Baru Dilantik, Pengurus Askot PSSI Medan Segera Putar Kompetisi

Wali kota harap Askot kembalikan kejayaan Medan

Medan, IDN Times - Ketua Umum Asprov PSSI Medan, Kodras Shah resmi melantik H Iswanda Ramli untuk memimpin Askot PSSI Kota Medan periode 2019-2013 di Le Polonia Hotel, Rabu (7/8) malam. Ini menjadi periode kedua H Iswanda Ramli untuk menjalankan roda organisasi sepak bola nomor satu di Kota Medan tersebut.

Pelantikan malam itu turut dihadiri langsung Wali Kota Medan, H T Dzulmi Eldin, Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani, sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, tokoh pemuda, tokoh agama dan masyarakat. Tak ketinggalan sejumlah legenda sepak bola seperti Parlin Siagian, Nobon Kayamudin, dan Tumsila.

Baca Juga: Besok Dilantik, Tugas Berat Menanti Pengurus Askot PSSI Medan

1. Eldin minta Askot bangkitkan sepak bola Medan

Baru Dilantik, Pengurus Askot PSSI Medan Segera Putar KompetisiIDN Times/Hasudungan

Dzulmi Eldin berharap agar Askot mampu membawa sejumlah perubahan dan kemajuan khususnya dalam dunia sepak bola di Kota Medan. Hal tersebut dikatakannya, mengingat selama ini Medan dikenal sebagai gudang atlet sepak bola berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Tentu ini tugas seluruh pengurus untuk mengembalikan marwah sepak bola Kota Medan. Momen pelantikan ini harus menjadikan sepak bola Kota Medan kembali berjaya," kata Wali Kota.

2. Pentingnya pembinaan

Baru Dilantik, Pengurus Askot PSSI Medan Segera Putar KompetisiIDN Times/Hasudungan

Eldin mengaku rindu akan PSMS kembali berlaga ke Liga 1. Untuk itu, Eldin berpesan agar PSSI Kota Medan mengadakan pembinaan agar menemukan bibit pesepak bola andal, seperti halnya Egy Maulana yang main di Klub Polandia.

"Pembinaan demi pembinaan perlu untuk dilakukan agar kita dapat menggali potensi atlet-atlet muda berbakat yang ada di Kota Medan. Jika ini kita terapkan, niscaya akan lahir Egi Maulana Vikri lainnya yang kian membesarkan sepak bola Medan, khususnya PSMS," tambah Eldin.

3. Program pertama usai dilantik: putar kompetisi usia dini

Baru Dilantik, Pengurus Askot PSSI Medan Segera Putar KompetisiIDN Times/Hasudungan

Sementara Iswanda Ramli usai dilantik, akan bergerak cepat untuk memutar roda kompetisi usia dini hingga antar-klub. Tak tanggung, kompetisi usia dini kelompok U-13, U-15, dan U-18 akan segera digulir.

"Dua minggu lagi akan kami gelar kompetisi usia dini untuk U-13, U-15, dan U-18. Setelah itu kita akan putar kompetisi antar klub di bawah Askot," pria yang akrab disapa Nanda ini.

4. Ciptakan Tumsila, Parlin, dan Nobon yang baru

Baru Dilantik, Pengurus Askot PSSI Medan Segera Putar KompetisiIDN Times/Hasudungan

Untuk kompetisi antar klub, Nanda akan merangkul semua klub yang ada di Medan untuk masuk dalam nangunan Askot PSSI. Sebelumnya Nanda dan pengurus lainnya sudah beraudiensi ke Asprov PSSI Sumut dan juga Wali Kota Medan.

"Kami sudah audiensi, mereka sudah setuju agar kompetisi dari usia dini sampai antar klub dijalankan. Jadi nanti klub-klub di Medan akan langsung di bawah nangunan Askot PSSI Medan. Sehingga bisa digalakkan lagi kompetisi seperti Divisi Satu, Divisi Dua, Divisi Utama seperti pada zamannya,"

Nanda berharap bisa muncul kembali bibit baru pesepak bola Medan. "Semoga nanti bisa muncul pemain berbakat untuk disumbangkan ke klub PSMS Medan maupun Timnas seperti dulu ada Tumsila, Parlin Siagian, Nobon dan lainnya," ungkap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Kalahkan PSGC, PSMS Rebut Puncak Klasemen Wilayah Barat

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You