembus semi final setelah jadi runner up Grup A. Mereka tergabung bersama Thailand, Kamboja, Laos. Tim Merah Putih meraih 6 poin di ajang itu.

"Ini kedua kalinya saya perkuat Indonesia. Tentu ingin bawa Indonesia lebih jauh lagi dari 2016," kata Suriadi.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap PSMS di Babak 8 Besar Liga 2 2021

2. Suriadi terpilih setelah ikut seleksi di Jakarta

Putra Sumut Ini akan Perkuat Timnas Indonesia di ASEAN Deaf FootballSuriadi saat perkuat Timnas Indonesia di ASEAN Deaf Football Championship 2016 (Dok.IDN Times/istimewa)

Suriadi bercerita, bagaimana awalnya ia bisa masuk memperkuat timnas. Saat itu ia mengetahui ada seleksi di Jakarta. "Seleksinya di GOR Ragunan. Saya ikut dan saya bersyukur kembali terpilih," kata pemain jebolan SSB Bina Remaja Medan ini. 

Tahun ini timnas Indonesia Deaf masih dibesut Akash Natani yang juga menangani timnas tahun 2016 lalu

3. Timnas akan berangkatkan 20 pemain

Putra Sumut Ini akan Perkuat Timnas Indonesia di ASEAN Deaf FootballSuriadi (kiri) pemain timnas Indonesia di ajang ASEAN Deaf Football (IDN Times/Doni Hermawan)

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Tuna Rungu ini akan berangkat dengan 20 pemain dan 6 orang Official. Tim yang berangkat diperoleh melalui proses seleksi yang dilakukan secara terbuka dan bertahap. Peserta seleksi mayoritas merupakan pemain-pemain dengan berbagai prestasi nasional sebelumnya.

Proses seleksi dan pembinaan berlangsung selama waktu total sekitar 4 bulan. Seluruh proses seleksi dilakukan tanpa dikenakan biaya.

Selain itu tim membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan selain dari sponsorship dibutuhkan donasi dari yang peduli.

Baca Juga: Dihina di Media Sosial, Eks PSMS Saktiawan Sinaga Lapor ke Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya