Comscore Tracker

Dibesut Pelatih Baru asal Cile, Batak United Lanjutkan Persiapan

Agar lebih siap saat jadwal Liga 3 ditetapkan

Medan, IDN Times - Di tengah ketidakpastian jadwal kompetisi Liga Indonesia mulai dari strata teratas Liga 1 sampai Liga 3, tak menyurutkan niat Batak United untuk menggelar persiapan. Mereka memilih tak membubarkan tim dan tetap lanjut.

Bahkan saat ini Batak United ditangani pelatih asing yang baru. Yang dimaksud adalah pelatih asal Cile Rodrigo Gonzalez Gidi. Dia menggantikan pelatih asal Kamerun Abunaw Cletus Lapula yang sebenarnya juga belum lama direkrut.

Presiden Klub Batak United FC Adlin Mukhtar Tambunan membenarkan soal itu. "Kita sudah rekrut pelatih baru. Dia pelatih asing asal Cile. Namanya Rodrigo Gonzalez Gidi. Langkah ini kita ambil karena kita serius di liga 3 dengan target juara," ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Manajemen menilai Rodrigo lebih punya kapasitas. Terutama soal lisensi. Dia memegang lisensi Pro Conmebol. Sedangkan Abunaw sebelumnya diketahui masih memegang lisensi kepelatihan C AFC.

1. Batak United serius untuk promosi ke Liga 2

Dibesut Pelatih Baru asal Cile, Batak United Lanjutkan PersiapanSkuat Batak United (Dok.IDN Times/istimewa)

Adlin mengatakan, meski jadwal belum jelas, keseriusan Batak United untuk menembus Liga 2 membuat mereka tetap berlatih. Hal ini untuk mematangkan diri jika sewaktu-waktu sudah ada jadwal pasti Liga 3 bergulir.

"Tentunya kita kemarin sudah membahas untuk sampai saat ini permulaan dimulainya liga belum. Namun kita ancang-ancang juga kalau sudah ada artinya kita sudah persiapan. Kami juga nanti berkeinginan anak-anak Batak United ini kita buat camp pelatihan lebih kurang 1 bulan, jadi lebih serius lagi sehingga persiapan lebih matang," katanya.

Batak United memang sempat diliburkan sebulan. Namun mereka kembali menggelar persiapan dalam beberapa pekan terakhir. Mereka beruji coba dengan tim-tim lokal.

"Ini kan kita sudah off satu bulan (karena liga batal). Stamina maupun kebersamaan tim sudah agak nyusut ini. Ini akibat hanya latihan di lapangan kecil selama ini. Jadi ke depan juga lebih banyak frekuensi mereka tanding uji coba," ungkapnya.

Baca Juga: Batak United Resmi Kontrak Pelatih Kamerun, Umumkan 30 Pemain Seleksi

2. Berencana tur ke Cibinong untuk laga uji coba

Dibesut Pelatih Baru asal Cile, Batak United Lanjutkan PersiapanPemain Batak United saat uji coba (Dok.IDN Times/istimewa)

Tidak hanya menggelar persiapan dengan sparing melawan tim lokal, Batak United juga berencana tur ke Jawa. Rencanaya mereka akan tur ke Cibinong. "Kemungkinan dalam dua pekan mendatang. Tidak ada turnamen. Cuma uji coba biasa. Tentunya maksudnya untuk melihat kesiapan tim," beber Kabid P2M Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut ini .

Uji coba digelar juga sebagai tahap seleksi para pemain yang ada saat ini. Adlin mengaku Batak United akan merekrut setidaknya 6 pemain baru lagi.

"Tentu target kita menuju champion (juara). Jadi untuk apa kita gelar persiapan kalau tidak ke sana. Akan ada tambahan pemain lagi. Mungkin lebih senior dari yang ada," tambahnya.

3. Pelatih menilai tim masih beradaptasi dengan lapangan besar dan stamina masih jadi PR

Dibesut Pelatih Baru asal Cile, Batak United Lanjutkan PersiapanPelatih Baru Batak United Rodrigo (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Pelatih Batak United, Rodrigo Gonzalez Gidi mengatakan masih banyak pekerjaan rumah yang disiapkannya. Dia sendiri baru bergabung dua pekan dan masih meraba pemain. "Ya masih kurang, gak terlalu bagus. Kita juga kalah banyak dari segi permainan saat uji coba kemarin. Permainan juga gak terlalu jelas, masih banyak yang harus dikoreksi. Saya juga baru 2 Minggu di sini," ujar usai beruji coba kontra PS Klambir Lima.

Pemilik lisensi kepelatihan Pro zona Conmebol ini mengatakan, timnya selama ini juga masih berlatih di lapangan dengan ukuran yang lebih kecil. Maka saat ini masih dalam tahap adaptasi. "Sejak dua minggu di sini, kami cuma latihan di lapangan yang kecil. Masih cuma latihan teknik saja belum taktik, baru saat saya lihat di lapangan besar jadi lebih tahu kondisi pemain," terangnya.

Baca Juga: Legendaris, 5 Penyanyi Berdarah Batak yang Populer di Era 80-an

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya