Comscore Tracker

Liga Utamasia Usia 7-9 Tahun Kick Off 20 November 2021, Diikuti 18 Tim

Jadi liga anak usia dini pertama di Sumatera Utara

Medan, IDN Times - Akademi Sepakbola Utamasia akan menggelar kompetisi sepakbola anak usia 7-9 tahun. Kompetisi berbentuk liga ini akan berlangsung selama satu tahun atau satu musim, dimulai pada Sabtu (20/11/2021) di Lapangan Boca Junior Medan.

Liga U7-9 Tahun pertama di Sumatera Utara ini diikuti oleh 18 tim. Di antaranya SSB Putra Mulia, SSB CBS, SSB Bintang Kejora, Soccer Pratama, SSB Mandiri, SSB Disporasu, SSB Tasbi, SSB Agas Jaya, SSB Generasi, SSB Sejati Pratama.

Ada pula peserta dari luar Kota Medan, di antaranya PSP Purwo Junior (Deli Serdang), SSB Bansar (Langkat), She Moves (Binjai).

Baca Juga: 5 Alasan Utamasia Cocok Jadi Tempat Latihan Sepakbola Anak-anak

1. Liga anak usia dini pertama di Sumatera Utara

Liga Utamasia Usia 7-9 Tahun Kick Off 20 November 2021, Diikuti 18 TimAkademi Sepakbola Utamasia (Dok. IDN Times)

Kepala Pelatih Utamasia Donny Fernando Siregar menjelaskan dengan adanya Liga anak usia dini, akan menjadi pembinaan jangka panjang untuk sepakbola anak. Bisa mendorong kepercayaan diri dan memperkuat mental anak-anak dalam bertanding.

“Laga akan berlangsung setiap tiga pekan sekali, setiap tim akan menjalani 17 laga, total sekitar 51 pekan atau satu tahun. Ini jadi bagian program Utamasia untuk menumbuhkan bibit-bibit pesepakbola usia dini dari Kota Medan, dan ini jadi yang pertama di Sumatera Utara,” ungkap Donny didampingi asisten pelatih Hardi Citra, Irwin Londo, Saut FJ Naibaho, Markus Siahaan, dan M Nasta.

2. Dengan kompetisi jangka panjang, skill, mental, dan jam terbang anak-anak bermain akan semakin teruji

Liga Utamasia Usia 7-9 Tahun Kick Off 20 November 2021, Diikuti 18 TimAkademi Sepakbola Utamasia (Dok. IDN Times)

Ia mengklaim ini merupakan Liga Usia Dini pertama yang akan digelar di Kota Medan. Selama ini, menurutnya, di Kota Medan hanya ada turnamen dan festival yang berlangsung hanya satu atau beberapa hari saja.

“Yang kita tahu kan selama ini hanya ada festival sepakbola, turnamen sepakbola, belum pernah ada yang membuat liga. Jadi Utamasia harus memulai membuat Liga Sepakbola anak-anak. Tanpa pendaftaran dan uang pertandingan, semua gratis,” ujarnya.

Eks Pemain Persijap dan Kapten PSMS Medan ini mengakui saat ini sepakbola Sumatera Utara sulit menemukan bibit-bibit pesepakbola muda berkualitas karena tidak pernah ada kompetisi usia dini.

Menurutnya dengan kompetisi jangka panjang, skill, mental, dan jam terbang anak-anak bermain akan semakin teruji.

“Bisa kita lihat kondisi sepakbola Sumut saat ini seperti apa, mudah-mudahan dengan liga ini, akan memacu SSB-SSB atau akademi-akademi lain untuk melakukan hal yang sama dan semangat kompetisi anak usia dini di Sumut terus terbangun,” jelasnya.

3. Utamasia kini sudah memiliki 80 siswa

Liga Utamasia Usia 7-9 Tahun Kick Off 20 November 2021, Diikuti 18 TimLatihan Akademi Sepakbola Utamasia di Lapangan Boca Junior Jalan Karya Jaya, Medan Johor, Kota Medan (Dok. IDN Times)

Akademi Sepakbola Utamasia tergolong masing berusia sangat muda di Kota Medan. Didirikan pada April 2021 dan kini sudah memiliki 80 siswa yang terdiri dari kelompok usia 4-6 tahun, 7-9 tahun, dan 10-13 tahun.

Latihan rutin digelar pada hari Selasa, Kamis, Sabtu di Lapangan Boca Junior, Jalan Karya Jaya, Medan Johor, Kota Medan, diasuh oleh 6 pelatih berlisensi dan sudah menjalani vaksinasi.

“Memang kami tergolong masih baru, tapi dengan penerapan kurikulum Filanesia dan Metode FIFA 11+, banyak orangtua siswa yang tertarik untuk membawa anaknya bergabung,” pungkasnya.

Untuk Info pendaftaran atau info lainnya bisa dicek di Instagram @akademisepakbolautamasia.

Baca Juga: Akademi Sepakbola Utamasia Akan Gelar Liga Anak Usia 7-9 Tahun

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya