Comscore Tracker

Batak United Resmi Kontrak Pelatih Kamerun, Umumkan 30 Pemain Seleksi

Batak United juga perkenalkan jersey baru

Medan, IDN Times - Batak United FC mematangkan persiapan jelang bergulirnya Liga 3 Zona Sumatera Utara (Sumut) tahun 2020. Tak main-main mereka sudah resmi mengontrak pelatih asing. Adalah Pelatih asal Kamerun Abunaw Cletus Lapula yang dimaksud. 

Abunaw diperkenalkan di Lapangan Mini Soccer Batak United FC, Jalan Titipapan, Medan, Minggu (13/9/2020) malam. Setelah itu diumumkan 30 penggawa yang lolos seleksi untuk Liga 3 tahun ini. Pada kesempatan itu juga Batak United memperkenalkan manajemen dan jersey klub.

1. Batak United targetkan promosi ke Liga 2

Batak United Resmi Kontrak Pelatih Kamerun, Umumkan 30 Pemain SeleksiBatak United kontrak pelatih asal Kamerun (Dok.IDN Times/istimewa)

Presiden Klub Batak United FC Adlin Tambunan mengatakan, Batak United bertekad memperbaiki prestasinya dari tahun lalu. Ketika itu Batak United sebagai pendatang baru finish di posisi semi final. 

Dia bersyukur persiapan sudah rampung dan mereka target lolos ke zona nasional. Tak main-main mereka mengincar satu tiket promosi ke kasta liga 2 musim depan.

"Tentunya kami merasa ini sebagai PR yang berat buat manajemen. Karena adik-adik ini (Tim BUFC) harus diloloskan ke liga 2," ujarnya.

Batak United juga didukung dengan sejumlah sponsor. Termasuk mengenakan emblem Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut dan akan turut mengkampanyekan antinarkoba. "Sponsor untuk saat ini sudah ada beberapa. Mudah-mudahan saudara-saudara kami yang sudah sukses di perantauan juga ikut mendukung," harapnya.

 

Baca Juga: Batak United FC Segera Bangun Stadion Mini Soccer

2. Andalkan talenta-talenta lokal Sumut

Batak United Resmi Kontrak Pelatih Kamerun, Umumkan 30 Pemain SeleksiPelatih Kamerun teken kontrak di Batak United (Dok.IDN Times/istimewa)

Adlin mengatakan, timnya akan mengandalkan para pemain lokal Sumut. Untuk itu dia berharap dari 33 kabupaten/kota ada wakil pemainnya untuk Batak United.

"Kenapa dipilih nama Batak United? Karena Sumut juga identik dengan Batak. Oleh sebab itu kami coba identikan BUFC dengan Batak mulai dari Jersey, termasuk komposisi pemainnya. Kami juga berharap ada sumbangsih dari 33 kabupaten/kota bisa menyumbang pemainnya berada di sini, selain juga masyarakat lain," bebernya. 

Seleksi telah digelar pada 8-9 September lalu. Akhirnya dikerucutkan menjadi 30 pemain hasil seleksi. "Untuk seleksi pemain pada 8-9 September kemarin diikuti seratusan pesepakbola muda, dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Serta dari seratusan peserta seleksi, telah didapat 30 pemain hasil seleksi selama tiga hari," kata Vice President Batak United Melincah Batubara.

Namun mereka belum resmi menjadi bagian dari skuat Batak United. Mereka akan diuji lagi di laga uji coba. Menariknya ada 3 pemain asal Papua yang bergabung.         

"Peserta seleksi kemarin berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut seperti Tapanuli Utara, Tebingtinggi, Asahan, Langkat, Binjai, dan Deliserdang. Bahkan ada tiga pemain yang datang dari Papua," ungkapnya.

3. Pelatih cari 23 pemain, termasuk 5 pemain senior

Batak United Resmi Kontrak Pelatih Kamerun, Umumkan 30 Pemain SeleksiPerkenalan pelatih dan manajemen Batak United (Dok.IDN Times/istimewa)

Pelatih Batak United Abunaw Cletus Lapula mengatakan, nantinya dia akan menciutkan menjadi 18 pemain. Selanjutnya akan ada tambahan 5 pemain senior yang bergabung. Ada beberapa yang dinilainya.

"Saya gak mau hanya lihat skill dan kemampuan bermain bolanya saja, saya juga perlu lihat mental dan kedisiplinan para pemain. Karena dua hal itu penting bagi seorang pesepakbola," katanya.

Abunaw menambahkan, fungsi pemain senior sangat dibutuhkan sebagai mentor pemain junior di lapangan. Selain itu, setelah terpilih pemain juga wajib menjalani tes kesehatan. "Jadi kami juga lihat bagaimana kesehatan para pemain. Setelah itu barulah dilakukan seleksi berjalan," tutupnya.

Baca Juga: Mampir Yuk! 5 Desa Adat di Sumut Ini Sajikan Keunikan Budaya Batak

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya