PON 2021: Sumut Hadapi Papua dan Aceh di 6 Besar Sepak Bola

Meski kalah dari Jatim, Sumut tetap melaju

Medan, IDN Times - Tim sepak bola Sumatra Utara (Sumut) memastikan tiket ke babak enam besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Meski kalah dari Jawa Timur 0-2, di Stadion Mahacandra Uncen, Jayapura, Senin (4/10/2021), tim besutan Colly Misrun lolos dengan posisi runner up.

Dua gol kemenangan Jawa Timur diceploskan Rezki Renaldy El Has di menit 28 dan Muhammad Faisol Yunus di menit 80. Dalam laga ini, pemain Sumut Kevin Armedya Nur Erwihas mendapat kartu merah di menit 30 setelah di menit 10 dihadiahi wasit kartu kuning pertama. Dengan demikian, Kevin tidak bisa memperkuat tim dalam satu laga.

1. Kemenangan Sulsel atas Jawa Tengah turut andil atas kelolosan Sumut

PON 2021: Sumut Hadapi Papua dan Aceh di 6 Besar Sepak BolaSulsel saat kalahkan Jateng (Dok.PB PON Papua)

Keberhasilan Sumut ke 6 Besar juga tidak terlepas hasil pertandingan Grup B lainnya, yakni Sulawesi Selatan vs Jawa Tengah yang berakhir dengan kemenangan Sulsel 2-1.

Sebelum pertandingan ketiga atau terakhir babak penyisihan Grup B berlangsung, Sumut (4 poin) dan Jateng (1 poin) sama-sama punya peluang lolos fase grup. Sumut butuh hasil imbang, sedangkan Jateng wajib menang untuk bisa lolos.

Namun di luar dugaan, Jateng justru menelan kekalahan atas Sulsel, sehingga hasil itu menguntungkan Sumut yang secara otomatis lolos walau kalah dari Jatim.

Jatim tampil sebagai juara grup dengan poin sempurna (9), Sumut menjadi runner-up dengan empat poin, diikuti Sulses meraih 3 poin dan Jateng menjadi juru kunci klasemen akhir Grup B dengan raihan 1 poin.

Baca Juga: Besok Hadapi Jateng, Sepak Bola Sumut Incar Awal Manis di PON Papua

2. Colly Misrun syukuri keberhasilan timnya lolos

PON 2021: Sumut Hadapi Papua dan Aceh di 6 Besar Sepak BolaPelatih PON Sumut, Colly Misrun (IDN Times/Doni Hermawan)

Pelatih Sumut, Colly Misrun menyukuri capaian ini. Sumut memperbaiki rekor buruk setelah gagal lolos penyisihan pada PON 2016. Meskipun dia sedikit kecewa dengan kekalahan timnya.

"Kita lolos ke 6 Besar patut disyukuri. Tapi kekalahan atas Jatim harusnya bisa dihindari kalau anak-anak bisa bermain lebih tenang dan lebih percaya diri. Tadi pemain kita betul-betul kalah mental," beber Colly.

Colly mengaku sudah instruksikan ke pemain untuk bermain lebih berani menyerang, tapi malah tim lawan yang lebih banyak memberikan tekanan. Untuk itu, fokus selanjutnya tim pelatih adalah membenahi mental pemain.

"Tadi pemain kita Kevin juga dapat kartu merah. Harusnya itu tidak terjadi kalau Kevin lebih bersabar, tidak terbawa emosi. Begitupun, kita apresiasi perjuangan semua pemain sehingga bisa lolos fase grup. Tiga laga yang sudah kita lalui jadi bahan evaluasi untuk menghadapi lawan berikutnya," ucap Colly.

3. Sumut hadapi Papua dan Aceh di enam besar

PON 2021: Sumut Hadapi Papua dan Aceh di 6 Besar Sepak BolaTim sepak bola Aceh usai mengalahkan Kaltim (Dok.IDN Times/PB PON Papua)

Sesuai hasil pengundian, di babak 16 Besar Sumut tergabung di Grup D bersama tuan rumah Papua dan Aceh. Sumut akan melakoni laga pertama babak 6 Besar dengan menghadapi Aceh pada 8 Oktober di Stadion Mandala Kota Jayapura.

Sedangkan Grup E dihuni Jawa Timur, Jawa Barat dan Kalimantan Timur. Nantinya tim juara dan runner-up masing-masing grup berhak melaju ke babak semifinal yang akan digelar pada 12 Oktober.

Baca Juga: PON Papua: Wushu Raih 5 Emas, Perak dan Perunggu untuk Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya