Hari Pertama Kejurwil Barat, Judo Sumut Raih 10 Medali Kategori Junior

Besok, Sumut bertekad lebih maksimal di kategori senior

Lubuklinggau, IDN Times- Tim judo Sumatra Utara menurunkan 12 atlet pada hari pertama Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Barat yang digelar di Taman Olahraga Megang (TOM), Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Sabtu (3/6/2023). Dari 12 atlet yang turun, Sumut meraih 10 medali.

Sepuluh medali itu adalah 3 medali perak dan 7 perunggu dari kategori junior. Para atlet judo junior Sumut besutan Josef Yus dan Riki Ramadhani ini mendapat perlawanan dari DKI Jakarta yang tampil mendominasi pada hari pertama ini di semua kelas.

1. Sumut kehilangan kesempatan meraih emas di beberapa nomor

Hari Pertama Kejurwil Barat, Judo Sumut Raih 10 Medali Kategori JuniorAksi pejudo Sumut Nicolas di Kejurwil Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, Sabtu (3/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Di nomor -48 kg, Jihan Syakillah Lubis, satu-satunya atlet pelatda yang turun hari itu harus puas meraih perak setelah dikalahkan Nuraini Salimar dari DKI Jakarta. Dengan sistem round robin di dua laga berikutnya, meski melibas Alivia Izatunisa (Lampung) dan Elvira Widya (Sumatra Selatan), Jihan harus puas di urutan kedua.

Kesempatan Sumut meraih emas juga buyar di nomor -55 kg junior putra. Di babak final Nicolas Abednego harus mengakui keunggulan Ridhollah Bhatara juga dari DKI Jakarta.

Begitu juga di final -81 kg junior putra, Muhammad Daffin Prayoga ditumbangkan Raihan Nabil dari DKI Jakarta.

Sementara itu 7 perunggu diraih Sumut lewat Luthfi Amrullan di nomor -50 kg junior putra, Renaldi Agus Wira Parhusip (-60 kg), David Charismanta (-66 kg), Inoue Al Aqsha Firdaus (-90 kg), Adelia Sari Lubis (-44 kg), Redinda Syahira (-52 kg), dan Evita Maria Simbolon (-63 kg).

 

Baca Juga: Lalui Perjalanan 36 Jam, Skuat Judo Sumut Tiba di Lubuklinggau 

2. Pengalaman berharga untuk para atlet junior

Hari Pertama Kejurwil Barat, Judo Sumut Raih 10 Medali Kategori JuniorKetua Pengprov PJSI Sumut M Arief Fadhillah menyemangati atlet pada hari pertama Kejurwil Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, sabtu (3/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Ketua PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah mengatakan hari pertama ini memang para atlet junior belum bisa meraih target medali emas. Namun dia melihat para atlet sudah berjuang maksimal.

"Sebenarnya tidak puas, tapi rata-rata yang main hari ini memang pertama kali tampil di ajang Kejurwil seperti ini, karena memang baru kali ini kita bawa full team. Hari ini kita juga rata-rata kalah dari DKI Jakarta. Tapi gak apa-apa mereka masih junior dan pengalaman main di luar daerah ini untuk menambah jam terbang mereka," katanya.

Arif berharap untuk atlet senior yang rata-rata merupakan atlet pelatda untuk PON 2024 untuk berjuang meraih target medali pada kategori senior besok. "Ya kalau untuk senior ini kan sudah mengukur kekuatan untuk PON 2024. Jadi memang kita mau mereka bisa mengalahkan para atlet daerah lainnya walaupun DKI Jakarta dan Banten," tambahnya.

3. Para atlet yang akan turun Sabtu (3/6/2023) sore

Hari Pertama Kejurwil Barat, Judo Sumut Raih 10 Medali Kategori JuniorSkuat judo Sumut di Kejurwil Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, Sabtu (3/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Hari ini para atlet senior yang akan turun antara lain Alvin Paulus Maruli Sirait (-55 kg), James Sappe Nainggolan (-60 kg), Winner Felix Panggabean (-66 kg), Fadli Ardiansyah Manik (-73 kg), Samuel Yudea Hutapea (-81 kg), Willi Pratama (-90 kg).

Sementara untuk senior putri, Sumut menurunkan Febby Landa Marlina (-45 kg), Della Sri Trinita Sinaga (-52 kg), Ezlina Ramadini Sinuhaji (-57 kg), Nanda Olivia Banurea (-79 kg), dan Helena Susen (-78 kg).

Baca Juga: Judo Sumut Siap Jawab Tantangan Gubernur Edy untuk PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya