Ini yang akan Dipertanyakan PSMS di Kongres Biasa PSSI Januari 2023

PSMS sudah disurati PSSI

Medan, IDN Times- Sebelum Kongres Luar Biasa (KLB), PSSI akan lebih dulu menggelar Kongres Biasa atau Kongres tahunan. Sejumlah klub sudah mendapat surat dari PSSI. Termasuk PSMS Medan.

Dalam surat tersebut kongres biasa akan digelar pada 7 Januari 2023. Hal itu dibenarkan Direktur Teknik PT. Kinantan Medan Indonesia (KMI) yang menaungi klub PSMS Medan.

"Ya benar, sudah ada surat dari PSSI terkait pemberitahuan digelarnya kongres biasa di bulan Januari (2023) nanti," kata Andry.

1. Setiap klub diminta usulannya

Ini yang akan Dipertanyakan PSMS di Kongres Biasa PSSI Januari 2023Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) berbincang dengan Menpora Zainudin Amali (kedua kiri), Chairman RANS Cilegon FC Raffi Ahmad (kedua kanan) dan Direktur Utama Persis Solo Kaesang Pangarep (kanan) saat berlangsungnya Kongres PSSI 2021 di Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres tersebut membahas persiapan timnas Indonesia, Liga Indonesia, perubahan nama klub serta pengesahan anggota baru. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Mantan Manajer PSMS itu mengatakan setiap klub voter diminta mengirim usulan tertulis soal agenda kongres. Paling lambat dikirimkan 23 November 2022 mendatang.

"Terkait usulan tertulis itu bukan terkait apa yang diinginkan, tetapi yang dimaksud di situ adalah usulan dijadikan agenda di dalam kongres biasa tersebut.Makanya itu harus dilakukan (dikirim paling lama sebelum hari H kongres) 45 hari sesuai dengan statuta (PSSI)," ucapnya.

"Maksudnya ada gak setiap klub itu memiliki usulan dapat dijadikan mata acara dalam kongres biasa nanti. Jadi bukan hal-hal yang dimaksud menjadi usulan (buah pikiran) PSMS, bukan seperti itu. Tapi (usulan tertulis) itu dijadikan mata acara di dalam kongres," sambungnya.

Baca Juga: Mengenang Mantan Pemain PSMS Yongki Haurissa

2. Kemungkinan membahas kelanjutan nasib kompetisi

Ini yang akan Dipertanyakan PSMS di Kongres Biasa PSSI Januari 2023Duel PSMS kontra Semen Padang di Stadion Teladan Medan pada lanjutan Liga 2 Wilayah Barat, Senin (26/9/2022) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Berbeda dengan agenda KLB yang akan beragendakan pemilihan ketua umum (ketum), wakil ketum dan anggota Exco yang baru, Andry mengatakan kongres biasa kemungkinan membahas soal nasib kompetisi. Sampai saat ini kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 masih tertunda buntut dari tragedi Kanjuruhan. 

"Karena ini kongres biasa dan kemungkinan akan dibicarakan kelanjutan dari kongres itu adalah tentang kongres luar biasa, maka sikap PSMS (terkait KLB) tetap sebagaimana yang pernah saya sampaikan sebelumnya. Kita sampai saat ini menunggu dulu dan melihat bagaimana sebenarnya konstelasi yang terjadi selanjutnya," ucap pria yang berprofesi sebagai pengacara itu.

3. Bagi PSMS kepastian nasib kompetisi jadi hal prioritas saat ini

Ini yang akan Dipertanyakan PSMS di Kongres Biasa PSSI Januari 2023Selebrasi kemenangan PSMS atas Karo United di Stadion Teladan, Senin (25/7/2022) malam (Dok.Humas PSMS)

Andry mengatakan, PSMS sendiri masih menunggu kejelasan kepastian kompetisi. Menurutnya itu hal terpenting yang perlu dibahas.

"Bagi saya dan teman-teman di manajemen (PSMS) saat ini yang paling penting itu bagi kami adalah terkait dengan pelaksanaan kompetisi (kapan bergulir kembali), bukan hal-hal lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Liga 2 Ditunda, 2 Pemain PSMS Ikut Tes Masuk Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya