Comscore Tracker

Keok dari Persikab, PSMS Belum Pernah Menang 3 Laga Uji Coba di Jatim

Putu Gede: Tiga laga di Jatim masih jauh dari harapan

Medan, IDN Times- PSMS Medan menuai hasil buruk pada laga uji coba lanjutan di tur Jawa Timur. Pasukan I Putu Gede tumbang dari tim promosi, Persikab Bandung 2-4 di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). 

Pada laga itu PSMS sempat unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Ahmad Ihwan saat laga beru berjalan 33 detik dan Sandeni Sidabutar menit ke-40. Namun Persikab berhasil bangkit.

Tendangan kaki kiri Rudiyana menit ke-49 dari luar kotak penalti mengawali comeback Laskar Dalem Bandung, julukan Persikab. Kemudian Dimas Sukarno berhasil menyamakan skor menit ke-58 lewat tandukan memanfaatkan umpan tendangan sudut. Mantan pemain PSMS, Aska Fauzi membalikkan keadaan menjadi 64. Kemenangan Persikab ditutup tandukan Agus Santoso lewat gol di masa injury time.

1. Dari tiga laga di Jatim, PSMS seri dua kali dan tumbang sekali

Keok dari Persikab, PSMS Belum Pernah Menang 3 Laga Uji Coba di JatimPSMS saat beruji coba kontra Persikab Bandung di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur (Dok.Humas PSMS)

Dengan hasil ini, PSMS tak pernah menang dari tiga laga uji coba di Jatim. Sebelumnya PSMS ditahan tim promosi Deltras 0-0 dan tim Liga 3, NZR Sumbersari. 

Pelatih PSMS, I Putu Gede mengatakan timnya tak menunjukkan konsistensi. Ini menjadi pelajaran berharga bag anak asuhnya.

"Memang tim ini masih kurang konsisten. Tadi saya gak mengganti semua di babak kedua. Saya coba apakah konsisten dengan permainan mereka seperti di babak pertama," ujar Putu Gede.

Mantan pelatih PSS Sleman itu mengakui timnya kehilangan ciri khas dan karakter permainan di babak kedua. Lawan berhasil memanfaatkannya.

"Apapun kondisinya, saat tim kebobolan, ketinggalan atau leading, gaya sama ciri khas itu gak boleh hilang, seperti babak pertama, itu ciri khas kita. Makanya dari itu kita cari tahu apa yang menjadi kendalanya. Kita baru lakukan pergantian saat 2-2. Terlepas padatnya uji coba, mereka harus tetap pada style-nya," tambahnya. 

Baca Juga: Termasuk Arema FC, Ini Lawan dan Jadwal Uji Coba PSMS di Jatim

2. Putu Gede soroti kondisi fisik anak asuhnya

Keok dari Persikab, PSMS Belum Pernah Menang 3 Laga Uji Coba di JatimPelatih PSMS, I Putu Gede (IDN Times/Doni Hermawan)

Mantan pemain Arema itu juga mengakui jika padatnya jadwal uji coba di Jatim membuat mereka tak punya banyak waktu recovery. Namun memang Putu Gede mengakui itu untuk menguji kekuatan tim di kompetisi nanti.

"Kondisi fisik juga mempengaruhi mereka, karena kita hanya selang sehari (istirahat) main lagi. Tapi ini bagus, suatu momentum bahwa apa yang kita lakukan ternyata di sini gunanya untuk menguatkan kita, menguatkan tim ini," ucapnya.

3. Dua lawan uji coba berikutnya masih menunggu perizinan

Keok dari Persikab, PSMS Belum Pernah Menang 3 Laga Uji Coba di JatimSkuat PSMS Medan 2022 berlatih di Sidoarjo (Dok.Humas PSMS)

Putu Gede juga menyoroti mentalitas timnya. Saat unggul dua gol, lawan bisa comeback

"Saat kebobolan 2 gol atau draw kita langsung drop. Ini mental. Kondisinya bisa seperti di kompetisi, leading tapi bisa kecurian dan lawan bisa comeback. Intinya dari tiga laga uji coba ini kita masih jauh dari harapan dan tentunya masih banyak PR," sebutnya lagi.

Soal agenda uji coba berikutnya, lawan Persela dan Arema FC, Putu mengatakan masih menunggu perizinan. 

"Tanggal 17 nanti kita masih nunggu dari Arema dan juga (Persela) Lamongan, karena kita masih menunggu soal izin," pungkasnya.

Baca Juga: Ditahan Deltras, Putu Gede Akui PSMS Masih Banyak PR

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya