Comscore Tracker

50 Persen Klub Liga 2 Minta Kompetisi Dihentikan, PSMS Ngotot Lanjut

Agar roda perekonomian pemain dan pelatih berjalan

Medan, IDN Times - Setelah menggalang pendapat dari klub-klub Liga 1, PSSI juga menggelar rapat virtual dengan klub-klub Liga 2, Jumat (29/5). PSMS turut mengikuti rapat virtual yang nantinya menjadi landasan apakah kompetisi sebaiknya lanjut atau distop.

Namun PSMS harus kecewa karena mayoritas klub tidak berkeinginan untuk melanjutkan kompetisi di tengah pandemik COVID-19. PSMS sendiri ingin liga dilanjutkan.

1. Mayoritas klub pilih liga dihentikan, sisanya lanjut dan abstain

50 Persen Klub Liga 2 Minta Kompetisi Dihentikan, PSMS Ngotot LanjutIDN Times/Hasudungan N

Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang mengatakan, hanya sedikit klub yang mendukung semangat PSMS melanjutkan kompetisi. "Semua klub beri pendapat, termasuk PSMS. Kita sendiri minta liga dilanjutkan, begitu juga PSIM dan Badak Lampung," kata Mulyadi yang mengikuti rapat bersama Sekretaris PSMS, Julius Raja. 

Sayangnya harapan PSMS dan dua klub lainnya tidak didukung kebanyakan klub. Diketahui mayoritas klub memilih agar liga lebih baik disetop karena pandemi virus corona yang tak kunjung berakhir di Indonesia. "Jadi 50 persen minta distop, lebihnya milih diserahkan ke PSSI dan sisanya minta dilanjutkan," tambah dia.

Baca Juga: Yakin Kompetisi Bergulir Lagi, PSMS Berlatih Kembali Awal Juni

2. Manajemen tak masalah meski tanpa penonton

50 Persen Klub Liga 2 Minta Kompetisi Dihentikan, PSMS Ngotot LanjutPemain PSMS usai menuntaskan pra-musim di Stadion Teladan. (IDN Times/Hasudungan)

Pihak PSMS beralasan jika kompetisi lanjut, para pemain dan pelatih bisa menjalankan lagi roda perekonomiannya karena mereka sangat bergantung dengan sepak bola. Meskipun diperlukan penataan ulang mengenai kontrak pemain, gaji, dan subsidi dari PSSI.

Meskipun nantinya tanpa penonton yang menjadi salah satu sumber pemasukan klub, Mulyadi tak mempermasalahkannya.

"Bisa juga ada penonton tinggal penyesuaian kapasitas. Misalnya kapasitas 10 ribu penonton, bisa dibuat 3 ribu penonton aja dengan tetap mematuhi prosedur social maupun fisical distancing. Kita pasti berharap kondisi di indonesia bertambah baik dengan penerapan new normal," kata Kadis Perikanan dan Kelautan Sumut itu.

3. PSMS sudah merencanakan latihan di awal Juni

50 Persen Klub Liga 2 Minta Kompetisi Dihentikan, PSMS Ngotot Lanjut

Sebelumnya, pada akhir Ramadan, PSMS sudah merencanakan untuk mengumpulkan latihan di awal Juni. Hal ini berdasar keyakinan liga akan kembali berlanjut. Apalagi Indonesia mulai merencanakan memasuki fase new normal.

Baca Juga: PSMS Masih Berharap Kompetisi Dilanjutkan Meski Tanpa Penonton

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya