Comscore Tracker

Resmi Ikut Liga 3 Indonesia, 5 Fakta tentang Karo United FC

Target promosi ke Liga 2 Indonesia musim depan

Medan, IDN Times - Klub sepakbola Karo United FC siap mentas di Liga 3 Indonesia yang dimulai 1 September 2019. Hal itu ditandai dengan deklarasi jajaran pengurus tim tentang kesiapan Karo United FC di Champions Cafe Medan, Minggu (28/7).

Deklarasi dipimpin langsung Presiden Klub Karo United FC, Arya Sinulingga. Deklarasi tersebut turut dihadiri Barisan Pemuda Karo, Ikatan Cendikiawan Karo Indonesia (ICKI), KBK ITB, Geopark Toba, Samade Sawit, Ikatan Mahasiswa Karo (Imka) Medan dan lainnya.

Yuk simak 5 fakta seputar Karo United FC!

1. Dibentuk 22 Juli 2019 dan sudah mendaftar di kompetisi Liga 3 Indonesia

Resmi Ikut Liga 3 Indonesia, 5 Fakta tentang Karo United FCInstagram/karounitedfc

Presiden Klub Karo United FC, Arya Sinulingga menjelaskan, proses terbentuknya tim tersebut terbilang singkat. Kondisi sepak bola Indonesia kini terus berkembang, di mana klub-klub terus bertumbuh.

Berangkat dari sana, Arya ingat akan kampung halamannya. Tim PSSK yang kini tengah tidur panjang ingin diikutkannya dalam kompetisi. Akhirnya lahirnya Karo United FC pada 22 Juli 2019.

"Tanggal 22 Juli saya telepon adek saya Effendi (Manajer PSIM) dan Joner (pengurus Persesi) nanya bagaimana buat klub. Ternyata manajemen biasa, tidak susah. Setelah itu saya hubungi Theo untuk ambil PSSK," katanya.

"Setelah itu namanya jadi Karo United FC. Namanya menyangkut suku bangsa, jadi ini tim semua orang Karo di seluruh dunia. Besoknya tanggal 24 pendaftaran terakhir Liga 3. Jadi langsung kami daftarkan," katanya.

Baca Juga: Prriiittt! Liga 3 Sumut dan Piala Soeratin Kick Off Bulan September

2. Langsung pasang target promosi ke Liga 2 Indonesia agar bisa selevel dengan PSMS Medan

Resmi Ikut Liga 3 Indonesia, 5 Fakta tentang Karo United FCIDN Times/Doni Hermawan

Arya Sinulingga percaya diri dengan Karo United FC. Bahkan dia akan membangun kompetisi sepak bola di Karo.

"Bila dikelola dengan manajemen baik, pasti tim ini akan kuat. Target pastinya ingin naik ke Liga 2 agar selevel dengan PSMS Medan. Saya percaya itu bisa tentunya dengan dukungan semua orang Karo yang ada di mana saja," katanya.

Meski demikian, Arya bilang itu tidak mudah. Butuh pendanaan serius.

"Tapi saya tetap yakin. Perkiraan uang pasti ada bantuan dari teman-teman. Apalagi ini akan jadi klub modern dikelola secara profesional. Jadi nanti penjualan merchandise dan lainnya akan membantu keuangan tim," sebutnya.

3. Legenda Timnas Indonesia, Ansyari Lubis didapuk sebagai pelatih

Resmi Ikut Liga 3 Indonesia, 5 Fakta tentang Karo United FCIDN Times/Hasudungan

Karo United FC sepertinya tidak main-main mengikuti kompetisi Liga 3. Target tinggi untuk promosi ke Liga 2 musim pun digaungkan. Menuju kesana, pengurus mempercayakan kursi pelatih kepada Ansyari Lubis. Pengalaman serta kepiawaian Ansyari diharapkan mampu membawa Karo United FC berjaya.

"Orang yang paling tepat sebagai pelatih sudah jelas Ansyari Lubis. Dia legenda sepak bola di Indonesia dan punya lisensi pelatih A AFC," kata Effendi Syahputra, unsur pengurus tim.

Menurut Effendi, pengalaman Ansyari Lubis sudah mumpuni. Dia salah satu aktor yang membawa Aceh United bisa promosi ke Liga 2 musim 2018.

Ansyari kala itu sebagai pelatih mampu membawa Aceh United finis urutan 3 di Liga 3 2017 sekaligus memastikan Aceh United promosi.

4. Homebase Karo United FC di Stadion Samura Kabajahe

Resmi Ikut Liga 3 Indonesia, 5 Fakta tentang Karo United FCDokumentasi/karokab.go.id

Untuk mengarungi kompetisi Liga 3, Karo United akan bermarkas di di Stadion Samura Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Arya pun menargetkan stadion tersebut bisa menjadi salah satu tuan rumah Liga 3 untuk zona Sumut.

Meski memasang target tinggi, namun pelatih Ansyari Lubis tidak gentar dan menilai itu sebagai tantangan.

"Kalau beban tidak, justru tantangan. Ada memori saat saya bawa Aceh United promosi di Liga 2 meski pada akhirnya saya dibuang setelah itu. Semoga nanti di Karo United FC tidak begitu," kata pelatih yang akrab disapa Uwak itu.

Uwak pun berharap Karo United FC bisa berbicara di Sumut.

"Tidak muluk-muluk, target awal tiga besar di Sumut. Setelah itu masuk regional Sumatera hingga Nasional. Saya berharap kerja sama seluruh pengurus di sini, sehingga tim ini bisa berbicara seperti komitmen presiden klub," kata Uwak.

5. Karo United FC akan gelar seleksi di Kabanjahe dan Medan

Resmi Ikut Liga 3 Indonesia, 5 Fakta tentang Karo United FCIDN Times/Hasudungan

Karo United FC tidak ciut meski tim belum terbentuk. Tim ini justru baru memulai untuk berburu pemain dengan menggelar seleksi di Stadion Samura Kabanjahe tanggal 3-4 Agustus dan selanjutnya seleksi di Medan sekitar tanggal 7-8 Agustus.

"Saya akan cari 25 pemain terbaik. Tidak tertutup dari daerah lain untuk ikut dalam tim. Saya yakin tim akan mengontrak pemain dan memberi fasilitas yang baik demi target tinggi promosi," terang Ansyari Lubis.

Baca Juga: [BREAKING] PSMS Medan Takluk Dari Aceh Babel United 0-1

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You