Comscore Tracker

Pesta Gol, Tuak FC Juarai Kejohanan Bola Merdeka Sabah Piala SMJ

Kalahkan Sabah 5-0 di final

Medan, IDN Times- Indonesia yang diwakili Tuak FC memastikan gelar juara turnamen internasional bertajuk "Kejohanan Pesta Bola Merdeka Sabah Piala SMJ 2022" yang berakhir di Stadion Likas, Kinabalu, Sabah, Malaysia, Minggu (18/9/2022) malam.

Di final, Edu Juanda dkk mengalahkan tuan rumah Sabah dengan skor telak 5-0. Tuak FC juga memborong beberapa gelar individu seperti top skor, pemain terbaik hingga kiper terbaik.

1. Tampil menggebrak sejak awal

Pesta Gol, Tuak FC Juarai Kejohanan Bola Merdeka Sabah Piala SMJTuak FC meraih gelar juara di Pesta Bola Merdeka Sabah Piala SMJ di Stadion Likas, Kinabalu, Sabah, Malaysia (Dok.Istimewa)

Tuak FC menurunkan skema yang tak jauh berbeda dengan semi final. Dengan Sofyan di bawah mistar, perubahan hanya ada di lini pertahanan. Tanpa Purnomo yang terkena sanksi kartu merah, Tuak FC menurunkan Gunawan, Irwanto, Azhari dan Alexander. Di tengah bercokol Affan Lubis, Alberto Watori, Edu Juanda dan Ariel Gutierez. Di depan masih mengandalkan Agus Subono dan Ardi Mulyono.

Hasilnya Tuak FC langsung menggebrak sejak awal. Ardi Mulyono mengawali pesta gol Tuak FC malam itu. Bahkan mantan pemain PSMS yang akrab disapa Wiro itu menggila dengan mencetak dua gol tambahan hingga menggenapi hattricknya malam itu.

Edu Juanda kemudian menambah lagi dua gol Indonesia malam itu hingga skor akhir 5-0.

Baca Juga: Dramatisnya Kemenangan Perdana PSDS di Liga 2, Tumbangkan PSPS 2-1

2. Borong gelar di turnamen

Pesta Gol, Tuak FC Juarai Kejohanan Bola Merdeka Sabah Piala SMJAlbert Watori dari Tuak FC meraih best player Pesta Bola Merdeka Sabah Piala SMJ di Stadion Likas, Kinabalu, Sabah, Malaysia (Dok.Istimewa)

Dengan gelar juara ini Tuak FC Indonesia meraih uang hadiah RM 120 ribu. Selain itu semakin sempurna setelah Edu Juanda diganjar gelar top skor dengan torehan 5 gol. Albert 'Bello' Watori juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen dengan performa ciamiknya.

Sementara Sofyan yang tampil gemilang di bawah mistar diganjar penghargaan kiper terbaik di turnamen. 

Kemenangan ini menebus kegagalan pada 2019 lalu. Saat itu Tuak FC harus puas di peringkat ketiga setelah kalah adu penalti dari Thailand.

3. Bersyukur dan motivasi untuk agenda internasional lainnya

Pesta Gol, Tuak FC Juarai Kejohanan Bola Merdeka Sabah Piala SMJTuak FC menjuarai Pesta Bola Merdeka Sabah Piala SMJ di Stadion Likas, Kinabalu, Sabah, Malaysia (Dok.Istimewa)

Pelatih Tuak FC, Hasbi "Ten Hag' berterima kasih atas kerja keras para pemain. Menurutnya ini turnamen yang tak mudah. Sebelumnya Tuak FC yang mewakili Indonesia mengalahkan Selangor 3-2 di laga awal, tuan rumah Sabah SMJ 6-5 (2-2) lewat adu penalti.

"Sejak awal pertandingan tak pernah mudah. Klimaksnya hari ini para pemain bermain lepas hingga kita berhasil menang besar. Kami bersyukur bisa mengharumkan nama Indonesia di turnamen ini. Apalagi banyak juga suporter yang datang mendukung kami," kata Hasbi.

Sementara Manajer Tuak FC, M Arief Fadhillah mengatakan gelar ini menambah rentetan prestasi Tuak FC di turnamen internasional. Sebelumnya mereka meraih juara di Penang, Malaysia dan Vietnam. 

"Tentu gelar juara ini jadi motivasi kami untuk mengikuti turnamen-turnamen internasional lainnya. Terima kasih untuk semua dukungan baik di stadion maupun dari Medan dan daerah lainnya," kata Arief.

Baca Juga: Tumbangkan Sabah SMJ Lewat Adu Penalti, Tuak FC Indonesia ke Final 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya