Mengenal M Nasta, Gelandang yang Jadi Top Skor Sementara Ar Rasyid FC

Ingin bawa Ar Rasyid FC promosi ke Liga 2

Padang Sidimpuan, IDN Times - Babak delapan besar turnamen sepakbola Bobby Nasution (Bonas) Cup 2022 Zona Padangsidimpuan akan bergulir mulai tanggal 27 Agustus 2022.

Salah satu tim favorit juara di zona ini adalah Ar Rasyid FC Tapanuli Tengah.

Ar Rasyid FC adalah tim sepakbola yang baru didirikan Juli 2022 bermarkas di Pandan, Tapanuli Tengah. Tujuan dibentuknya kesebelasan ini adalah untuk mengikuti Kompetisi Liga 3 2022 Zona Sumatera Utara dan mengembalikan lagi ghirah sepakbola di Tapanuli Tengah, Sibolga, dan sekitarnya.

Turnamen Bonas Cup ini menjadi laga persiapan Ar Rasyid FC untuk mengarungi Liga 3 Zona Sumut 2022.

Pada laga babak delapan besar, Ar Rasyid FC akan menantang Haholongan Boys. Berlaga pada 28 Agustus 2022 sore di Stadion Naposo Padang Sidimpuan.

Sebelum membahas seputar persiapan tim, menarik diulas salah satu pemain andalan Ar Rasyid FC, Muhammad Nasta. Dari tiga laga babak penyisihan Grup B, M Nasta membukukan 4 gol, dan merupakan pencetak gol terbanyak di tim asuhan Donny Fernando Siregar ini.

Yuk simak jejak karier M Nasta:

 

1. Nasta pernah membela PSMS Medan U-21

Mengenal M Nasta, Gelandang yang Jadi Top Skor Sementara Ar Rasyid FCKesebelasan Ar Rasyid FC (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Muhammad Nasta merupakan pemain kelahiran Kota Medan 27 silam. Ia mengawali karier sepakbola dari tingkat sekolah sepakbola (SSB) Generasi, lalu menimba ilmu di SSB Sinar sakti, dan terakhir menimba ilmu di SSB Kebun Bunga.

Setelah dari SSB, pada tahun 2014, ia membela PSMS Medan U-19. Tentu ini sebuah awal yang baik bagi pemain sepakbola di Kota Medan.

Kemudian ia mendapat kesempatan untuk belajar di klub Villa 2000. Meski tak lama, namun pemain berposisi gelandang ini mendapat banyak pelajaran di tempat ini.

Sepulangnya dari Villa 2000, Nasta membela PSMS Medan U-21.

2. PSMS Medan jadi klub profesional pertamanya

Mengenal M Nasta, Gelandang yang Jadi Top Skor Sementara Ar Rasyid FCAr Rasyid FC Menang Telak 6-0 Atas Peslob FC pada turnamen sepakbola Bonas Cup (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Berkat penampilan apik di PSMS U-21, Nasta mendapat promosi bergabung ke tim senior PSMS Medan pada tahun 2016. Kala itu PSMS Medan berlaga di kompetisi ISC B atau Liga 2 Indonesia.

Kala itu PSMS dikapteni oleh Donny Fernando Siregar. Ini merupakan klub pro pertama yang dibela oleh M Nasta.

Meski tak mendapatkan jam bermain, namun Nasta mendapat banyak pelajaran dari klub kebanggaan warga Medan ini.

3. Bawa Aceh United promosi ke Liga 2

Mengenal M Nasta, Gelandang yang Jadi Top Skor Sementara Ar Rasyid FCM Nasta saat membela Aceh United (Dok. Istimewa)

Setahun berikutnya, pemain berkaki kiri ini membela Klub Liga 3, Aceh United. Di bawah asuhan Ansyari Lubis, Nasta berubah menjadi pemain berkelas. Ia dan rekan-rekannya berhasil membawa Aceh United promosi ke Liga 2 Indonesia.

Ini merupakan lompatan karier bagi Nasta. Ia kerap menjadi pilihan utama Ansyari Lubis untuk starting eleven.

Tahun 2018, Nasta kembali ke Sumatera Utara dan membela klub asal Deli Serdang, PSDS Deli Serdang yang mengarungi Liga 3. Lagi-lagi adalah Ansyari Lubis yang menukangi klub ini. Nasta juga kerap menjadi pilihan utama untuk Starting XI.

Tahun 2019 M Nasta membela klub Liga 3 asal Kabupaten Karo, yaitu Karo United. Kala itu berhasil tembus ke babak nasional. Sayangnya Nasta gagal membawa Karo United promosi ke Liga 2.

4. Ingin bawa Ar Rasyid FC ke Liga 2

Mengenal M Nasta, Gelandang yang Jadi Top Skor Sementara Ar Rasyid FCPelatih Ar Rasyid FC, Donny Fernando Siregar

Tahun ini, Ar Rasyid FC yang memiliki target promosi Liga 2 langsung membidik M Nasta. Sang Pelatih Donny Fernando Siregar sudah kenal betul dengan kualitas Nasta. Mereka sudah saling mengenal sejak sama-sama di PSMS Medan ISC B tahun 2016.

"Meski sudah gak muda lagi, tapi harapan saya untuk bisa bermain di Liga 2 dan Liga 1 tentu ada. Target utama sekarang yang di depan mata saat ini adalah membawa Ar Rasyid FC promosi dulu ke Liga 2, mudah-mudah setelah promosi saya tetap dipertahankan sehingga bisa merasakan atmosfir Liga 2 bersama Ar Rasyid FC," ungkap Nasta.

Menurutnya, target Presiden Klub Ar Rasyid FC tidak main-main. Eks Bupati Tapanuli Tengah ini bahkan menargetkan klub kebanggaan Tapteng Sibolga ini bisa bermain di Liga 1.

"Secara finansial kami tahu pemilik klub punya kemampuan, sehingga tim juga harus bekerja keras untuk mewujudkan target pemilik klub. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Tapteng Sibolga," ungkap Nasta.

5. Berikut biofile M Nasta

Mengenal M Nasta, Gelandang yang Jadi Top Skor Sementara Ar Rasyid FCM Nasta pemain Ar Rasyid FC Tapanuli Tengah (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Nama: Muhammad Nasta
Lahir: Medan, 4 Mei 1995
Usia: 27 tahun

Posisi: Gelandang sayap
No punggung: 29

Ayah: Naswan
Ibu: Nurshinta

SSB Generasi
SSB Sinar sakti
SSB Kebun bunga
PSMS U-19 2014
Villa 2000 tahun 2015
PSMS U-21 2016
PSMS ISC B 2016
Aceh United 2017
PSDS Deli Serdang 2018
Karo United 2019
Ar Rasyid FC 2022

Baca Juga: Tekuk Hutapadang 4-1, Ar Rasyid Juara Grup B Bonas Cup Zona Sidimpuan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya