Prriiittt! Liga 3 Sumut dan Piala Soeratin Kick Off Bulan September

Pendaftaran secara online dan bayar iuran Rp6 juta per tahun

Medan, IDN Times - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Utara menggelar Workshop Liga 3 dan Piala Soeratin di Aula Wisma USU, Selasa (16/7).

Kegiatan tersebut digelar untuk membahas persiapan kompetisi tersebut, terutama Liga 3 Sumut yang rencananya bergulir September mendatang.

Adapun untuk Piala Soeratin tahun ini, Asprov PSSI Sumut menggelar untuk tiga kelompok umur sekaligus, yakni kelompok umur 17 tahun (kelahiran Januari 2002), 15 tahun (Januari 2004), dan 13 tahun (Januari 2006).

Baca Juga: Piala Kapolsek Beringin, Jadi Ajang Pemanasan Bagi Kontestan Liga 3

1. Target prestasi hingga nasional

Prriiittt! Liga 3 Sumut dan Piala Soeratin Kick Off Bulan SeptemberDok.IDN Times/istimewa

Workshop Liga 3 dan Piala Soeratin dibuka Exco Prof Fidel Ganis Siregar mewakili Ketua Asprov PSSI Sumut, Kodrat Shah. 

Pihaknya berharap pelaksanaan Liga 3 dan Piala Soeratin tingkat Provinsi Sumut tahun ini dapat berlangsung sukses dan tim wakil Sumut nantinya mampu meraih prestasi di tingkat Regional dan Nasional.

"Kami harapkan juga workshop ini bisa membahas tuntas terkait regulasi kompetisi. Jangan sampai yang sudah dibahas dan disepakati dalam workshop menjadi permasalahan di luar. Klub-klub harus patuhi bersama regulasi kompetisi," ucap Prof Fidel.

Sementara Wakil Ketua Asprov PSSI Sumut sekaligus Ketua Panitia Workshop, Bagja Suihan berharap kompetisi Liga 3 dan Piala Soeratin Provinsi Sumut dapat memunculkan pemain-pemain berkualitas sehingga diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia.

2. Pendaftaran peserta Liga 3 sistem online

Prriiittt! Liga 3 Sumut dan Piala Soeratin Kick Off Bulan SeptemberIDN Times/Doni Hermawan

Sekum Asprov PSSI Sumut, Fityan Hamdy mewakili Komite Kompetisi Liga 3 dan Piala Soeratin, Hendra DS menjelaskan untuk penyerahan berkas pendaftaran keikutsertaan klub (Form A1-A4) Liga 3 diterima panitia pada 17-24 Juli.

"Untuk pendaftaran tim peserta Liga 3 sudah sistem online sesuai regulasi PSSI. Jadi klub-klub peserta Liga 3 yang ingin mendaftarkan klubnya bisa langsung mengirimkan berkasnya ke email sumut@pssi.org," jelas Fityan.

Sistem pendaftaran online ini diharapkan nantinya, Sumut bisa diwakili tiga klub ke babak Regional Sumatera.

"Kalau dipaksakan sistem offline, hanya satu klub Sumut yang ke babak regional," tambahnya.

3. Pendaftaran peserta Piala Soeratin masih sistem offline

Prriiittt! Liga 3 Sumut dan Piala Soeratin Kick Off Bulan SeptemberIDN Times/Doni Hermawan

Lanjut Fityan, untuk Piala Soeratin U-17 penyerahan berkas pendaftaran pada 17-28 Juli. Kick-off direncanakan 8 September.

Untuk Piala Soeratin, sistem pendaftaran masih offline dan hanya tim juara tingkat Sumut saja akan langsung tampil di babak Nasional.

Untuk Piala Soeratin U-15 dan U-13, kompetisi lebih dulu digelar Askab/Askot yang sudah harus rampung paling lambat akhir Agustus. Selanjutnya tim finalis berhak tampil di putaran provinsi yang akan digelar pada September.

4. Berikut regulasi soal pemain

Prriiittt! Liga 3 Sumut dan Piala Soeratin Kick Off Bulan September

Fityan menjelaskan, tim peserta Liga 3 merupakan klub atau pun calon anggota PSSI yang mendapat pengesahan administrasi pendaftaran sebagai calon anggota PSSI pada Kongres Tahunan Asprov dan atau Rapat Exco. Untuk pemain Liga 3 adalah kelahiran per 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 2001. Tim Liga 3 juga diperkenankan mendaftarkan lima pemain senior. Jumlah pemain minimal 18 dan maksimal 30 pemain yang semuanya berstatus amatir.

"Pemain yang sudah terdaftar di Liga 1, Liga 2, Liga 1 U-20 tidak dapat bermain di Liga 3 pada tahun yang sama. Pemain Liga 1 dan Liga 2 pada tahun sebelumnya jika ingin bermain di Liga 3 pada musim sedang berjalan harus beralih status ke amatir sesuai regulasi status dan transfer edisi terakhir," jelas Fityan.

Baca Juga: PSMS Kehilangan Al Hadji, Dua Pemain Ini Siap Jadi Opsi Pengganti

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya