Pertama kali Dalam Sejarah, Semua Tim Inggris di Final Eropa

Emery empat kali ke final

Kesuksesan Liverpool dan Tottenham Hotspur bersua di final Liga Champions ternyata diikuti jejaknya oleh dua tim Inggris lain. Arsenal dan Chelsea memastikan tiket ke final Liga Eropa dan mewujudkan derby London di final.

Arsenal lolos setelah menumbangkan Valencia dengan skor 4-2 di Mestalla, kandangnya Valencia, Jumat (10/5) dini hari. Tiga gol Arsenal di laga itu dicetak Pierre-Emerick Aubameyang (menit 17, 69, dan 88). Satu gol lain diciptakan Alexandre Lacazette (50). Adapun dua gol Valencia diceploskan Kevin Gameiro (11 dan 58).

Sementara Chelsea lolos dengan susah payah setelah harus melewati adu penalti atas Eintracht Frankfurt setelah bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge. Gol Chelsea dicetak Ruben Loftus-Cheek menit ke-28 yang dibalas gol Luka Jovic menit ke-49.

Saat adu penalti, bek Chelsea Cesar Azpilicueta sempat gagal menunaikan tugasnya. Namun Frankfurt lebih sial setelah dua pemainnya Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia gagal penalti.

Berikut fakta menarik di balik All Inggris final

Baca Juga: Dramatis, Hattrick Lucas Moura antar Tottenham ke Final Pertamanya

1. Pertama kali dalam sejarah

Pertama kali Dalam Sejarah, Semua Tim Inggris di Final EropaThe Guardian

Kesuksesan empat tim Inggris melaju ke final Eropa baik Liga Champions maupun Liga Eropa terjadi pertama kali dalam sejarah. Bahkan pertama kalinya sebuah negara meloloskan seluruh wakilnya di final.

"Ini bukan permainan terbaik kami, tapi kami berhasil (lolos ke final)," ujar Eden Hazard dilansir laman resmi UEFA.

2. Final ke-10 satu negara

Pertama kali Dalam Sejarah, Semua Tim Inggris di Final Eropatwitter.com/ana_mendez89

Namun untuk final Liga Eropa sudah kerap terjadi final satu negara. Tercatat sudah 10 kali satu tim dari negara yang sama bersua.

3. Final ke-6 Arsenal

Pertama kali Dalam Sejarah, Semua Tim Inggris di Final Eropabbc.com

Arsenal sudah mencatat final keenam di kompetisi Eropa sejak 2005. Namun mereka belum pernah sekalipun menjadi juara.

Arsenal hanya pernah juara Eropa saat kompetisi Piala Winners yang kini sudah ditiadakan pada tahun 1993/1994.

4. Tradisi Emery

Pertama kali Dalam Sejarah, Semua Tim Inggris di Final Eropasportsmole.co.uk

Unai Emery memang akrab dengan Liga Eropa. Emery menjadi pelatih pertama yang lolos ke final Liga Eropa/Piala UEFA empat kali.

Ia melakukannya pada 2013-14 bersama Sevilla, 2014-15 bersama Sevilla, 2015-16 bersama Sevilla, dan kini bersama Arsenal. Tiga final sebelumnya berakhir dengan gelar juara.

"Ini belum selesai. Masih ada satu tahapan lagi (untuk menjadi juara). Saat ini kami bahagia," kata juru taktik asal Spanyol dikutip dari laman resmi UEFA.

5. Loftus-Cheek menggila

Pertama kali Dalam Sejarah, Semua Tim Inggris di Final Eropachelseanews.com

Pemain Chelsea, Ruben Loftus-Cheek sedang on fire. Ia terlibat dalam sembilan gol dala 14 laga terakhir untuk Chelsea dengan torehan 4 gol dan 5 assist.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik di Balik Comeback Liverpool atas Barcelona

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya